Gaya Hidup

Tape Singkong dan Resep Mudah Cara Membuatnya

Selasa, 06 September 2022 - 05:25 | 457.77k
Tampilan eksotis tape singkong. (Foto: Edgunn/Freepik) 
Tampilan eksotis tape singkong. (Foto: Edgunn/Freepik) 

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tapai atau tape singkong merupakan makanan tradisional yang mudah ditemukan di berabagi daerah di Indonesia. Makanan ini terbudat dari singkong yang difermentasi selama beberapa hari. Setelah difermentasi tape ini akan menghasilkan cairan alkohol yang manis namun tidak memabukkan.

Namun untuk mendapatkan cita rasa yang manis dan tekstur yang tepat dibutuhkan proses yang panjang. Namun, usaha dan penantian anda taka akan sia-sia setelh tape ini masak dan siap disantap. Nah, tanpa basa-basi, berikut resepnya.

Bahan-bahan:

  • 1 kg singkong
  • 2 butir ragi tape (hancurkan)
  • 6 lembar daun pisang

Cara membuat:

  1. Kupas singkong sampai bersih. Potong-poong sesuai selera. Cuci dengan air mengalir hingga tidak ada kotoran tersisa.
  2. Rebus singkong selama 20-30 menit. Tusuk singkong menggunakan lidi untuk mengetahui kadar kelunakannya. Jika sudah lunak atau empuk maka singkong anda sudah siap diangkat.
  3. Sisihkan singkong hingga benar-benar dingin.
  4. Gunakan sarung tangan plastik dan pencapit makanan untuk meindahkan singkong ke wadah atau loyang bersih yang sudah dialasi daun pisang.
  5. Usahakan tidak menyentuh singkong untuk menjaga kebersihan dan menghindarkan proses peragian terkontaminasi bakteri yang membuat proses peragian gagal.
  6. Taburkan ragi atas singkong hingga rata. Tutup kembali wadah dengan daun pisang. Segel dengan menggunakan plastik yang rapat.
  7. Simpan di tempat yang jauh dari jangkauan sinar matahari. Diamkan selama 2-3 hari. Dan tapaitape singkong anda yang manis sudah siap dinikmati.

Anda dapat  menyajikan tape singkong anda dengan cara langsung menyuguhkannya  begitu saja. Anda juga bisa menggorengnhya terlebih dahuu dengan cara melumurinya dengan tepung terigu yang sudah duicampur dengan air dan sedikit gula.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES