Pemerintahan

Wapres RI KH Ma'ruf Amin Ungkap Peran Komponen Cadangan TNI

Kamis, 08 September 2022 - 18:57 | 16.73k
Wapres RI KH Ma'ruf Amin saat menjadi Inspektur Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) TNI TA 2022 di Bandung, Jawa Barat. (FOTO: Dok. Sindonews)
Wapres RI KH Ma'ruf Amin saat menjadi Inspektur Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) TNI TA 2022 di Bandung, Jawa Barat. (FOTO: Dok. Sindonews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Presiden RI (Wapres RI) KH Ma'ruf Amin menegaskan peran penting Komponen Cadangan TNI dalam membantu mewujudkan Indonesia Maju.

"Salah satu misi penting yang dapat diemban oleh Komponen Cadangan adalah dengan meningkatkan pemahaman terhadap isu-isu global," ucapnya.

Wapres mengatakan itu dalam amanatnya saat menjadi Inspektur Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) TNI TA 2022 di Bandung, Jawa Barat, Kamis (8/9/2022).

"(Komponen cadangan) menanamkan kesetiakawanan sosial, serta menebarkan toleransi dan moderasi untuk mempererat persatuan dan kesatuan. Modal sosial ini sangat bernilai dalam menunjang transformasi Indonesia ke depan, menuju Indonesia Maju," imbuh dia.

Wapres menyebutkan terdapat empat langkah guna memupuk modal sosial Komponen Cadangan, pertama, pelatihan pertahanan Komponen Cadangan agar didesain dalam perspektif yang luas, menggabungkan pola pertahanan konvensional dan ancaman nontradisional.

Dengan demikian, pola pikir dalam mempertahankan kesatuan negara tidak hanya dalam perspektif senjata, tetapi lebih luas lagi dengan berbasis digital.

Kedua, perlunya pengembangan narasi optimistik dalam komunikasi publik terkait dengan peran dan fungsi Komponen Cadangan sehingga muncul kesadaran kolektif seluruh anak bangsa untuk ambil bagian dalam upaya bela negara dalam berbagai bentuk.

Melalui kesadaran ini, Wapres menilai akan lebih besar lagi kekuatan Indonesia dalam mempertahankan kedaulatan bangsa dan mewujudkan Indonesia Maju.

Ketiga, promosi bela negara pada generasi muda membutuhkan terobosan yang inovatif sehingga perlu pengembangan pelatihan yang kreatif dan kekinian agar program bela negara efektif menjangkau berbagai kelompok sasaran.

Komponen Cadangan yang saat ini telah menyelesaikan pelatihan, Ma'ruf Amin berpesan kepada mereka dapat kembali ke tempatnya masing-masing dan terus menjalankan mandat dengan baik dalam kehidupan bermasyarakat.

Keempat, lanjut Wapres RI KH Ma'ruf Amin, Komponen Cadangan TNI setelah menyelesaikan pelatihan, agar tetap menjaga mandat sebagai Komponen Cadangan seraya terus menjadi inspirasi bela negara bagi masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES