Politik

Bakal Jadi Figur Termuda di Pilkada Maluku Utara, Ini Profil Sashabila Mus

Selasa, 13 September 2022 - 11:30 | 236.07k
Sashabila Mus. (Foto: Sashabila Mus/Warna Taliabu for TIMES Indonesia)
Sashabila Mus. (Foto: Sashabila Mus/Warna Taliabu for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TALIABU – Pemilihan Kepala Derah (Pilkada) tahun 2024 di Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, bakal diramaikan dengan salah satu figur muda perempuan milenial, Sashabila Mus.

Bagi masyarakat Taliabu, Maluku Utara, nama Sashabila Mus sudah tidak asing lagi. Anak dari tokoh pemekaran Taliabu, Ahmad Hidayat Mus yang juga mantan bupati Kepulauan Sula dua periode ini dikenal merakyat.

Selain anak mantan bupati, Sashabila juga dikenal sebagai anak dari Nurrohmah Ahmad Hidayat Mus, mantan anggota DPR RI Komisi II dari dapil Maluku Utara, yang merupakan istri Ahmad Hidayat Mus. 

Mempunyai kedua orang tua yang pernah terjun dalam dunia politik, sudah pasti menjadi modal awal bagi Sasha, sapaan akrab Sashabila Mus.

Sashabila-Mus-2.jpg

Tidak hanya memiliki background keluarga politisi, Sasha tentunya mempunyai banyak kelebihan yang dimiliki yang patut diperhitungkan sebagai figur muda perempuan yang bakal maju pada pertarungan Pilkada di Maluku Utara, tepatnya sebagai Bupati Kabupaten Pulau Taliabu.

Anak dari sang tokoh pemekaran Taliabu ini memulai pendidikan dasarnya pada tahun 2000-2002 di TK Islamic Center Manado. Kemudian melanjutkan pendidikan ke SDI Al Azhar Jakarta tahun 2002-2008.

Selanjutnya, Sasha masuk SMP di Global Jaya School (GJS) di Tangerang Selatan.

Saat SMA, Sasha mulai menempuh pendidikan di luar negeri, tepatnya di Australian International School Singapore (AISS) tahun 2012-2015.

Perempuan energik ini memilih mengikuti course psychology di University of Melbourne di Australia pada tahun 2015-2016. Ia lantas mengambil S1 di Manchester University Inggris pada tahun 2016-2019 dengan konsentrasi Urban Planning.

Tak berhenti sampai di situ, Sasha saat ini tengah menuntaskan tesisnya untuk meraih gelar bachelor honors di Curtin University Singapura dengan konsentrasi media dan marketing.

Dengan latar belakang pendidikan yang mumpuni inilah, Sasha memiliki keinginan melanjutkan cita-cita besar sang ayah. Tepat pada Sabtu, 16 Juli 2022 lalu, di hadapan keluarga besar ayahnya, ia mendeklarasikan diri sebagai salah satu bakal calon bupati (bacabup) Kabupaten Pulau Taliabu tahun 2024 mendatang.

Di hadapan keluarga dan masyarakat Taliabu, Sasha berharap dan meminta dukungan serta bimbingan agar dirinya bisa memimpin dan melanjutkan cita-cita besar sang ayah membangun Pulau Taliabu, Maluku Utara.

"Inshaa Allah kita bisa maju bersama-sama dan tidak ada yang tertinggal," janji Sasha saat pendeklarasian dirinya sebagai bacabup Pulau Taliabu.

Sementara itu, Ahmad Hidayat Mus (AHM) di beberapa kesempatan saat berkunjung di beberapa daerah, seperti di Desa Gela, Bobong, dan Lede, dengan tegas menyampaikan bahwa dirinya akan mengikutsertakan putri sulungnya itu dalam kontestasi politik tahun 2024 sebagai calon Bupati Kabupaten Pulau Taliabu.

"Inshaa Allah 2024 mendatang, Sasha saya calonkan sebagai bupati Pulau Taliabu," tegas Ahmad Hidayat.

Nama Sasha juga  terkenal di kalangan anak muda  milenial di Taliabu dan para politisi Taliabu. Bukan semata-mata karena ia anak tokoh pemekaran Pulau Taliabu atau mantan Bupati Kepulauan Sula dua periode. Ini karena Sasha juga dikenal merakyat lantaran keaktifannya di bidang sosial.

Meski memiliki  seorang ayah  politisi senior Partai Golkar, Sasha kerap tampil sederhana. Jika Sasha resmi menjadi calon kandidat pada Pilkada  2024 Taliabu mendatang, ia tidak hanya menjadi kandidat terkuat, tetapi  menjadi kandidat termuda di Maluku Utara, dengan usia yang baru menginjak 26 tahun. Apakah Sasha akan mampu merealisasikan impian besar sang Ayah, Pilkada 2024 mendatang yang akan menjawabnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES