Glutera News

10 Manfaat Latihan Barbell untuk Wanita

Selasa, 06 September 2022 - 10:25 | 16.00k
10 Manfaat Latihan Barbell untuk Wanita
Image: Glutera for Times Indonesia
Editor: Dhina Chahyanti

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Angkat beban adalah salah satu olahraga yang identik dengan pria. Padahal, gerakan ini juga dapat memberikan manfaat pada wanita. Saat dilakukan secara rutin, ada banyak manfaat dari angkat beban untuk kesehatan.

Ada banyak alternatif olahraga yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan. Salah satu olahraga yang dapat dilakukan adalah angkat beban. 

Namun, banyak wanita yang tidak ingin melakukan olahraga ini karena beranggapan jika otot-ototnya dapat sebesar pria, padahal kenyataannya tidak. Selain itu, ada banyak manfaat dari angkat beban yang dapat dirasakan.

Barbel adalah salah satu alat angkat beban paling penting yang digunakan untuk olahraga melatih otot lengan dan otot tubuh. Dari sisi ukuran, barbel memiliki berbagai macam ukuran, mulai dari yang kecil sampai besar. Tentu saja harus disesuaikan dengan kemampuan dan tujuan berlatih setiap orang.

Dengan berlatih angkat barbel Anda dapat membuat otot inti dan otot yang lainnya semakin kuat dalam waktu yang relatif cepat. Namun, perlu diingat bahwa dibutuhkan postur dan cara angkat barbel dengan teknik yang baik dan benar.

Awal mula barbell digunakan secara luas 

Pada awalnya barbell dibuat untuk dijadikan sebuah alat rehabilitasi cidera. Namun, seiring berkembangnya jaman dan diadaptasinya barbell menjadi sebuah alat olahraga. Kepopuleran barbell sendiri akhirnya menyaingi saudaranya yaitu dumbbell dalam kesertaannya di Olimpiade.

Barbell kemudian secara masif diproduksi oleh seorang Jerman bernama Kasper Berg yang berniat untuk mensuplai Olimpiade Jerman pada tahun 1928. Pasca Olimpiade tersebut, konsep Kasper Berg diadopsi oleh seorang pembuat barbell tradisional dari Amerika yaitu York Barbell sampai pada akhirnya barbell dipasarkan secara luas ke publik.

Hingga sekarang, barbell digunakan hampir diseluruh pusat kebugaran untuk segala tujuan mulai pembentukan otot, pembakaran lemak ataupun olahraga profesional seperti angkat besi dan angkat berat.

Manfaat angkat barbel bagi tubuh  

Latihan angkat barbel terdiri dari gerakan-gerakan sederhana yang dibantu dengan penambahan beban. Tujuannya adalah untuk melatih tubuh, dalam rangka meningkatkan massa dan ketahanan otot. Berikut adalah ragam manfaat angkat barbel untuk kebugaran tubuh.

1.    Mencegah keropos tulang

Keropos tulang atau osteoporosis merupakan penyakit yang ditimbulkan karena menurunkan kepadatan tulang. Ini bisa terjadi karena pengaruh rendahnya konsumsi kalsium, hingga lemahnya kekuatan otot karena tak dilatih dengan tepat.

Jika sebelumnya osteoporosis identik dialami oleh orang-orang berusia lanjut, maka saat ini Anda harus mulai waspada. Sebab ternyata gejala kerapuhan tulang sudah dimulai sejak usia yang muda.
Angkat barbel merupakan salah satu jenis olahraga yang mencakup latihan otot dan tulang.

Membiasakan latihan beban secara berkala dan tepat ternyata terbukti mampu menjaga kepadatan tulang, sekaligus menghindarkannya dari kerapuhan.

2.    Meningkatkan ketahanan tubuh

Pernahkah Anda menyadari, saat baru memulai mencoba olahraga badan akan terasa sangat cepat lelah? Baru melakukan pemanasan sebentar, rasanya sudah ngos-ngosan dan tak mampu melakukan repetisi dalam jumlah banyak.

Namun seiring bertambahnya jam olahraga, ternyata kelelahan Anda semakin berkurang, dan repetisi gerakannya bisa terus ditingkatkan. 

Nah, inilah yang dimaksudkan dengan bertambahnya ketahanan tubuh. Yaitu ketika tubuh dapat melakukan gerakan dan aktifitas dengan kuantitas yang lebih tinggi, tanpa merasa kelelahan.

Manfaat mengangkat beban dengan rutin mampu membantu membentuk kekuatan tubuh, dengan cara membantu latihan kardio dan peningkatan massa otot.

3.    Melatih kemampuan olahraga

Pernahkah Anda mencoba berolahraga santai, namun ternyata mengalami keseleo? Atau mungkin Anda mencoba gerakan-gerakan olahraga baru, namun ternyata tubuh belum terbiasa, sehingga mengakibatkan terjatuh dan oleng?

Dua gejala ini dapat menjadi petunjuk tentang rendahnya kemampuan tubuh Anda dalam melakukan olahraga.

Singkatnya, dapat dikatakan bahwa badan yang tak terbiasa melakukan olahraga memiliki resiko cedera yang lebih tinggi dibandingkan dengan tubuh yang sudah terbiasa melakukan latihan rutin.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindarinya adalah dengan rutin melakukan latihan angkat beban.

Tujuannya adalah perlahan-lahan melatih tubuh untuk bergerak dan menopang beban.

Nantinya, dua hal ini akan memberikan efek baik bagi tubuh, dengan sensasi yang terasa nyaman saat bergerak dan berolahraga.

Sehingga tubuh tak gampang mengalami cidera saat berada dalam aktifitas yang intensitasnya berbeda.

4.    Menyehatkan jantung

Apakah kesehatan jantung ada kaitannya dengan kapasitas tubuh dalam berolahraga? Jawabannya adalah iya.

Kesehatan jantung dapat dipengaruhi oleh beberapa hal. Pertama, kadar kolesterol atau lemak jahat dalam tubuh.

Kedua, tekanan darah, dan yang ketiga adalah tingkat kelancaran sirkulasi darah yang dipompa ke seluruh tubuh.

Selain dengan konsumsi makanan yang sehat dan pola hidup yang tepat, ketiga aspek ini mampu dibantu peningkatannya dengan melakukan olahraga yang rutin, salah satunya dengan mengangkat beban barbel.

Karena itu, tak mengherankan jika manfaat angkat barbel menjadikan Anda merasa lebih bugar, badan lebih ringan, dan lebih berenergi untuk menjalankan kegiatan setiap hari.

5.    Mencegah terjadinya cidera tulang

Manfaat ini ada kaitannya dengan penjelasan kerapuhan tulang sebelumnya.

Ternyata selain menjauhkan diri dari gejala osteoporosis, manfaat angkat beban yang teratur juga mampu meningkatkan kekuatan tulang sehingga tak gampang cidera.

Hal ini termasuk cidera dalam bentuk tulang retak dan patah.

Namun perlu diperhatikan, olahraga mengangkat beban bukan hanya dinilai dari seberapa berat beban yang bisa dipikul. Melainkan seberapa pas beban tersebut dengan konsisi tubuh.

Karena itu, usahakan menaikkan berat barbel secara bertahap, dan jangan dipaksa dengan bobot yang berlebihan ketika baru memulai.

6.    Meningkatkan pembakaran kalori

Dalam olahraga, terdapat efek yang dinamakan sebagai afterburn. Yaitu kondisi dimana tubuh bereaksi terhadap gerakan dan beban yang diterima selama berolahraga, dengan cara membakar lemak dan kalori yang tertimbun dalam tubuh.

Efek pembakaran ini bisa diterima dengan baik dari kegiatan angkat beban yang teratur.

Gerakan angkat beban bukan hanya terfokus pada tubuh bagian atas saja, melainkan memberikan efek signifikan juga pada ketahanan otot di tubuh bagian bawah.

Karena itu pembakaran kalori akan terjadi secara merata, di seluruh bagian tubuh.

7.    Mengatasi nyeri sendi

Nyeri di bagian persendian merupakan salah satu permasalahan yang bisa menghambat aktifitas sehari-hari.

Penyakit ini bisa dikondisikan dengan mengonsumsi obat yang tepat, dan dibantu dengan olahraga angkat beban yang teratur.

Manfaat angkat barbel adalah untuk melatih bagian otot dan sendi Anda, sehingga tidak kaku dalam bergerak. Selain itu, olahraga angkat beban juga mampu meningkatkan kekuatan tulang dan otot, sehingga bisa mengatasi nyeri persendian.

Sebagai catatan, awali olahraga angkat beban dengan pemanasan selama 5 hingga 10 menit terlebih dulu.

Tujuannya adalah untuk menyiapkan otot dan persendian anda untuk melakukan kegiatan baru. Selain itu, usahakan memilih beban dengan bobot rendah, agar tidak memberikan beban yang berlebihan terhadap persendian.

8.    Menjaga kadar gula darah

Tahukah Anda bahwa dalam badan manusia terdapat pasukan yang disebut sebagai otot putih?
Otot putih ini dikembangkan dengan cara melakukan olahraga angkat beban yang teratur. Perannya untuk tubuh sangat penting, sebab berkaitan erat dengan kadar gula darah dalam tubuh.

Dalam melakukan tugasnya, otot putih ini perlu energi dari gula darah. Karena itu, makin bagus perkembangan otot putih, maka kapasitas gula darah dalam tubuh juga akan menjadi makin bagus.

9.    Meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres

Berlatih angkat beban juga akan membuat suasana hari menjadi lebih baik. Pasalnya, olahraga akan mendorong pelepasan hormon endorfin. Hormon ini berperan dalam meningkatkan suasana hati, mencegah rasa sakit, dan melawan depresi.

10.    Meningkatkan fungsi otak

Dampak positif lainnya dari kegiatan angkat barbel adalah membantu tubuh dalam memproduksi sejumlah hormon, termasuk hormon IGF-1. Hormon IGF-1 ini berperan penting dalam mengoptimalkan fungsi kognitif otak. Dalam sebuah studi, dikatakan bahwasanya seseorang dengan otot yang kuat memiliki tingkat fungsi kognitif otak yang cukup tinggi.

Seberapa penting wanita perlu latihan beban? 

The Physical Activity Guidelines for Americans merekomendasikan hal-hal berikut dalam melakukan latihan ketahanan untuk setiap kelompok otot utama:
•    Lakukan latihan setidaknya 2 hari per minggu. Semakin sering dilakukan, maka kesempatan untuk merasakan manfaatnya akan datang lebih cepat.
•    Istirahat selama 24 hingga 48 jam antara latihan berat kelompok otot tertentu harus dilakukan untuk memulihkan tubuh dan membangun kembali jaringan otot akibat rangsangan mengangkat atau menahan beban.
•    Tambahkan setidaknya 150 menit latihan kardio intensitas ringan hingga sedang atau 75 menit latihan intensitas tinggi. Aktivitas kardiovaskular akan meningkatkan kesehatan jantung dan dapat membantu keseimbangan energi.

Beberapa wanita takut tubuhnya terlihat menyerupai pria, kenyataannya hal ini tidak akan bisa. Latihan angkat beban hanya dapat meningkatkan massa otot dan memperbaiki komposisi tubuh.
Itulah beberapa manfaat angkat beban yang dapat kamu rasakan pada tubuh. Jika semua manfaat yang diberikan oleh olahraga ini adalah yang kamu inginkan, jangan ragu untuk memulainya. Lakukan secara perlahan asalkan rutin agar tubuh tidak kaget dan manfaatnya dapat dirasakan. (*)

Be everlasting with glutera

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Rochmat Shobirin

EKORAN

TERBARU

  • Inilah Makna Dada Madopo Malomo,  Gelar Presiden RI Jokowi dari Kesultanan Ternate
    Inilah Makna Dada Madopo Malomo, Gelar Presiden RI Jokowi dari Kesultanan Ternate
    28/09/2022 - 12:33
  • Cha Eun Woo dan Han So Hee Muncul dalam Poster Webtun The Villainess Is A Marionette
    Cha Eun Woo dan Han So Hee Muncul dalam Poster Webtun The Villainess Is A Marionette
    28/09/2022 - 12:12
  • Ranking FIFA, Timnas Indonesia Naik Dua Peringkat Usai Libas Curacao
    Ranking FIFA, Timnas Indonesia Naik Dua Peringkat Usai Libas Curacao
    28/09/2022 - 11:55
  • ‎Usai Pandemi, Minat Umrah Warga Majalengka Meningkat
    ‎Usai Pandemi, Minat Umrah Warga Majalengka Meningkat
    28/09/2022 - 11:35
  • DPRD Tidore Kepulauan Sahkan Tiga Ranperda Jadi Perda
    DPRD Tidore Kepulauan Sahkan Tiga Ranperda Jadi Perda
    28/09/2022 - 11:23

TIMES TV

Jelajah Kopi Nusantara: Kopi Taji Dulu Kini dan Nanti

Jelajah Kopi Nusantara: Kopi Taji Dulu Kini dan Nanti

11/08/2022 - 17:08

Aremania Jemput Juara Piala Presiden 2022

Aremania Jemput Juara Piala Presiden 2022
Mengenang Sejarah Nabi di Jabal Uhud

Mengenang Sejarah Nabi di Jabal Uhud
Friendly Match PSIS vs Arema FC, Suporter Nyanyi ke Stadion Lagi

Friendly Match PSIS vs Arema FC, Suporter Nyanyi ke Stadion Lagi
Petugas Haji Gelar Gladi Posko, Siap Sambut JCH Indonesia

Petugas Haji Gelar Gladi Posko, Siap Sambut JCH Indonesia

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Politik Identitas Jujur vs Palsu 
    Politik Identitas Jujur vs Palsu 
    28/09/2022 - 08:44
  • Metamorfosa Asimetris
    Metamorfosa Asimetris
    27/09/2022 - 17:58
  • Gotong-Royong Menyempurnakan RUU Sisdiknas
    Gotong-Royong Menyempurnakan RUU Sisdiknas
    27/09/2022 - 07:03
  • Korupsi Pendidikan Indonesia
    Korupsi Pendidikan Indonesia
    26/09/2022 - 13:16
  • Penegakan Hukum; Problem Struktur Hukum dan Etika Profesi
    Penegakan Hukum; Problem Struktur Hukum dan Etika Profesi
    25/09/2022 - 11:17
  • Demam Sound Horeg dan Kebangkitan Ekonomi Kerakyatan
    Demam Sound Horeg dan Kebangkitan Ekonomi Kerakyatan
    25/09/2022 - 09:13
  • Nasib Petani Tanaman Pangan Kita
    Nasib Petani Tanaman Pangan Kita
    25/09/2022 - 01:29
  • Misi Kesejahteraan Guru dalam RUU SISDIKNAS
    Misi Kesejahteraan Guru dalam RUU SISDIKNAS
    24/09/2022 - 15:32

KULINER

  • Ulen Juara, Jajanan Tradisional Rasa Kekinian
    Ulen Juara, Jajanan Tradisional Rasa Kekinian
    26/09/2022 - 16:32
  • BBQ Seafood Luminor Hotel Jember, Menu Hasil Laut yang Menggugah Selera
    BBQ Seafood Luminor Hotel Jember, Menu Hasil Laut yang Menggugah Selera
    26/09/2022 - 10:01
  • Menikmati Sorabi Legendaris Abah Rahman di Alun-Alun Kota Banjar
    Menikmati Sorabi Legendaris Abah Rahman di Alun-Alun Kota Banjar
    25/09/2022 - 15:42
  • Pecel Mbok Marem, Menu Sarapan Legendaris di Kabupaten Blitar 
    Pecel Mbok Marem, Menu Sarapan Legendaris di Kabupaten Blitar 
    25/09/2022 - 06:39
  • Resep Potato Cheese Bread Ala Korea yang Tengah Viral
    Resep Potato Cheese Bread Ala Korea yang Tengah Viral
    25/09/2022 - 05:01