Glutera News

Cara Benar Turunkan Berat Badan dengan Berolahraga dan Nutrisi

Sabtu, 10 September 2022 - 10:54 | 24.89k
Cara Benar Turunkan Berat Badan dengan Berolahraga dan Nutrisi
Image: Glutera for Times Indonesia
Editor: Dhina Chahyanti

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak orang yang mengalami kesulitan menurunkan berat badan. Padahal pada dasarnya, naik atau turunnya berat badan seseorang tergantung pada jumlah kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh saat beraktivitas. 

Asupan kalori berlebihan yang tidak disertai dengan aktivitas fisik atau olahraga secara rutin dapat membuat berat badan naik. Hal ini dikarenakan kalori yang tidak terpakai akan disimpan dalam tubuh sebagai lemak.

Tidak perlu menerapkan diet yang terlalu ketat atau berlebihan, karena nyatanya cara seperti itu tidak efektif. Ada beberapa cara mudah menurunkan berat badan yang tidak menyiksa, namun justru lebih efektif. Yang pasti, kamu butuh komitmen dan disiplin dalam menjalaninya, agar berat badanmu dapat turun dan mencapai berat badan ideal.

Sebelum lebih jauh membahas tentang bagaimana cara menurunkan berat badan, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah komponen apa saja yang membentuk berat badan. 

Pada dasarnya, ada 4 komponen penting dalam pembentukan tubuh manusia, yaitu air, tulang, otot, dan lemak. 

Berat tulang manusia tidak akan berbeda jauh pada setiap individu. Jumlah air yang dibutuhkan pun tidak akan berbeda jauh, karena tubuh akan meregulasi kadar air, sehingga air yang tidak dibutuhkan akan dibuang melalui keringat atau urin.  Maka dari itu, tulang dan air bukanlah faktor utama yang memengaruhi berat badan, melainkan lemak dan otot.

menurunkan-berat-badan.jpg

Kekeliruan dalam menurunkan berat badan 

Pada dasarnya, naik atau turunnya berat badan seseorang tergantung pada jumlah kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh saat beraktivitas.

1. Konsumsi produk pelangsing untuk mengurangi kadar air

Anda kini sudah tahu bahwa yang memengaruhi berat badan Anda adalah otot dan lemak. Dengan kata lain, menurunkan berat badan dengan mengonsumsi berbagai macam produk pelangsing yang mengandalkan kehilangan cairan bukanlah cara yang ideal. 

Yaps, karena air di dalam tubuh telah diregulasi, sehingga jumlahnya tidak akan lebih ataupun kurang. Apabila Anda mengonsumsi produk penurun berat badan yang cara kerjanya membuang air dari tubuh, maka yang terjadi adalah tubuh Anda tidak akan berfungsi secara optimal. 

Anda akan merasa mudah lelah dan tubuh Anda nantinya akan menyerap semua air yang masuk, sehingga berat badan yang telah berkurang cenderung cepat kembali seperti semula.

Hal ini juga bisa membuat Anda merasa haus berkepanjangan dan jarang bahkan tidak ada buang air kecil. Tentunya, ini dapat membahayakan kondisi ginjal Anda, karena ginjal membutuhkan air untuk beroperasi. 

Jadi, janganlah mengorbankan kesehatan Anda hanya karena ingin menurunkan berat badan dengan cepat.

2. Menurunkan massa otot

Mengurangi masa otot juga bukanlah cara yang ideal untuk menurunkan berat badan, karena nantinya tubuh Anda akan lebih mudah lelah dan tidak sehat. Kekurangan massa otot juga akan menyulitkan Anda melakukan berbagai kegiatan sehari-hari. Karena pada dasarnya, tubuh memanfaatkan rentang gerak otot untuk bergerak secara sempurna. 

Jadi, menurunkan massa otot juga bukanlah solusi yang tepat untuk menurunkan berat badan.

3. Menurunkan lemak dengan cepat

Sangat penting untuk diketahui bahwa cara yang paling ideal dan tepat dalam menurunkan berat badan adalah dengan memangkas lemak dalam tubuh. Karena melalui dua poin sebelumnya, yaitu mengurangi kadar air dan menurunkan massa otot, adalah cara yang keliru.

Dalam poin ketiga ini, Anda pasti berpikir cara terbaik dan ideal dalam menurunkan berat badan adalah dengan memangkas lemak secepat mungkin. Namun ternyata, anggapan tersebut masih juga keliru, karena lemak yang ada dalam tubuh kebanyakan sudah disimpan di dalam perut ataupun otot, bukan di peredaran darah.

Jadi, jika Anda ingin memangkas lemak secepat mungkin, maka lemak yang disimpan tersebut akan dipecah dan masuk ke dalam peredaran darah. Pada akhirnya, ini hanya akan menambah tumpukan lemak Anda dan bisa berujung serangan jantung bahkan stroke.

Cara tepat dalam menurunkan berat badan 

Jadi, bagaimana cara yang tepat untuk menurunkan berat badan?

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, bisa ditarik kesimpulan bahwa untuk menurunkan berat badan diperlukan proses, tidak ada cara yang instan kecuali Anda tidak memedulikan kesehatan Anda. 

Sederhananya, lemak yang menumpuk di dalam tubuh harus digunakan semaksimal mungkin untuk dibakar sebagai energi, bukan untuk dihancurkan begitu saja. Beberapa orang menyebutnya dengan istilah “cutting”.

Nah, bagaimana cara membakar kelebihan lemak tersebut? Yaitu dengan berolahraga dan diet yang tepat. Kedua cara sehat ini harus dilakukan secara bersamaan, agar proses penurunan berat badan Anda bisa berjalan dengan ideal.

1. Defisit kalori

Anda memerlukan kalori yang cukup untuk dapat beraktivitas sehari-hari. Umumnya, kebutuhan kalori harian untuk pria adalah 2.200 kalori, sedangkan wanita membutuhkan 1.800 kalori. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka Anda harus mengurangi jumlah kalori harian Anda – minimal 500 kalori per hari. 

Jadi, bila total kebutuhan kalori harian Anda adalah 2.200 kalori, maka Anda harus mencoba untuk menguranginya menjadi 1.700 kalori agar dapat menurunkan berat badan.

Tentunya, hal ini perlu dilakukan dengan pola makan yang sehat, seperti konsumsi protein tanpa lemak dan lemak sehat, serta membatasi asupan gula dan lemak (terutama lemak jenuh dan trans), karena lemak dan gula bisa membuat program diet Anda menjadi kacau. 

Yang perlu Anda perhatikan juga adalah jangan sampai Anda tidak makan sama sekali atau hanya mengonsumsi 500-1.000 kalori saja per hari hanya demi mencapai defisit kalori. Karena nantinya, tubuh Anda akan kekurangan energi dan bisa merusak fungsi normal tubuh Anda.

2. Berolahraga secara rutin

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lemak dalam tubuh perlu digunakan agar tidak menumpuk. Nah, cara menggunakannya adalah dengan membakarnya melalui olahraga rutin, sehingga lemak tubuh bisa berkurang. 

Latihan olahraga yang baik untuk membakar lemak adalah olahraga kardio, seperti lari, jogging, bersepeda, berenang, HIIT, dan lainnya. Namun, bukan berarti olahraga lainnya tidak efektif untuk membakar lemak.

Prinsip utamanya adalah membuat gaya hidup yang aktif dengan lebih banyak bergerak dan tidak bermalas-malasan, sehingga kalori yang Anda bakar diiringi juga dengan pengurangan lemak dalam tubuh. Usahakan untuk meluangkan waktu Anda sebanyak 10-30 menit per hari untuk berolahraga. 

Contoh dari gaya hidup aktif adalah ke kantor menggunakan sepeda atau jalan kaki, atau memperbanyak gerakan tubuh – tidak hanya duduk atau rebahan. Karena aktivitas inilah yang nantinya akan memanfaatkan lemak menjadi energi, sehingga lemak Anda akan dibakar secara sehat.

Kedua poin di atas harus dilakukan secara bersamaan sebagai cara menurunkan berat badan yang sehat dan ideal. Sebab, jika Anda hanya fokus dalam dietnya saja, akan membuat Anda bosan dan terasa sangat monoton. Anda pun jadi mudah menyerah di tengah jalan dan target Anda justru tidak tercapai. 

Sebagai contoh, ada seorang pria yang membutuhkan 2.200 kalori dalam sehari. Cara biasa yang dianjurkan untuk menurunkan berat badannya adalah dengan mengurangi ¼ porsi makan, yang artinya mengurangi 500 kalori. Namun, hal tersebut harus didukung dengan tidak mengonsumsi makanan berlemak dan tinggi karbohidrat. 

Nah, dengan diimbangi olahraga yang rutin untuk membantu pembakaran kalori, Anda masih bisa sesekali mengonsumsi makanan yang enak, bahkan nyaris tidak memiliki larangan untuk mengonsumsi makanan tertentu, asalkan semua kalori yang Anda makan diimbangi dengan latihan yang cukup. 
Oleh karena itu, defisit kalori dan olahraga adalah faktor terpenting untuk menurunkan berat badan Anda.

3. Asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang

Kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan, disarankan untuk mengonsumsi makanan berprotein dan berserat. Makanan berprotein bisa membantu tubuh membakar lemak dan menjadi sumber energi. 

Selain makanan yang tinggi protein, perbanyak pula konsumsi makanan berserat. Makanan berserat dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama, namun rendah kandungan kalori.

Selain itu Anda butuh asupan nutrisi berupa suplemen atau makanan kesehatan dari Glutera, pagi hari konsumsi Glutera NOX (pre workout), saat latihan atau setelah latihan konsumsi Glutera COL (during workout). Dan malam hari konsumsi Glutera GSH (recovery).

Untuk mencapai target berat badan ideal, dibutuhkan cara menurunkan berat badan yang benar dan disiplin dalam menjalaninya. (*)

Be everlasting with glutera

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Rochmat Shobirin

EKORAN

TERBARU

  • Kiat Agar Selalu Semangat di Pagi Hari
    Kiat Agar Selalu Semangat di Pagi Hari
    03/10/2022 - 04:27
  • Jangan Ragu Makan Buah Leci, Manfaatnya Menakjubkan Lho
    Jangan Ragu Makan Buah Leci, Manfaatnya Menakjubkan Lho
    03/10/2022 - 03:22
  • Tidak Membersihkan Make Up saat Tidur? Waspadai Risikonya
    Tidak Membersihkan Make Up saat Tidur? Waspadai Risikonya
    03/10/2022 - 01:21
  • Tidur Nyenyak dan Nyaman dengan Langkah Sederhana Ini
    Tidur Nyenyak dan Nyaman dengan Langkah Sederhana Ini
    03/10/2022 - 00:32
  • Komentar Tidak Sopan Terhadap Tragedi Stadion Kanjuruhan, Polres Bantul Pastikan Akun Twitter Polsek Srandakan Diretas
    Komentar Tidak Sopan Terhadap Tragedi Stadion Kanjuruhan, Polres Bantul Pastikan Akun Twitter Polsek Srandakan Diretas
    02/10/2022 - 23:48

TIMES TV

Jelajah Kopi Nusantara: Kopi Taji Dulu Kini dan Nanti

Jelajah Kopi Nusantara: Kopi Taji Dulu Kini dan Nanti

11/08/2022 - 17:08

Aremania Jemput Juara Piala Presiden 2022

Aremania Jemput Juara Piala Presiden 2022
Mengenang Sejarah Nabi di Jabal Uhud

Mengenang Sejarah Nabi di Jabal Uhud
Friendly Match PSIS vs Arema FC, Suporter Nyanyi ke Stadion Lagi

Friendly Match PSIS vs Arema FC, Suporter Nyanyi ke Stadion Lagi
Petugas Haji Gelar Gladi Posko, Siap Sambut JCH Indonesia

Petugas Haji Gelar Gladi Posko, Siap Sambut JCH Indonesia

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Diseminasi Nilai Kearifan Lokal Sebagai Upaya Mitigasi Risiko Bencana
    Diseminasi Nilai Kearifan Lokal Sebagai Upaya Mitigasi Risiko Bencana
    01/10/2022 - 16:19
  • Perkuat SRA, Menekan Banyaknya Tingkat Kekerasan pada Anak
    Perkuat SRA, Menekan Banyaknya Tingkat Kekerasan pada Anak
    01/10/2022 - 15:14
  • Urgensi Strategi Komunikasi Pemasaran bagi Petani Milenial
    Urgensi Strategi Komunikasi Pemasaran bagi Petani Milenial
    01/10/2022 - 14:00
  • Pancasila Sakti
    Pancasila Sakti
    01/10/2022 - 06:01
  • Praktik Diktator Konstitusional dan Bayang-bayang Komunisme
    Praktik Diktator Konstitusional dan Bayang-bayang Komunisme
    30/09/2022 - 09:01
  • Dampak Limbah Peternakan
    Dampak Limbah Peternakan
    29/09/2022 - 20:43
  • Gerakan Moral Petruk Jadi Raja
    Gerakan Moral Petruk Jadi Raja
    29/09/2022 - 12:12
  • Konsep Manajemen Dalam Islam
    Konsep Manajemen Dalam Islam
    29/09/2022 - 11:10

KULINER

  • Hangatkan Tubuh dengan Peuyeum Bandung, Yuk Rasakan Nikmatnya
    Hangatkan Tubuh dengan Peuyeum Bandung, Yuk Rasakan Nikmatnya
    30/09/2022 - 06:04
  • Menyicip Kuliner Nasi Ayam Kungpao dan Nasi Ayam Rempah ala Depot 2 Legenda
    Menyicip Kuliner Nasi Ayam Kungpao dan Nasi Ayam Rempah ala Depot 2 Legenda
    29/09/2022 - 04:38
  • 6 Jajanan Berbahan Aci yang Enak di Bandung
    6 Jajanan Berbahan Aci yang Enak di Bandung
    29/09/2022 - 02:21
  • Ulen Juara, Jajanan Tradisional Rasa Kekinian
    Ulen Juara, Jajanan Tradisional Rasa Kekinian
    26/09/2022 - 16:32
  • BBQ Seafood Luminor Hotel Jember, Menu Hasil Laut yang Menggugah Selera
    BBQ Seafood Luminor Hotel Jember, Menu Hasil Laut yang Menggugah Selera
    26/09/2022 - 10:01