Peristiwa Internasional

Pria Jepang Ini Dibayar Mahal Per Jam untuk Menemani Tanpa Lakukan Apa-apa

Selasa, 06 September 2022 - 09:46 | 18.33k
Pekan lalu, Shoji Morimoto duduk berseberangan meja dengan Aruna Chida, seorang analis data berusia 27 tahun yang mengenakan sari, dan terlibat dalam percakapan yang jarang, sambil minum teh dan kue.(FOTO: Reuters)
Pekan lalu, Shoji Morimoto duduk berseberangan meja dengan Aruna Chida, seorang analis data berusia 27 tahun yang mengenakan sari, dan terlibat dalam percakapan yang jarang, sambil minum teh dan kue.(FOTO: Reuters)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Shoji Morimoto, 38, penduduk kota Tokyo, Jepang ini barangkali menjadi pria yang diimpikan oleh banyak orang di dunia, yakni dibayar tetapi tidak melakukan apa-apa.

Ia memasang tarif 10.000 yen ($71) atau sekitar Rp 1 jutaan perjam untuk menemani klien-kliennya, dan hanya sebagai pendamping. ($ 1 = 140,25 yen)

"Pada dasarnya, saya menyewakan diri saya sendiri. Tugas saya adalah berada di tempat yang diinginkan klien saya dan tidak melakukan sesuatu yang istimewa," kata Morimoto seperti yang ia ungkapkan kepada Reuters.

Ia menambahkan bahwa dia telah menangani sekitar 4.000 sesi selama empat tahun terakhir ini.

Dengan tubuh kurus dan penampilan rata-rata, Morimoto sekarang memiliki hampir seperempat juta pengikut di Twitter, tempat ia menemukan sebagian besar kliennya. Sekitar seperempat dari mereka adalah pelanggan tetap, termasuk satu yang mempekerjakannya 270 kali.

Pekerjaannya membawanya ke sebuah taman dengan seseorang yang ingin bermain jungkat-jungkit. Dia juga berseri-seri dan melambai melalui jendela kereta api pada orang asing yang menginginkan selamat tinggal.

Tidak melakukan apapun bukan berarti Morimoto akan bisa melakukan apapun. Dia tegas menolak tawaran untuk mengangkut lemari es dan pergi ke Kamboja serta tidak menerima permintaan yang bersifat seksual.

Pekan lalu, Morimoto duduk berseberangan meja dengan Aruna Chida, seorang analis data berusia 27 tahun yang mengenakan sari, dan terlibat dalam percakapan yang jarang, sambil minum teh dan kue.

Chida ingin mengenakan pakaian India di depan umum tetapi takut akan mempermalukan teman-temannya. Jadi dia meminta bantuan Morimoto.

"Dengan teman-teman saya, saya merasa perlu menghibur mereka, tetapi dengan penyewa (Morimoto), saya tidak merasa perlu untuk mengobrol," katanya.

Sebelum Morimoto menemukan panggilannya yang sebenarnya, dia bekerja di sebuah perusahaan penerbitan dan sering dimarahi karena 'tidak melakukan apa-apa'.

"Saya mulai bertanya-tanya apa yang akan terjadi jika saya menawarkan kemampuan saya untuk tidak melakukan apa pun sebagai layanan kepada klien," katanya.

Bisnis perusahaan sekarang menjadi satu-satunya sumber pendapatan Morimoto, yang dengannya dia menghidupi istri dan anaknya. 

Meskipun dia menolak untuk mengungkapkan berapa banyak yang dia hasilkan, dia mengatakan dia melihat sekitar satu atau dua klien sehari. Sebelum pandemi, itu tiga atau empat hari.

Menghabiskan hari Rabu di Tokyo tanpa melakukan apa pun secara khusus, Morimoto merenungkan sifat aneh pekerjaannya dan tampaknya mempertanyakan masyarakat yang menghargai produktivitas dan mencemooh ketidakbergunaan.

"Orang cenderung berpikir bahwa 'tidak melakukan apa-apa' saya itu berharga karena berguna (bagi orang lain). Tapi tidak apa-apa untuk benar-benar tidak melakukan apa-apa. Orang tidak harus berguna dengan cara tertentu," kata Shoji Morimoto asal Tokyo, Jepang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES