Kopi TIMES

Wajah Harmoni Indonesia dalam Annual International Conference on Islamic Studies ke 21

Kamis, 08 September 2022 - 10:14 | 52.54k
Wajah Harmoni Indonesia dalam Annual International Conference on Islamic Studies ke 21
Prof. Dr. Masnun Tahir., M.Ag, Rektor Universitas Islam Negeri Mataram.
Editor: Yatimul Ainun

TIMESINDONESIA, MATARAM – Mendekati penghujung tahun 2022, Lombok dan Bali akan menjadi tuan rumah perhelatan akademik tahunan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke 21. Penyelenggaraan di dua wilayah sekaligus, namun dengan rentang waktu yang berbeda ini memiliki tujuan meperkenalkan pada dunia perhatian kajian Islam terhadap berbagai perubahan dunia yang menjadi konsen dari G-20 di Bali tahun ini yaitu 'Membangun dunia yang lebih damai, stabil, dan sejahtera bersama’.

PTKIN dengan moment AICISnya menjadi forum bertemunya kalangan akademisi dan peneliti dari berbagai disiplin keilmuan untuk mengembangkan kajian agama, sosial dan sains yang selama ini menjadi nafas akademik di PTKIN. Penyelenggaraan di dua wilayah yang termasyhur dengan destinasi wisatanya, dan mengikutsertakan PTKN di Bali dan Lombok ini hendak menyampaikan pesan-pesan akademik dan perdamaian. Dua daerah yang dipilih untuk menjadi lokasi diselenggarakannya perhelatan akademik ini merupakan daerah yang terkenal dengan destinasi wisata, dan telah menjadi perhatian dunia. Harapannya penyelenggaraan AICIS di dua wilayah yang terkenal dengan keindahan alamnya ini juga akan menarik perhatian akademisi dan pemerhati isu-isu studi Islam di berbagai belahan dunia, dan akan menjadi magnet akademik tersendiri bagi para akademisi maupun peneliti, baik di level nasional maupun global.

Diawali dengan penyelenggaraan pra-AICIS di Lombok Nusa Tenggara Barat yang digawangi oleh UIN Mataram pada bulan Oktober 2022 dan dilanjutkan dengan penyelenggaraan di Bali pada bulan November 2022 menandakan bahwa PTKIN dan PTKN di Indonesia telah siap untuk menerima berbagai akademisi dan mahasiswa dari negara lain. Forum AICIS akan menjadi media penyampai pesan “Denpasar Message” yang hendak menyampaikan kepada dunia bahwa PTKIN melalui kajian-kajian akademisnya telah berhasil merajut kebersamaan, kebangsaan dan keIndonesiaan serta kemanusiaan. Isu-isu seputar Inklusifisme, nilai-nilai toleransi, dan kajian-kajian berbagai agama akan berkontribusi memperkaya kajian-kajian terkait agama dan relasi sosial. Melalui AICIS, diharapkan perkembangan baru penelitian di perguruan tinggi Islam dapat dibagikan, didiskusikan dan disebarluaskan. Selain itu, forum ini juga memberikan kesempatan kepada para akademisi dan peneliti untuk mengembangkan jaringan dan kerjasama, tidak hanya di tingkat nasional, tetapi juga di tingkat internasional.

AICIS Sebagai forum bertemunya para akademisi dan peneliti kajian keIslaman dari berbagai latarbelakang disiplin keilmuan merupakan salah satu forum bergengsi bagi para akademisi dan peneliti. Pengembangan kajian-kajian yang disajikan dalam AICIS ke 21 ini berangkat dari multiperspektif dan multidisipliner. Dengan Mengambil tema “Future Religion in G-20 : Digital Transformation, knowledge managenment and social resilience”. Tema atau diskursus ini diangkat sebagai jawaban atas tuntutan dan tantangan kajian studi Islam kontemporer di tingkat nasional maupun global saat ini. Konferensi ini akan mengangkat isu-isu terkini studi Islam ke dalam tiga topik utama: Digital Humanities, Knowledge Management, and Social Resilience. Berfokus pada signifikansi dan keterlibatan digital humanities dalam studi Islam, topik ini hendak menggali tentang bekerjanya transformasi digital dalam memengaruhi, mengubah, dan menantang studi Islam. Topik knowledge managenment secara kritis akan masuk ke dalam kajian tentang urgensi reformasi dan transformasi kelembagaan dalam studi Islam, dan topik social resilience akan mengkaji berbagai ruang sosial berperan dalam proses-proses sosiologis di masyarakat yang secara lebih spesifik akan memfokuskan pada isu-isu ketahanan sosial Muslim di dunia global kontemporer. Isu yang relatif baru dan kontekstual lainnya yang akan di angkat dalam berbagai perdebatan akademis dalam konferensi ini adalah kajian terkait dengan industri halal yang erat kaitannya dengan transformasi digital, manajemen pengetahuan, dan ketahanan sosial. Banyak kajian telah menyebutkan bahwa industri halal di seluruh dunia yang mengarah pada pertumbuhan ekonomi yang signifikan.

Dalam konteks daerah wisata seperti Lombok dan Bali, kajian ini akan menjadi sumbangsih ilmiah dan akademik yang urgen dalam peningkatan pelayanan wisata halal di Indonesia. Sebagaimana diketahui bahwa  Industri halal telah mencakup berbagai sektor indusitri seperti industri kosmetik dan farmasi, perlengkapan mandi dan alat kesehatan serta sektor komponen layanan termasuk logistik, pemasaran, media cetak dan elektronik, pengemasan, branding dan pembiayaan. Ini juga termasuk penawaran gaya hidup seperti perjalanan dan pariwisata, manajemen perhotelan dan industri fashion. Kebutuhan akan industri halal tidak hanya diterima dalam komunitas Muslim tetapi juga komunitas agama lainnya karena mempertimbangkan aspek-aspek kesejahteraan, tanggung jawab sosial, ramah lingkungan, ekonomi dan keadilan sosial.

Penyelenggaraan AICIS di Lombok tahun 2022 ini bukan penyelenggaraan kali pertama, namun merupakan penyelenggaraan AICIS ke 2 di Lombok. Sebelumnya, tepatnya pada tahun 2013, UIN Mataram yang pada saat itu masih IAIN Mataram telah berhasil meyelenggarakan AICIS ke 13 dengan tema Distinctive Paradigm of Indonesian Islamic Studies: Towards Renaissance of Islamic Civilization. Oleh karena itu, penyelenggaraan AICIS tahun 2022 dapat dikatakan estafet ke 2 dari penyelenggaraan AICIS ke 13 tahun 2013.  Satu hal yang juga menjadi nilai positif dari penyelenggaraan AICIS di dua wilayah ini adalah bergabungnya Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar dan Institut Agama Hindu Negeri (IAHN) Mataram. Bergabungnya PTKN dalam penyelenggaraan AICIS 21 ini sebagai wujud keselarana dan harmoni PTKN di Indonesia. Perhelatan AICIS tahun 2022 ini akan menjadi perhelatan akademik yang dikenang dengan baik karena menyajikan wajah harmonis Indonesia. 

***

*) Oleh: Prof. Dr. Masnun Tahir., M.Ag, Rektor Universitas Islam Negeri Mataram.

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia.co.id

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Rochmat Shobirin

EKORAN

TERBARU

  • Berkabung Tragedi Stadion Kanjuruhan, Gubernur Khofifah Batalkan Pesta Rakyat HUT Jatim
    Berkabung Tragedi Stadion Kanjuruhan, Gubernur Khofifah Batalkan Pesta Rakyat HUT Jatim
    06/10/2022 - 23:44
  • Gelar Gathering, KPU Magetan Ajak Media Menulis Berita Positif
    Gelar Gathering, KPU Magetan Ajak Media Menulis Berita Positif
    06/10/2022 - 23:10
  • World Congress ke-28, Emil Dardak Resmi Jadi Presiden EAROPH 2022-2024
    World Congress ke-28, Emil Dardak Resmi Jadi Presiden EAROPH 2022-2024
    06/10/2022 - 22:42
  • Kapolri Sebut Ada 11 Tembakan Gas Air Mata di Stadion Kanjuruhan
    Kapolri Sebut Ada 11 Tembakan Gas Air Mata di Stadion Kanjuruhan
    06/10/2022 - 22:33
  • Tim Putri Garuda Baru Siap Harumkan Indonesia di Ajang SCWC Doha
    Tim Putri Garuda Baru Siap Harumkan Indonesia di Ajang SCWC Doha
    06/10/2022 - 22:25

TIMES TV

Jelajah Kopi Nusantara: Kopi Taji Dulu Kini dan Nanti

Jelajah Kopi Nusantara: Kopi Taji Dulu Kini dan Nanti

11/08/2022 - 17:08

Aremania Jemput Juara Piala Presiden 2022

Aremania Jemput Juara Piala Presiden 2022
Mengenang Sejarah Nabi di Jabal Uhud

Mengenang Sejarah Nabi di Jabal Uhud
Friendly Match PSIS vs Arema FC, Suporter Nyanyi ke Stadion Lagi

Friendly Match PSIS vs Arema FC, Suporter Nyanyi ke Stadion Lagi
Petugas Haji Gelar Gladi Posko, Siap Sambut JCH Indonesia

Petugas Haji Gelar Gladi Posko, Siap Sambut JCH Indonesia

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Sepak Bola dan Problem Kemanusiaan
    Sepak Bola dan Problem Kemanusiaan
    06/10/2022 - 15:12
  • Sosial Budaya Dalam Beragama
    Sosial Budaya Dalam Beragama
    06/10/2022 - 11:14
  • Menatap Masa Depan Sepakbola Indonesia
    Menatap Masa Depan Sepakbola Indonesia
    06/10/2022 - 10:00
  • Duka Petruk Sebelum Menjadi Raja
    Duka Petruk Sebelum Menjadi Raja
    05/10/2022 - 15:05
  • Stop Tragedi Kemanusiaan Atas Nama Sepak Bola
    Stop Tragedi Kemanusiaan Atas Nama Sepak Bola
    04/10/2022 - 14:26
  • Nasihat Seorang Ibu:
    Nasihat Seorang Ibu: "Jangan Nonton Sepak Bola Nak...."
    04/10/2022 - 13:33
  • Nyawa Lebih Berharga Dari Pada Sepak Bola
    Nyawa Lebih Berharga Dari Pada Sepak Bola
    04/10/2022 - 12:55
  • Tragedy Kanjuruhan Malang
    Tragedy Kanjuruhan Malang
    04/10/2022 - 11:14

KULINER

  • Apang Pella, Kue Khas Bugis Mulai Menjamur di Kota Tasikmalaya
    Apang Pella, Kue Khas Bugis Mulai Menjamur di Kota Tasikmalaya
    05/10/2022 - 00:20
  • Hangatkan Tubuh dengan Peuyeum Bandung, Yuk Rasakan Nikmatnya
    Hangatkan Tubuh dengan Peuyeum Bandung, Yuk Rasakan Nikmatnya
    30/09/2022 - 06:04
  • Menyicip Kuliner Nasi Ayam Kungpao dan Nasi Ayam Rempah ala Depot 2 Legenda
    Menyicip Kuliner Nasi Ayam Kungpao dan Nasi Ayam Rempah ala Depot 2 Legenda
    29/09/2022 - 04:38
  • 6 Jajanan Berbahan Aci yang Enak di Bandung
    6 Jajanan Berbahan Aci yang Enak di Bandung
    29/09/2022 - 02:21
  • Ulen Juara, Jajanan Tradisional Rasa Kekinian
    Ulen Juara, Jajanan Tradisional Rasa Kekinian
    26/09/2022 - 16:32