Politik

Perkuat Koalisi Jelang Pemilu, Pengurus Gerindra Kota Batu Datangi Kantor DPC PKB

Senin, 12 September 2022 - 14:45 | 62.21k
Ketua DPC Gerindra memberikan sambutan saat silaturahmi ke kantor DPC PKB. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Ketua DPC Gerindra memberikan sambutan saat silaturahmi ke kantor DPC PKB. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Suasana kantor DPC PKB Kota Batu di Jl Samadi, berbeda dari biasanya, karena Minggu (11/9/2022) malam, pengurus DPC Gerindra Kota Batu berbondong-bondong datang. Kedua partai ini pun memperkuat jalinan komunikasi jelang Pemilu 2024.

Terlihat diantara rombongan Ketua DPC Gerindra, Heli Suyanto didampingi pengurus Gerindra lainnya, H Hari Danah Wahyono, Katarina Dian, Agung Sudiyono serta pengurus lainnya.

Kedatangan mereka disambut penuh suka cita oleh Ketua DPC PKB Kota Batu, Nurochman beserta pengurus lainnya seperti Safarudin Rosul, H Didik Subiyanto, Dewi Kartika, Sudiono, Nurali serta pengurus lainnya.

"Kegiatan ini merupakan breakdown atas penanda tanganan piagam kerjasama antara PKB dan Partai Gerindra dalam upaya menyebarluaskan isi piagam kerjasama tersebut dalam mempersiapkan suksesi kepemimpinan nasional, Partai Gerindra melakukan kunjungan ke kantor kami," ujar Nurochman.

DPC-PKB-2.jpg

Menurutnya akan ada program bersama yang akan dilaksanakan PKB dan Gerindra untuk menindaklanjuti piagam kerja sama dalam 5 poin.

Salah satu dari lima poin piagam tersebut adalah memenangkan konstelasi Pilpres yang diusung oleh PKB dan Gerindra. Serta menggabungkan visi Gerindra yang berlandaskan nasionalisme dan PKB yang berlandaskan religius.

"Sementara untuk kepentingan di daerah kami masih menunggu instruksi dari DPP PKB terkait kerjasama terkait Pilkada," ujarnya.

Kerjasama di daerah, menurut Nurochman, juga menyangkut kebijakan daerah dalam upaya memulyakan masyarakat Batu terkait pemberdayaan masyarakat spy kebijakan pemerintah daerah lebih riil terkait pemulihan ekonomi dan peningkatan pendapatan asli daerah.

DPC-PKB-3.jpg

"Kami merencanakan kunjungan balasan ke kantor DPC Gerindra, program lanjutan. Setelah kunjungan balasan akan kami rumuskan," ujarnya.

Secara terpisah, Heli Suyanto menjelaskan bahwa Kedatangan mereka merupakan bentuk silaturahmi serta menindaklanjuti perintah dari DPP Gerindra untuk segera komunikasi dan MOU dengan PKB.

Ia berharap silaturahmi ini memberikan dampak positif, membawa banyak manfaat untuk pembangunan kota dan masyarakat.

"Kita berharap agar segera kita buat Sekretariat Bersama (Sekber) mengikuti DPP, bukan hanya bekerja saat pilpres, tapi juga saat pilkada," katanya.

Isi Piagam Koalisi PKB-Gerindra

Sebelumnya, Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah resmi berkoalisi untuk menghadapi Pilpres 2024 mendatang. Petinggi kedua partai sudah menandatangani piagam deklarasi kerja sama pada 13 Agustus 2022. Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengumumkan koalisi di Sentul International Convention Center, Jakarta.

Berikut isi lengkap piagam koalisi antara Gerindra dan PKB dalam menghadapi Pilpres 2024 mendatang.

1. Dalam rangka mewujudkan pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berkesinambungan Partai Gerindra dan PKB bekerja sama dalam pemilu serentak tahun 2024.

2. Kerja sama Partai Gerindra dan PKB didasarkan pada visi bersama agar terjadi percepatan pembangunan untuk Indonesia secara berdaulat, adil, makmur, sejahtera, dan aktif mendorong terciptanya perdamaian dunia.

3. Kerja sama Partai Gerindra dan PKB dilatarbelakangi keinginan menyatukan dua kekuatan besar di Indonesia yakni nasionalis dan religius untuk menghindari polarisasi masyarakat pada Pemilu tahun 2024 dan dapat membuka koalisi dengan partai politik lain atas persetujuan kedua belah pihak.

4. Calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung oleh kerja sama politik Partai Gerindra dan PKB akan ditentukan secara bersama-sama oleh Ketua Dewan Pembina/ Ketua Umum Partai Gerindra H.Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB H.Abdul Muhaimin Iskandar.

5. Kesepakatan kerja sama Partai Gerindra dan PKB ditindaklanjuti dengan kerja politik bersama untuk memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang disepakati.

Sejauh ini, Partai PKB dan Gerindra sama-sama belum menentukan capres-cawapres yang akan diusung. Pendaftaran capres-cawapres juga baru dibuka oleh KPU pada September 2023 mendatang. Prabowo Subianto digadang-gadang bakal menjadi calon presiden dari koalisi Gerindra dan PKB. Prabowo pun mengaku siap kembali menjadi capres jika dicalonkan.

Gerindra dan PKB juga sama-sama sepakat untuk membuka pintu jika ada partai politik lain yang ingin bergabung dalam koalisi. Sejauh ini, Gerindra dan PKB sudah mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pertemuan PKB Kota Batu dengan Gerindra Kota Batu ini menjadi upaya memperkuat jalin komunikasi kedua partai tingkat daerah, jelang Pemilu 2024. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES