Peristiwa Internasional

Prosesi Pemakaman Mendiang Ratu Elizabeth II Dimulai Besok

Sabtu, 10 September 2022 - 21:32 | 24.61k
Ratu Elizabeth II menyenangkan orang banyak pada Platinum Jubilee-nya. (FOTO: Reuters)
Ratu Elizabeth II menyenangkan orang banyak pada Platinum Jubilee-nya. (FOTO: Reuters)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Prosesi pemakaman mendiang Ratu Elizabeth II yang rumit dan panjang, akan dimulai Minggu (11/9/2022) besok. Peti mati akan mulai digeser melalui jalan darat dari kastil Balmoral menuju Istana Holyroodhouse di Edinburgh, ibukota Skotlandia untuk disemayamkan di sana semalam.

Diperkirakan ribuan orang akan berduyun-duyun ke Edinburgh untuk memberi penghormatan. Dewan Kota Edinburgh telah membagikan daftar jalan yang akan ditutup di antaranya High Street di Cockburn Street dan George IV Bridge.

Keesokan harinya, Senin (12/9/2022), prosesi akan dilanjutkan di sepanjang Royal Mile menuju gereja Katedral St Giles yang akan diikuti dengan kebaktian dan Vigil of the Princes yang dihadiri anggota keluarga kerajaan. Publik juga akan diberi kesempatan untuk melihat peti mati Ratu Elizabeth II di St Giles'.

Dewan-Kota-Edinburgh.jpgDewan Kota Edinburgh telah memperingatkan penduduk setempat untuk mengantisipasi 'gangguan signifikan', saat jenazah Ratu Elizabeth II dipindahkan dari Balmoral menuju  Edinburg. (FOTO: Edinburg news)

Anggota keluarga kerajaan kemudian diharapkan untuk berjaga-jaga di sekitar peti mati Ratu di St Giles.

Pada saat itu House of Commons (majelis rendah) yang terdiri dari wakil-wakil daerah administrasi shire/borough dan House of Lords (majelis tinggi) yang terdiri dari pendeta senior dan bangsawan diharapkan berkumpul di Westminster untuk Mosi Belasungkawa yang akan dihadiri Raja Charles III.

Setelah itu Raja Charles III meninggalkan Inggris dan menuju Skotlandia. Di sana Raja Charles III akan melakukan perjalanan ke negara-negara lain di Inggris yakni Wales dan Irlandia Utara, yang dikenal sebagai Operation Spring Tide.

Peti mati mendiang Ratu Elizabeth II kemudian akan diterbangkan ke London pada hari Selasa (13/9/2022) dan kemudian akan disemayamkan di Istana Buckingham.

Gladi resik prosesi membawa peti mati dari Istana Buckingham ke Istana Westminster juga akan dilakukan.

Pembaringan kenegaraan akan dimulai di Westminster Hall setelah prosesi dan kebaktian yang dipimpin Uskup Agung Canterbury.

Masyarakat akan memberi penghormatan selama empat hari dan bangsawan senior bisa berada di Vigil of the Princes.

Para kepala negara di dunia dijadwalkan akan mulai berdatangan pada hari Jumat (16/9/2022). Malam harinya akan digelar pertemuan untuk kepala negara, gubernur jenderal, perdana menteri kerajaan, dan tamu resmi kunjungan lain.

Pada hari Senin (19/9/2022), pemakaman kenegaraan dijadwalkan berlangsung di Westminster Abbey. Peti mati Ratu Elizabeth II yang meninggal dunia pada hari Kamis (8/9/202) itu akan dibawa oleh para pelaut dengan kereta meriam. Anggota senior kerajaan akan mengikuti di belakangnya. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES