Glutera News

10 Tanda Tubuh Kekurangan Omega3

Rabu, 07 September 2022 - 10:28 | 20.46k
10 Tanda Tubuh Kekurangan Omega3
Image: Glutera for Times Indonesia
Editor: Dhina Chahyanti

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Manfaat omega-3 untuk kesehatan tubuh tidak perlu diragukan lagi. Jenis asam lemak sehat ini tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan jantung dan otak, tetapi juga mengurangi risiko kanker. Secara umum, asam lemak omega 3 termasuk dalam jenis asam lemak yang penting bagi tubuh. Omega 3 tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga Anda harus memenuhi asupannya dari luar dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tersebut.

Berbagai jenis omega3

Berdasarkan manfaatnya, asam lemak omega 3 dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:

• EPA
EPA atau eicosapentaenoic acid berfungsi dalam menjaga sistem imunitas, mencegah peradangan, bahkan meringankan gejala depresi.
• DHA
DHA atau docosahexaenoic acid merupakan salah satu komponen utama yang mendukung perkembangan serta pertumbuhan otak dan sistem saraf.
• ALA
ALA atau alpha-linolenic acid merupakan bentuk paling sederhana dari asam lemak omega 3. Senyawa satu ini dapat diubah menjadi EPA atau DHA, tetapi kemampuan tubuh untuk membentuk EPA dan DHA dari ALA sangatlah kecil.

Manfaat omega3 bagi kesehatan tubuh

Omega-3 menjadi salah satu asupan nutrisi penting yang penting untuk dipenuhi. Tujuannya untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dari serangan berbagai penyakit. Berikut ini manfaatnya:

1. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Mengonsumsi ikan yang mengandung minyak ikan tinggi (omega-3), dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, dan stroke. Selain itu, mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3 secara rutin dapat mengurangi kadar trigliserida (lemak jahat) dalam darah.

2. Menjaga Kesehatan Mata 

Mengonsumsi ikan dengan kandungan omega-3 sebanyak dua kali dalam seminggu, dinilai dapat mengurangi risiko degenerasi makula karena faktor usia. Degenerasi makula sendiri merupakan gangguan penglihatan pada orang tua, sehingga pandangan terlihat buram. Kondisi tersebut tentu akan memengaruhi kemampuan membaca, menyetir, menulis, atau mengenali wajah.

3. Mencegah Demensia

Manfaat omega-3 juga selanjutnya adalah mencegah demensia, atau gangguan daya ingat, berpikir, dan berperilaku. Jika dikonsumsi secara rutin, omega-3 dapat menunjang perkembangan kognitif otak, meningkatkan aliran darah dan pembentukan sel baru, mengurangi depresi, serta mencegah demensia sejak dini.

4. Menjaga Kesehatan Mental

Manfaat omega-3 diketahui baik untuk kesehatan otak. Namun, asam lemak esensial ini juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mental seseorang. Kandungan di dalamnya dapat membantu meningkatkan kelancaran aliran darah di otak, sehingga gejala depresi dan kecemasan dapat diatasi. Bukan itu saja, kandungan dalam omega-3 juga dapat memperbaiki suasana hati seseorang.

5. Meredakan Arthritis

Terakhir, manfaat omega-3 juga diklaim dapat mengurangi nyeri sendi pada arthritis. Jika mengonsumsi minyak ikan ini secara teratur selama 3 bulan berturut-turut, maka risiko nyeri sendi dapat diturunkan. Omega-3 juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh para pengidap rheumatoid arthritis, sehingga persentase kesembuhan bisa meningkat. 

Kebutuhan omega3 sesuai usia

Pada dasarnya, kebutuhan omega 3 setiap orang berbeda-beda tergantung usia dan jenis kelamin. Berikut ini adalah kebutuhan omega 3 yang perlu Anda ketahui:
• Bayi dan anak-anak: 500–900 mg per hari
• Pria dewasa: 1600 mg per hari
• Wanita dewasa: 1100 mg per hari

Perlu dicatat bahwa kebutuhan omega 3 pada wanita dapat berubah sesuai kondisinya. Saat hamil, kebutuhan omega 3 wanita meningkat menjadi 1400 mg per hari. Sementara saat menyusui, kebutuhan omega 3 wanita menjadi 1300 mg per hari.

Glutera-Gejala-Tbuh.jpg

Tanda-tanda tubuh kekurangan omega3

Meskipun tidak semua indikator defisiensi omega3 terlihat—seperti peradangan kronis dan masalah jantung—ada beberapa cara umum yang ditunjukkan oleh tubuh Anda bahwa kekurangannya. 

1. Kemampuan otak berkurang

Hal pertama yang mungkin Anda rasakan saat kekurangan asupan Omega 3 yaitu daya ingat akan mengalami penurunan dan Anda pun akan jadi sulit berkonsentrasi karena otak kekurangan energi. Hal itu dikarenakan omega 3 ini berhubungan langsung dengan otak. Jika otak kekurangan energi maka otak tidak mampu berfungsi dengan baik. Kinerja organ yang dipengaruhi oleh otak pun akan mudah terganggu.

2. Mudah terkena nyeri tulang 

Tanda-tanda kekurangan omega3 selanjutnya adalah timbulnya penyakit tulang. Omega3 memiliki kalsium penting yang sangat baik untuk kesehatan tulang dan dapat membuat tulang menjadi kuat. Kekurangan zat ini dapat membuat tulang Anda rapuh, terutama tulang pada bagian belakang.

3. Muncul masalah pada sirkulasi darah

Kekurangan Omega3 dapat menghambat sirkulasi darah. Hal ini dapat mengakibatkan gangguan pada pembentukan sel-sel darah merah. Dampaknya pun sangat beragam seperti tubuh mudah lelah, pembengkakan tubuh bagian bawah, kram, gangguan jantung dan varises.

4. Iritasi kulit, ruam, atau jerawat

Asam lemak membantu menjaga membran sel tetap sehat, termasuk membantu mempertahankan kelembapan. Jadi kulit kering bisa menjadi tanda peringatan dini bahwa Anda tidak cukup mengonsumsi omega3 untuk mewujudkannya. 

Bahkan ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa suplemen omega3 dapat membantu dengan kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis karena ini, dan kemampuannya untuk mengurangi peradangan dalam tubuh. Dan peningkatan jerawat juga merupakan gejala rendahnya kadar omega3; itu diyakini disebabkan oleh peningkatan peradangan juga.

5. Rambut rapuh/menipis

Mirip dengan kulit Anda, jika rambut Anda mulai menjadi kering, kusam, keriting, dan ujungnya mulai bercabang—atau mulai rontok—ini semua bisa menjadi tanda kekurangan omega3, menurut Figueroa. Penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen omega3 telah mengurangi kerontokan rambut pada wanita.

6. Nyeri dan kekakuan sendi

Karena omega3 menghasilkan respons anti-inflamasi dalam tubuh, diyakini bahwa nyeri dan kekakuan sendi, terutama jenis yang disebabkan oleh peradangan seperti rheumatoid arthritis (RA), bisa menjadi tanda kekurangan omega3. Dan penelitian telah menemukan bahwa suplementasi yang tepat meredakan gejala bagi penderita RA dan nyeri sendi yang terkait dengan lupus.

7. Brain fog dan hilangnya fungsi kognitif

“Beberapa petunjuk bahwa Anda tidak mendapatkan cukup omega3 termasuk kesulitan berkonsentrasi atau masalah memori,” kata ahli diet Maya Feller. Penyakit Alzheimer dan demensia juga telah dikaitkan dengan defisiensi omega-3.

8. Depresi

Kadar asam lemak omega3 yang rendah juga berhubungan dengan depresi, serta gangguan kejiwaan lainnya seperti gangguan bipolar, skizofrenia, dan gangguan pemusatan perhatian (ADHD), menurut penelitian.

9. Mata kering

Sekitar 14 persen dari semua orang dewasa AS menderita mata kering, yang setidaknya sebagian disebabkan oleh peradangan. Dalam sebuah penelitian besar terhadap wanita berusia 45 hingga 84 tahun, mereka yang memiliki tingkat asupan omega3 tertinggi mengalami penurunan 17 persen pada mata kering.

10. Kelelahan

Baik Feller dan Figueroa mencatat bahwa kelelahan adalah tanda umum defisiensi omega3, dan penelitian yang dilakukan tentang efek suplementasi omega3 pada lupus (yang ditandai dengan nyeri sendi dan kelelahan), menemukan bahwa asam lemak omega3 mampu untuk meredakan kedua gejala tersebut.

Bila mengalami beberapa tanda di atas, coba perbaiki pola makanmu dengan memperbanyak asupan omega3. 

Itulah beberapa penjelasan penting tentang manfaat Omega 3 dan juga tanda-tanda apabila kekurangan zat ini. Setelah membaca beberapa informasi tersebut, Anda pun tentu telah mengetahui pentingnya konsumsi Omega3

Jadi, mulai saat ini jangan ragu untuk mengkonsumsi bahan makanan yang memiliki kandungan zat tersebut.(*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Rochmat Shobirin

EKORAN

TERBARU

  • Soundquriang 9 Padukan Hiburan, Promosi Budaya Indonesia dan Konser Amal
    Soundquriang 9 Padukan Hiburan, Promosi Budaya Indonesia dan Konser Amal
    28/09/2022 - 12:47
  • Inilah Makna Dada Madopo Malomo,  Gelar Presiden RI Jokowi dari Kesultanan Ternate
    Inilah Makna Dada Madopo Malomo, Gelar Presiden RI Jokowi dari Kesultanan Ternate
    28/09/2022 - 12:33
  • Momen Bersejarah Kunjungan KRI Bima Suci di Kota Cairns Australia
    Momen Bersejarah Kunjungan KRI Bima Suci di Kota Cairns Australia
    28/09/2022 - 12:25
  • Cha Eun Woo dan Han So Hee Muncul dalam Poster Webtun The Villainess Is A Marionette
    Cha Eun Woo dan Han So Hee Muncul dalam Poster Webtun The Villainess Is A Marionette
    28/09/2022 - 12:12
  • Ranking FIFA, Timnas Indonesia Naik Dua Peringkat Usai Libas Curacao
    Ranking FIFA, Timnas Indonesia Naik Dua Peringkat Usai Libas Curacao
    28/09/2022 - 11:55

TIMES TV

Jelajah Kopi Nusantara: Kopi Taji Dulu Kini dan Nanti

Jelajah Kopi Nusantara: Kopi Taji Dulu Kini dan Nanti

11/08/2022 - 17:08

Aremania Jemput Juara Piala Presiden 2022

Aremania Jemput Juara Piala Presiden 2022
Mengenang Sejarah Nabi di Jabal Uhud

Mengenang Sejarah Nabi di Jabal Uhud
Friendly Match PSIS vs Arema FC, Suporter Nyanyi ke Stadion Lagi

Friendly Match PSIS vs Arema FC, Suporter Nyanyi ke Stadion Lagi
Petugas Haji Gelar Gladi Posko, Siap Sambut JCH Indonesia

Petugas Haji Gelar Gladi Posko, Siap Sambut JCH Indonesia

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Politik Identitas Jujur vs Palsu 
    Politik Identitas Jujur vs Palsu 
    28/09/2022 - 08:44
  • Metamorfosa Asimetris
    Metamorfosa Asimetris
    27/09/2022 - 17:58
  • Gotong-Royong Menyempurnakan RUU Sisdiknas
    Gotong-Royong Menyempurnakan RUU Sisdiknas
    27/09/2022 - 07:03
  • Korupsi Pendidikan Indonesia
    Korupsi Pendidikan Indonesia
    26/09/2022 - 13:16
  • Penegakan Hukum; Problem Struktur Hukum dan Etika Profesi
    Penegakan Hukum; Problem Struktur Hukum dan Etika Profesi
    25/09/2022 - 11:17
  • Demam Sound Horeg dan Kebangkitan Ekonomi Kerakyatan
    Demam Sound Horeg dan Kebangkitan Ekonomi Kerakyatan
    25/09/2022 - 09:13
  • Nasib Petani Tanaman Pangan Kita
    Nasib Petani Tanaman Pangan Kita
    25/09/2022 - 01:29
  • Misi Kesejahteraan Guru dalam RUU SISDIKNAS
    Misi Kesejahteraan Guru dalam RUU SISDIKNAS
    24/09/2022 - 15:32

KULINER

  • Ulen Juara, Jajanan Tradisional Rasa Kekinian
    Ulen Juara, Jajanan Tradisional Rasa Kekinian
    26/09/2022 - 16:32
  • BBQ Seafood Luminor Hotel Jember, Menu Hasil Laut yang Menggugah Selera
    BBQ Seafood Luminor Hotel Jember, Menu Hasil Laut yang Menggugah Selera
    26/09/2022 - 10:01
  • Menikmati Sorabi Legendaris Abah Rahman di Alun-Alun Kota Banjar
    Menikmati Sorabi Legendaris Abah Rahman di Alun-Alun Kota Banjar
    25/09/2022 - 15:42
  • Pecel Mbok Marem, Menu Sarapan Legendaris di Kabupaten Blitar 
    Pecel Mbok Marem, Menu Sarapan Legendaris di Kabupaten Blitar 
    25/09/2022 - 06:39
  • Resep Potato Cheese Bread Ala Korea yang Tengah Viral
    Resep Potato Cheese Bread Ala Korea yang Tengah Viral
    25/09/2022 - 05:01