Ekonomi

Berharap Harga Cabai Bersaing, Bupati Blitar Luncurkan Pasar Lelang Cabai

Rabu, 07 September 2022 - 11:25 | 18.46k
Bupati Blitar Rini Syarifah foto bersama petani saat peluncuran pasar lelang cabai di Kelompok Tani Kahuripan Desa Kolomoyan Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar Jawa Timur, Rabu (7/9/2022). (Foto: Sholeh/ Times Indonesia)
Bupati Blitar Rini Syarifah foto bersama petani saat peluncuran pasar lelang cabai di Kelompok Tani Kahuripan Desa Kolomoyan Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar Jawa Timur, Rabu (7/9/2022). (Foto: Sholeh/ Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITARBupati Blitar Rini Syarifah meluncurkan pasar lelang cabai di Kelompok Tani Kahuripan Desa Kolomoyan Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar Jawa Timur, Rabu (7/9/2022).

Adanya Pasar Lelang Cabai diharapkan menjadi sentra jual komoditi pedas tersebut baik dari dalam maupun luar Kabupaten Blitar.  

Mak Rini, sapaan akrab Bupati Blitar, berharap harga cabai di Kabupaten Blitar bisa bersaing. Dalam arti bagus untuk meningkatkan kesejahteraan petani Cabai.

"Alhamdulillah dengan Kelompok Tani Kahuripan, kita sudah yang kelima melakukan lelang Cabai. Dan Alhamdulillah daerah berbagai daerah datang, mereka tertarik," ujarnya.

Harapan besar Pasar lelang Cabai, kata Mak Rini, adalah untuk menekan angka inflasi. Itu karena karena 9 komoditi kebutuhan bahan pangan pokok ditanam di Kabupaten Blitar. Salah satunya Cabai. Oleh karena itu, pasar lelang cabai sangat lah strategis untuk mengontrol harga Cabai.

"Ini perlu disebarkan kepada masyarakat di Blitar maupun di luar kalau disini ada lelang Cabai.
Monggo kalau butuh silahkan datang kesini," urai Mak Rini.

Wawan Widianto, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar menambahkan, petani di  Kelompok Tani Kahuripan Desa Kolomoyan memang paling banyak menanam Cabai. Berbagai varietas Cabai ditanam oleh petani mulai dari Cabai Besar, Cabai Kecil hingga Cabai Keriting.

"Sebelumnya kan kita ujicoba tiga kali dan sudah jalan. makannya hari ini kita meminta Ibu Bupati untuk melaunching Pasar Lelang Cabai. karena ini sudah jalan," jelasnya.

Wawan mengutarakan, tiga kali ujicoba lelang sebelumnya luar biasa hasilnya. Banyak pedagang yang ikut lelang, ada yang dari Kediri maupun Tulungagung. Sehingga menurutnya, harga Cabai bisa terdongkrak dan petani tidak perlu membawa ke pengepul atau gudang.

"Tetapi kita bisa main harga sendiri di sini dan akhirnya bisa mengangkat harga sendiri.Khusus di Wonodadi ini kalau sudah jalan akhirnya nanti diharapkan cabai dari kecamatan lain akan menginduk kesini," terangnya dalam giat bersama Bupati Blitar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES