Peristiwa Internasional

Ratu Elizabeth II Wafat, Ini Deretan Penerus Kerajaan Inggris

Jumat, 09 September 2022 - 13:27 | 135.87k
Raja Charles III tadi malam menjadi orang tertua dalam sejarah Inggris yang dinobatkan sebagai raja. (Foto: The Sun)
Raja Charles III tadi malam menjadi orang tertua dalam sejarah Inggris yang dinobatkan sebagai raja. (Foto: The Sun)

TIMESINDONESIA, INGGRISRatu Elizabeth II meninggal dunia pada 8 September 2022 malam waktu Inggris. Pangeran Charles pun resmi menduduki takhta selanjutnya. Charles kini mendapatkan gelar sebagai Raja Charles III.

Sebelumnya, sang ratu mengembuskan napas terakhir pada usia 96 tahun. Mendiang Ratu Elizabeth II memimpin negara dengan masa jabatan terpanjang dalam sejarah Kerajaan Inggris. Sebelum meninggal dunia, sang ratu memerintah selama 69 tahun.

Meninggalnya Ratu Elizabeth dan digantikan Raja Charles II. Hal ini membuat urutan penerima waris takhta Kerajaan Inggris ikut berubah. Sejauh ini sudah ada 26 orang yang masuk dalam daftar penerima waris takhta Kerajaan Inggris.

Berikut tujuh orang teratas yang memiliki kemungkinan paling tinggi untuk meneruskan takhta Kerajaan Inggris:

1. Raja Charles III
Sejak dilahirkan, Charles sudah dipersiapkan untuk menduduki takhta. Ia adalah putra sulung Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip. Pangeran Charles sebelumnya menikah dengan Putri Diana, yang meninggal dunia karena kecelakaan. Ia kemudian menikah dengan Camilla Parker Bowles, yang kini mendapatkan gelar sebagai permaisuri.

2. Pangeran William
Pangeran William sejak lahir juga telah dipersiapkan untuk meneruskan takhta. Ia adalah putra pertama dari Raja Charles III dan mendiang Putri Diana. Pangeran William pernah bekerja sebagai pilot helikopter Royal Air Force dan East Anglian Air Ambulance sebelum mundur pada 2017 untuk fokus pada tugas kerajaan. Ia kemudian menikah dengan Kate Middleton dan dikaruniai tiga orang anak.

3. Pangeran George
Pangeran George berada di urutan ketiga penerus waris kerajaan selanjutnya. Sejak kecil, ia sudah kerap diikutkan dalam berbagai aktivitas kerajaan bersama ayah dan ibunya sebagai persiapan untuk menjadi raja. Jika menjadi raja nantinya, Pangeran George bisa menyandang gelar Raja George VII.

4. Putri Charlotte
Sebagai anak kedua Pangeran William dan Kate Middleton, Putri Charlotte menduduki posisi yang cukup tinggi dalam urutan penerima waris takhta. Ia menjadi perempuan pertama dan termuda dalam daftar urutan penerus waris Kerajaan Inggris.

Berdasarkan Succession to the Crown Act yang dibuat pada 2013, seorang perempuan dari keturunan laki-laki pertama diperbolehkan masuk ke dalam daftar penerima waris takhta. Namun aturan tersebut tak berlaku bagi keluarga kerajaan yang lahir sebelum 2013.

5. Pangeran Louis
Sebagai anak ketiga Pangeran William dan Kate Middleton, Pangeran Louis juga berhak masuk dalam jajaran penerima waris takhta Kerajaan Inggris. Walaupun begitu, Pangeran Louis, juga Putri Charlotte, tak memiliki beban sebesar Pangeran George, yang sudah dipastikan akan menjadi raja jika waktunya tiba.

6. Pangeran Harry
Menjadi anak kedua Raja Charles III dan mendiang Putri Diana tak berarti pangeran Harry berada di urutan penerima waris tepat di bawah sang kakak, Pangeran William.

Apalagi Pangeran Harry saat ini memutuskan tinggal di Amerika Serikat bersama sang istri, Meghan Markle, dan kedua anaknya. Namun ia tetap berada di jajaran penerima waris takhta kerajaan Inggris.

7. Archie Harrison
Archie Harrison adalah putra pertama Pangeran Harry dan Meghan Markle. Walaupun tidak berada di posisi yang mencolok, namun Archie masih berhak untuk mewarisi takhta dan berada di jajaran penerima waris seperti ketiga sepupunya.

Demikian urutan pewaris tahta Kerajaan Inggris, setelah meninggalnya Ratu Elizabeth II.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES