Ekonomi

Menko Perekonomian RI: Pemerintah Dorong Kerja Sama Peternakan dengan Selandia Baru

Sabtu, 10 September 2022 - 13:20 | 25.46k
Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto bertemu dengan Menteri Agrikultur Damien O’Connor di sela pertemuan tingkat menteri Indo-Pacific Economic Framework (IPEF MM) di Los Angeles, Amerika Serikat, Jumat (9/9/2022). (Foto: Kemenko Perekonomian fo
Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto bertemu dengan Menteri Agrikultur Damien O’Connor di sela pertemuan tingkat menteri Indo-Pacific Economic Framework (IPEF MM) di Los Angeles, Amerika Serikat, Jumat (9/9/2022). (Foto: Kemenko Perekonomian fo

TIMESINDONESIA, JAKARTAMenko Perekonomian RI Airlangga Hartarto menggelar pertemuan dengan Menteri Agrikultur Damien O’Connor di sela pertemuan tingkat menteri Indo-Pacific Economic Framework (IPEF MM) di Los Angeles, Amerika Serikat, untuk mendorong kerja sama sektor peternakan.

Pertemuan tersebut juga membicarakan posisi Presidensi G20 Indonesia dan juga penyelenggaraan acara KTT G20 Indonesia yang akan digelar pada bulan November mendatang di Bali.

"Pemerintah Indonesia mendorong kerja sama dengan pemerintah Selandia Baru untuk pendidikan breeding sapi dan domba di Indonesia. Kuncinya adalah di breeding agar dapat menghasilkan produk susu maupun produk olahannya yang berkualitas," kata Menko Perekonomian RI dalam keterangan resmi di Jakarta, yang diterima Sabtu (10/9/2022).

Saat ini, Fonterra, perusahaan susu asal Selandia Baru, telah memberikan bantuan kepada peternak sapi perah di Padang Panjang . Pemerintah tengah menjajaki kemungkinan pengembangannya menjadi seperti Dairy Academy di Indonesia.

Pertemuan juga membahas terkait perkembangan penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Indonesia. Menko Perekonomian RI menjelaskan strategi pemerintah Indonesia dalam menangani wabah ini.

Airlangga-Hartarto-b.jpg

"Pemerintah menerapkan kebijakan penanganan penyakit PMK seperti kebijakan penanganan COVID-19 di masa PPKM, yaitu adanya pembatasan pada 19 provinsi dan larangan perpindahan sapi dari daerah satu ke daerah yang lain, serta kebijakan mikro manajemen lainnya persis seperti kebijakan untuk penanganan COVID-19 pada manusia," ujar Airlangga.

Menko Perekonomian RI menjelaskan bahwa untuk penanganan PMK, Pemerintah Indonesia membentuk Satgas PMK yang hampir sama dengan Satgas Penanganan Covid-19, dan menerapkan beberapa strategi yang berbasis mikro di desa, antara lain biosecurity, pengobatan, vaksinasi, dan potong bersyarat di tingkat desa.

"Penanganan PMK melibatkan semua pihak yang terkait, agar penanganan bisa efektif dan mencegah penyebaran ke daerah lainnya," ujar Menko Perekonomian RI.

Melalui pertemuan bilateral ini, Airlangga dan Damien juga membahas terkait perkembangan perjanjian kerja sama ASEAN - Australia - New Zealand Free Trade Area (AANZFTA).

Sejak 2012, Indonesia dan Australia telah menandatangani FTA melalui wadah AANZFTA.

"Pemerintah Indonesia tengah mendorong pemanfaatan Perjanjian Perdagangan Bebas (FTA) secara optimal agar bisa mendongkrak ekspor sekaligus meningkatkan daya saing Indonesia di tatanan rantai nilai global termasuk di antaranya rantai industri dan perdagangan global," tutup Menko Perekonomian RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES