Peristiwa Internasional

Belum Masuk Musim Dingin, Salju Turun di New Zealand

Selasa, 06 September 2022 - 11:00 | 268.94k
Salju yang turun di Dunedin, New Zealand Selasa (5/9/2022). (Foto: Jairo Suarez Carrillo)
Salju yang turun di Dunedin, New Zealand Selasa (5/9/2022). (Foto: Jairo Suarez Carrillo)

TIMESINDONESIA, NEW ZEALAND – Musim dingin di New Zealand yang ditandai dengan turunnya salju telah tiba. Kali ini musim yang juga dikenal dengan winter ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yakni disertai gelombang panas dan hujan serta banjir di beberapa daerah di negara tersebut.

Saat ini suhu di New Zealand berkisar antara 9.8 derajat celcius. Namun tetap saja, salju-salju tersebut turun di daerah New Zealand bagian Utara dan Selatan seperti Chirstchurch, Dunedin, dan Wellington.

Hal ini cukup mengejutkan karena memang sebelumnya musim dingin diperkirakan akan dimulai awal November. Biasanya di negara yang terkenal dengan buah kiwi nya ini pada bulan September masih mulai mengalami penurunan suhu.

"September (biasanya) suhu masih mulai dingin. Kami mendapatkan kiriman salju dari Antartika, udara dingin  yang tertiup dari Antartika berubah menjadi salju saat bertemu dengan dengan suhu di Chirstchurch dan Dunedin" ungkap Dan Corrigan, ahli meteorologi setempat seperti dilansir dari The Guardian.

Kejadian yang tak terduga ini membuat warga senang sekaligus khawatir. Turunnya salju ini tentunya membawa angin segar bagi cuaca panas di negara tersebut. Namun sebagian besar dari mereka  belum mempersiapkan diri mengghadapi sentakan suasana musim dingin.

Salju-New-Zealand-2.jpgSalju menutupi jalanan utama Dunedin, New Zealand Selasa (5/9/2022). (Foto: Jairo Suarez Carrillo)

Sebagai informasi, saat salju turun penduduk yang tinggal di daerah dengan musim dingin akan mempersiapkan berbagai kebutuhan mereka saat salju tiba. Mulai dari mengganti isi lemari dengan koleksi pakaian hangat, mempersiapkan alat penghangat ruangan, dan mengganti ban mobil khusus untuk berjalan di atas es.

Yang lebih menyenangkan lagi, salju yang turun di New Zealand ini juga menutupi sebagian daerah yang selama beberapa tahun ini tak mengalami musim dingin. Daerah-daerah tersebut seperti Canterbury bagian utara dan daerah pedesaan di Christchurch bagian utara.

Salju yang turun di New Zealand saat musim hangat ini memang cukup mengejutkan. Kini suhu negara yang terkenal dengan produk coklatnya ini berkisar antara 1,3 hingga 0.2 derajat celcius.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES