Pendidikan

Fakultas Pertanian UGM Sukses Semai Ribuan Biji Kopi di Gunungkidul

Senin, 12 September 2022 - 09:41 | 38.20k
Fakultas Pertanian UGM ketika menanam pohon di Kabupaten Gunungkidul. (FOTO: Fajar Rianto/TIMES Indonesia)
Fakultas Pertanian UGM ketika menanam pohon di Kabupaten Gunungkidul. (FOTO: Fajar Rianto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Acara Dies Natalis ke-76 Fakultas Pertanian UGM semakin meriah.

Tak hanya di lingkungan kampus, rangkaian kegiatan juga diselenggarakan di tengah masyarakat. Teranyar, lembaga ini menyemai bibit kopi dan menanam buah alpukat di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

"Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, kami melakukan penyemaian bibit kopi sebanyak 10 ribu biji dan penanaman buah alpukat unggul dengan jenis Mika dan Alligator sebanyak 204 bibit," kata Koordinator Tim Pengabdian Dies Natalis ke-76 Fakultas Pertanian UGM, Dody Kastono SP MP kepada TIMES Indonesia, Senin (12/9/2022).

Fakultas-Pertanian-UGM-2.jpg

Dody menerangkan, sebenarnya kegiatan pengabdian masyarakat oleh Departemen Budidaya Pertanian UGM di Gunung Gambar, Kalurahan Kampung, Kapanewon Ngawen, Gunungkidul, Yogyakarta sudah berlangsung sejak 2018 lalu. Selama ini, kegiatannya berupa penanaman kopi robusta dan tanaman konservasi lahan dan air.

Selain penanaman pohon, panitia juga menyelenggarakan kegiatan kerja bakti bersih lingkungan di Kawasan Sumur Tua Gunung Gambar. Kemudian, penyerahan bibit tanaman buah dan sarana produksi pertanian (saprotan) kepada masyarakat.

"Semoga Gunung Gambar menjadi daerah percontohan daerah konservasi lahan dan air yang mampu mensejahterakan masyarakat. Karena masyarakat sukses memadukan komoditas kopi, tanaman buah-buahan, dan tanaman konservasi," harap Dekan Fakultas Pertanian UGM, Ir Jaka Widada MP PhD.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertema Konservasi Produktif Sumber Air di Kawasan Agrowisata Religi Gunung Gambar ini mendapat sambutan positif dari masyarakat setempat. 

Selain dosen, pegawai, dan mahasiswa Fakultas Pertanian UGM, ada pula Camat/Panewu Kapanewon Ngawen, Panewu Kapanewon Nglipar, Lurah Kalurahan Kampung, Ngawen, Lurah Kalurahan Natah, Nglipar, Komunitas Resan dan Sedulur Tandur, dan warga setempat.

Panewu Kapaneweon Ngawen, Sugito SH mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Fakultas Pertanian UGM.

Fakultas-Pertanian-UGM-3.jpg

"Terima kasih kepada Fakultas Pertanian UGM yang telah membantu mengembangkan potensi agrowisata di Gunung Gambar. Semoga ke depannya wilayah kami menjadi lebih sejahtera dengan adanya tanaman kopi dan buah-buahan dari UGM ini," terang Sugito.

Pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-76 Fakultas Pertanian UGM yang bertujuan menghidupkan kembali kawasan sumur tua Dusun Gunung Gambar, meningkatkan intensifikasi pekarangan, serta meningkatkan kerjasama antar lembaga dalam menyadarkan upaya menjaga kesehatan masyarakat pedesaan.

Semarak Dies Natalis ke-76 Fakultas Pertanian UGM

Selain pengabdian masyarakat, acara Dies Natalis ke-76 Fakultas Pertanian UGM juga diisi dengan berbagai kegiatan lain.

Pada tanggal 14 September 2022 bakal digelar Lomba memasak sebagai salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-76 Fakultas Pertanian UGM. Peserta beranggotakan 2-5 orang yang terdiri dari Dosen dan Tendik. Setiap tim menyajikan makanan sehat yang berupa pangan lokal berbahan dasar umbi-umbian dan ikan.

Kemudian pada tanggal 18 September 2022 digelar acara family gathering dan lomba keluarga. Tujuan dari Family Gathering kali ini adalah ramah tamah antara tendik dan dosen beserta keluarga. Rangkaian kegiatan dalam family gathering ini meliputi jalan sehat, senam, lomba keluarga, pembagian hadiah lomba dan pembagian doorprize.

Pada tanggal 16 September 2022 diselenggarakan lomba memancing. Pesertanya adalah tendik dan dosen Fakultas Pertanian UGM dengan lokasi lomba di Kolam Perikanan Fakultas Pertanian UGM.

Lalu pada tanggal 25 September 2022 digelar acara temu alumni. Kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian ini adalah sebagai sarana untuk menjalin silaturahmi dan komunikasi yang lancar antara almamater dan para alumninya. 

Selain itu temu alumni juga sebagai sarana untuk konsolidasi para alumni yang tergabung dalam wadah organisasi KAGAMA Pertanian.

Lalu pada tanggal 27 September 2022, puncak acara Dies Natalis ke-76 Fakultas Pertanian UGM akan diisi dengan Rapat Senat Terbuka.

Kemudian pada tanggal 22 Oktober 2022, Seminar Nasional Hasil Penelitian Pertanian bakal digelar Fakultas Pertanian UGM dengan mengusung tema 'Smart Eco Bio Production untuk Menggelorakan Pertanian Merdeka'. Hadir sebagai pembicara, Yuli Sri Wilanti, SPi, MP dan Dr rer nat Agustinus Robert Uria, MSc. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES