Politik

Gus Nurkholis Susun Puzzle Kemenangan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Sabtu, 10 September 2022 - 11:03 | 38.57k
Gus Nurkholis Almaulani.(Dok.TIMES Indonesia)
Gus Nurkholis Almaulani.(Dok.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Pengasuh Pondok Metal Muslim Al Hidayah KH Nurkholis Almaulani atau Gus Nurkholis, mengungkapkan potensi Ganjar Pranowo sebagai sosok kunci untuk merebut kemenangan di Pilpres 2024.

Beberapa hasil lembaga survei bahkan menempatkan Ganjar pada posisi tiga besar sebagai calon presiden pilihan rakyat. Namun hingga saat ini peta politik terus berubah arah. Pasalnya, berbagai skenario politik antar elit terus bergulir dan peta pasangan bakal terus berubah atau belum final.

Kendati demikian, Gus Nurkholis mengatakan jika dalam upaya merajut koalisi bisa saja terjadi masalah sehingga pecah kongsi di tengah jalan.

Misalkan saja kemesraan antara Gerindra dan PDI Perjuangan yang sudah terjalin sejak lama kini sudah mulai berubah arah dengan masuknya PKB sebagai partner baru Gerindra. Bahkan santer kabar Prabowo bakal menggaet Gus Muhaimin.

Demikian pula kemunculan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) antara Golkar, PAN dan PPP telah bersepakat satu suara menuju 2024.

Gus Nurkholis memandang, arah koalisi ini juga tak jauh dari instruksi Istana dan menjadi sebuah kekuatan baru untuk me-landing-kan Capres dan Cawapres 2024.

Sementara itu, NasDem mulai goyang dengan keputusannya mengusung Anies Baswedan setelah hasil konvensi yang dilakukan. Partai besutan Surya Paloh itu sedang memulai penjajakan kembali, siapa sosok paling layak dan mengincar koalisi parpol paling solid.

Begitu juga PDI Perjuangan yang terlihat sudah mulai mantab dengan mengusung Putra Mahkota Puan Maharani sebagai Capres atau Cawapres. PDI Perjuangan bahkan mulai menyatukan puzzle agar gambar itu terbentuk nyata.

Di sisi lain, Ganjar Pranowo sebagai Kader PDI Perjuangan sendiri telah mendapat banyak restu dari beberapa kalangan dan terus digaungkan sebagai pemimpin baru Indonesia. Namun saat ini ia berada dalam situasi extra hati-hati karena partai tak memberikan ruang untuknya.

Meski demikian, Pilpres 2024 masih panjang. Dan sebentar lagi akan banyak kesepakatan-kesepakatan yang mengarah kepada sebuah ketetapan. Akan tetapi, Gus Nurkholis memiliki pandangan berbeda. Menurutnya, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo memiliki kans besar merebut tiket Pilpres 2024 apabila keduanya berpasangan.

"Saya sebagai pengamat dunia politik hanya melihat peluang besar bagi Praga atau Prabowo Ganjar jika bisa dikawinkan untuk 2024. Dan kemungkinan kemenangan itu cukup besar," kata Gus Nurkholis, Sabtu (10/9/2022).

Namun, apakah Istana berkehendak untuk menaruh Ganjar Pranowo pada posisi Wapres?

Menurut Gus Nurkholis, ada skenario penjajakan antara Ganjar-Erick Thohir.Namun jika Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa siap untuk bersama Ganjar, tentunya peta politik akan berubah lagi.

Lantas, apakah mungkin karena keduanya belum mendapatkan restu para pemilik gerbong politik?

Gus Nurkholis menjelaskan, jika KIB menggaet NasDem dan PDI Perjuangan maka selesailah Pilpres sebelum Pilpres yang sesungguhnya berlangsung. Tinggal kebesaran hati para ketua umum partai untuk bisa menerima itu.

"Karena jujur jika kita lihat survei, masyarakat telah menempatkan tokoh dan kader partai pada posisi survei tertinggi. Bukan ketua umumnya," tandas Gus Nurkholis.

Ya, kontestasi Pilpres 2024 adalah sebuah realita yang akan dinanti masyarakat sebentar lagi. Berderet nama sudah mulai muncul saat ini. Dari Ketum parpol sampai para tokoh sudah ramai masuk dalam bursa survei belakangan ini.

Meski tiket masuk untuk menjadi Capres dan Cawapres di Pilpres 2024 cukup berat namun bisa dikatakan bahwa nama yang akan bertanding tidak akan jauh dari prediksi. Termasuk salah satunya Ganjar Pranowo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES