Kesehatan

Menjadi Cantik Luar Dalam dengan Probiotik, Bagaimana Bisa?

Selasa, 13 September 2022 - 10:40 | 52.55k
Ilustrasi (FOTO: dokumen AMRO Institute)
Ilustrasi (FOTO: dokumen AMRO Institute)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Masyarakat kerap mendengar istilah "beauty is just skin deep." Hal itu pun menjadikan mindset masyarakat melihat bahwa kecantikan hanya sebatas kecantikan kulit. 

Dalam sebuah simposium yang diselenggarakan oleh PERDAWERI (Perhimpunan Dokter Anti Penuaan, Wellness, Estetika dan Regeneratif Indonesia) Agustus lalu, AMRO Institute memberi perspektif yang berbeda tentang kecantikan. Yakni Kecantikan luar dan dalam. 

Seperti apa? Ge Recta Geson, founder AMRO Institute Surabaya menyampaikan, menjadi cantik dan awet muda tidak hanya ditentukan kesehatan kulit. Tapi juga semua organ sehat dan berfungsi dengan baik. Sehingga bukan cuma cantik, seseorang juga tampak cerdas, bugar, dan energik pula. 

Proses Penuaan (Aging) Penyebab Penyakit Degeneratif 

Apa yang terjadi? Menurut Recta, penyakit degeneratif adalah kondisi kesehatan di mana keadaan organ tertentu terus menurun seiring waktu. Penyakit ini terjadi karena adanya kematian pada sel-sel organ yang akhirnya menurunkan fungsi organ. 

"Proses penuaan adalah penyebab penyakit degeneratif yang paling umum," jelasnya.

Ada dua macam penyebab kematian sel pada organ. Pertama kematian karena sudah waktunya atau terprogram (apoptosis). Kedua, karena nekrosis.

Dijelaskan Recta, pada setiap pembelahan sel, telomer menjadi lebih pendek. Telomer adalah tutup pada ujung setiap untai DNA dalam kromosom. Seperti plastik pada ujung tali sepatu. 

"Manakala panjang telomer mencapai level kritisnya, maka sel tidak bisa membelah lagi lalu dimulailah penuaan dan pada akhirnya sel mengalami apoptosis. Karenanya telomer dipakai sebagai penanda penting dalam mengukur usia biologis seseorang," papar ditur PT AMA Malang ini. 

Sementara, radikal bebas merupakan produk sampingan proses memproduksi energi dalam sel. Penumpukan radikal bebas dalam sel akibat hiperaktivitas fisik atau pikiran (stres) bisa mengakibatkan pemendekan telomer dipercepat dan akhirnya telomer menjadi aus atau rusak.

Antioksidan yang merupakan salah satu metabolit probiotik multistrain dapat menetralisir penumpukan radikal bebas sehingga percepatan pemendekan telomer bisa dicegah. "Selanjutnya komunitas mikrobiota di dalam usus yang dibangun oleh probiotik multistrain akan terus memproduksi antioksidan," jelas nya.

"Di sinilah cukup antioksidan dalam tubuh dapat mencegah apoptosis dipercepat atau penuaan dini," sambung Recta.

Nekrosis, Radang, dan Antiradang

Nekrosis adalah kematian sel karena peradangan baik peradangan yang berlebihan maupun peradangan derajad rendah tapi berkepanjangan (keradangan kronis). Radang merupakan respon pertahanan tubuh manakala mendapat jejas. 

Dipaparkan Recta, da berbagai macam jejas. Pertama, jejas fisik seperti terbentur, teriris dan terbakar termasuk paparan sinar matahari. Kedua, paparan bakteri patogen dan virus merupakan jejas biologi. Ketiga, jejas psikis yaitu sres dan depresi. Keempat jejas kimia dari bahan kimia atau racun patogen dalam usus ketika terjadi ketidakseimbangan mikrobiota. 

"Racun patogen inilah merupakan jejas terbanyak namun justru tidak dapat kita sadari," tandasnya.

Recta lantas mengungkapkan bahwa, riset AMRO berbasis seluler membuktikan pemberian metabolit probiotik multistrain dapat mencegah peradangan sel yang sehat ketika mendapat jejas atau memulihkan sel yang radang. Dengan demikian nekrosis akibat peradangan dapat dicegah.

Solusi Antiaging dengan suplementasi probiotik multistrain 
Riset AMRO berbasis seluler membuktikan stem sel atau sel yang sehat menjadi regeneratif mengganti sel yang rusak apabila ditreatmen dengan metabolit probiotik multistrain. 

Inilah yang menjadi dasar perlunya setiap hari suplementasi probiotik multistrain dengan metabolitnya untuk mendapatkan manfaat antiaging pada semua organ. Sehingga  organ organ sehat dan berfungsi dengan baik. Lalu seseorang bukan hanya nampak cantik tapi cerdas, bugar dan energik pula.

PRO EM1 adalah suplemen kesehatan probiotik yang mengandung probiotik multistrain yang hidup dan metabolit aktifnya seperti Antioksidan dan Antiinflamasi alami, dengan masa simpan yang panjang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES