Wisata

Berendam di Kaki Gunung Ijen Banyuwangi, Bekas Pemandian Bidadari

Minggu, 11 September 2022 - 12:35 | 156.63k
Panorama Wisata Alam Sendang Seruni. (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia)
Panorama Wisata Alam Sendang Seruni. (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Berwisata ke Banyuwangi tak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Gunung Ijen. Namun tahukah kamu jika ada wisata alam yang tak kalah menarik di sekitar kaki Gunung Ijen?

Nah, Sendang Seruni namanya. Pemandian yang berada di Dusun Sumberwatu, Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Banyuwangi ini tak kalah indahnya dengan wisata alam lainnya yang ada di Banyuwangi.

Sendang seruni merupakan pemandian alam dengan tujuh sumber mata air yang dikombinasikan dengan konservasi hutan bambu yang rindang.

Tiga diantara sumber mata airnya terdapat di dalam kolam. Terdapat juga satu Sumber Kamulyan.

Konon kata masyarakat sekitar, jika kita berendam di sumber mata air ini bakal bikin awet muda lho!.

“Dahulu menurut nenek moyang, tempat ini merupakan pemandian bidadari yang dipercaya bisa membuat awet muda,” kata Karsono, ketua kelompok masyarakat (Pokmas) Sendang Seruni, Minggu, (11/9/2022).

Karsono bercerita, nama Sendang Seruni sendiri berasal dari kata 'Sendang’ yang memiliki arti kolam pemandian dipegunungan, sedangkan Seruni diambil dari nama tanaman, ‘Bunga Seruni’ tumbuh mengitari kolam.

Sebelum menjadi wisata alam, lanjut Karsono, dahulu Sendang Seruni merupakan sebuah hutan. Dan pada akhirnya, sekitar tahun 2014 sendang dirawat dan dikelola oleh kelompok masyarakat setempat.

“Mulai rame pengunjung pada tahun 2019 hingga sekarang. Alhamdulillah dengan adanya Sendang Seruni dapat mengangkat ekonomi masyarakat. Karena UMKM yang berjualan disini merupakan warga setempat,” urainya.

Ukuran kolam pemandian ini cukup luas, dengan nuansa hutan yang hening serta pemandangan hijaunya, hutan bambu bisa membuat wisatawan tentu nyaman dan betah berlama-lama sambil menikmati suasana alam yang di tawarkan Sendang Seruni ini.

Lokasi wisata alam Sendang Seruni ini  berjarak sekitar 20 KM dari pusat Kota Banyuwangi, atau hanya membutuhkan waktu 20-30 menit untuk sampai di sana.

Untuk menuju lokasi kolam, dari tempat parkir kendaraan pengunjung perlu berjalan menuruni tangga kurang lebih 5 menit.

Namun, bagi pengunjung yang menggunakan mobil, harus berjalan lebih lama hingga 10 menit, karena akses masuk hanya bisa dilewati roda dua saja.

Namun kalian tak perlu khawatir, di sepanjang jalan wisatawan akan disuguhi pemandangan perkebunan kopi yang rindang nan asri.

Dengan tiket masuk yang amat murah yakni cukup Rp5.000 saja, kamu sudah bisa mandi ataupun mengabadikan momen bersama keluarga, teman hingga pasangan di Sendang Seruni ini.

Sesampainya di lokasi, wisatawan akan mendapati pemandangan kolam alam dengan air yang sangat jernih. Pohon-pohon bambu yang mengelilinginya membuat suasana semakin sejuk dan elok dipandang.

Selain kolam untuk dewasa, Sendang Seruni juga menyediakan pemandian untuk kategori anak-anak. Pas banget bukan untuk liburan keluarga?.

Wisata Sendang Seruni bisa kalian singgahi mulai hari Selasa-Minggu dibuka pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Hari Senin sengaja ditutup, karena digunakan sebagai waktu perawatan guna menjaga kelestarian dan keasrian Sendang Seruni.

Jika berkunjung ke Sendang Seruni, kalian tak perlu khawatir karena semua kebutuhan pengunjung sudah dilengkapi pihak pengelola, mulai penjaga, sewa ban, area parkir, kamar mandi, lapak pedagang hingga gazebo untuk beristirahat. Ini alasan mengapa Sendang Seruni sangat direkomendasikan buat liburan kalian.

Tunggu apalagi? Yuk buruan datang dan nikmati panorama wisata alam Sendang Seruni di Gunung Ijen bersama orang tercinta!. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES