Peristiwa Internasional

Peti Mati Ratu Elizabeth II Mulai Meninggalkan Kastil Balmoral

Minggu, 11 September 2022 - 17:41 | 39.57k
Mobil mercedes warna hitam yang membawa peti mati Ratu Elizabeth II tampak meninggalkan kastil Balmoral. (FOTO A: The SUN/Getty Image)
Mobil mercedes warna hitam yang membawa peti mati Ratu Elizabeth II tampak meninggalkan kastil Balmoral. (FOTO A: The SUN/Getty Image)

TIMESINDONESIA, JAKARTARatu Elizabeth II yang meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022) lalu, tepat pukul 10.00 waktu Inggris atau pukul 16.00 sore ini memulai perjalanan terakhirnya menuju tempat peristirahatannya yang terakhir.

Mobil Mercedes warna hitam yang membawa peti matinya berjalan mengawali pengiringnya menuju istana Holyroodhouse di Edinburgh, Skotlandia dengan pelan.

Tampak dalam mobil itu, peti mati Ratu Elizabeth II dibungkus dengan kain kebesaran Standar Kerajaan untuk Skotlandia. Bagian atasnya menempel karangan bunga dominan warna putih.

Ribuan orang ikut memberi penghormatan di sepanjang jalan dari kastil Balmoral menuju istana Holyroodhouse. Diperkirakan perjalanan darat itu akan memakan waktu enam jam.

Pada pukul 16.00 tadi, enam penjaga hutan Balmoral mengangkat peti mati Ratu Elizabeth II ke dalam mobil jenazah yang telah siap untuk menempuh perjalanan selama enam jam ke Edinburgh.

pemakaman-Ratu-Elizabeth-2.jpg

Peti Mati Rati Elizabeth II dibungkus dengan Standar Kerajaan Skotlandia, peti mati itu sebelumnya dipindahkan ke Ruang Makan Kecil di mana doa diucapkan oleh pendeta gereja Crathie Kirk saat itu.

Mobil jenasah Ratu Elizabeth II itu kemudian emimpin iring-iringan mobil jenazah hitam dengan bunga putih yang dipetik dari taman Balmoral di atas peti mati.

Karangan bunga yang menempel di atas peti mati Ratu Elizabeth II itu terbuat dari kacang manis, salah satu bunga favorit Ratu Elizabeth II, bunga dahlia, phlox, heather putih, serta cemara pinus.

Putri Anne, suaminya Laksamana Sir Tim Laurence, menteri Crathie Kirk dan perwakilan dari Kantor Bendahara Tuhan berada dalam konvoi mengikuti peti mati Ratu.

Ratu Elizabeth pertama kali dibawa ke desa Ballater di mana pelayat sudah tiba sejak dini hari tadi dengan mengenakan bendera Union.

Ribuan pelayat yang memadati di sepanjang jalan yang diatur dengan pagar pembatas itu juga banyak yang menyiapkan tissu, untuk menyeka air mata mereka saat iring-iringan mobil pembawa peti mati Ratu Elizabeth II itu lewat. Mereka adalah warga Desa Ballater tempat kastil Balmoral itu berada. 

Ratu Elizabeth II menghabiskan masa kecilnya di desa ini saat tinggal bersama keluarganya di Balmoral.

Prosesi iring-iringan ini akan tiba di Aberdeen dalam waktu satu jam. Peti mati Ratu Elizabeth II akan dibawa ke Dundee pada pukul 2 siang dan kemudian ke Edinburgh pada pukul 4 sore.

Para pemimpin partai Skotlandia termasuk Menteri Pertama Nicola Sturgeon akan mengamati perjalanan iring-iring peti mati Ratu Elizabeth II yang berangkat dari kastil Balmoral itu menuju istana Holyroodhouse, Edinhurgh, Skotlandia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES