Gaya Hidup

Deretan Kampung Tematik Dunia yang Keindahannya Tak Kalah dari Kampung Warna-warni

Selasa, 06 September 2022 - 04:16 | 95.57k
Guatape, salah satu kampung warna-warni yang terletak  di Kolombia. (FOTO: Quasarphoto/Depositphotos) 
Guatape, salah satu kampung warna-warni yang terletak  di Kolombia. (FOTO: Quasarphoto/Depositphotos) 

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kampung tematik seperti Kampung Warna- warni atau Kampung 3D, serta Kampung Biru di Malang kini sudah menjamur hampir di berbagai belahan Indonesia. Namun tahukah anda bahwa di beberapa negara di dunia juga memiliki kampung-kampung tematik sejenis?

Nah, kampung-kampung ini dibangun dengan berbagai alasan masing-masing daerah. Ada yang karena ingin membuat kampung yang awalnya kumuh terlihat tampak lebih bersih dan terawat, ada pula yang memang dengan tujuan sebagai destinasi wisata.

Nah, kami akan mencoba memberikan anda beberapa daftar kampung tematik yang tak kalah cantiknya dengan kampung tematik yang ada di Indonesia, tentunya yang sudah menjadi jujugan wisatawan mancanegara. Simak daftarnya berikut:

1. Guatape, Kolombia

Guatape.jpg

Guatape merupakan sebuah kampung yang di cat warna warni di tengah perkotaan modern di Kolombia. Setiap sudut rumah di daerah ini dihiasi dengan zocalo atau ukiran dinding berbentuk bunga. Di daerah ini bisa ditemukan toko kue, rumah jahit, dan sebagainya.

Anda juga akan menemukan sekumpulan merpati di jalanan, domba yang sedang menyeberang, atua sekumppulan bunga matahri bermekaran dengan indah.

2. Clideside Expressway Mural Wall, Skotlandia

sudut-mural.jpgSalah satu sudut mural di Clideside Expressway Mural Wall, Skotlandia. (FOTO: Pengguna Atlas Obscura)

Tempat ini bertema lukisan mural yang dibuat oleh 25 artis dari seluruh penjuru dunia. Mereka melukis tempat ini selama 3 minggu. Anda bisa mengunjungi tempat ini sambi berjalan kaki, namun jika anda merasa capek, anda bia saja menyusuri jalan tersebut menggunakan mobil.

3. North Creek, New York

Jajaran-mosaik-cantik.jpgJajaran mosaik cantik di Main Street North Creek, New York. (FOTO: pengguna Atlas Obscura)

Kampung yang satu ini memiliki tema kampung mosaik. Deretan mosaik tersebut di tempel di dinding sepanjang 18 meter dengan tinggi 3 meter pada 12 tahun yang lalu. Proyek ini diinisiasi oleh Kate Hartley dengan bantuan sekitar 2000 sukarelawan untuk memasang mosaik tersebut.

Mosaik-mosaik yang ditempel menggambarkan kekgiatan luar ruangan dan beberapa gambar binatang lokal. Anda dapat menemukan tempat ini di Main Street atau jalan utama di North Creek dengan gratis tanpa dipungut biaya apapun.

4. Dongpirang, Korea Selatan

Beberapa-lukisan-mural.jpgBeberapa lukisan mural di Dongpirang, Korea Selatan. (FOTO: Atlas Obscura)

Terletak di atas bukit di daerah pasar Joongang tempat ini dapat dikunjungi siapapun tanpa dipungut biaya. Anda akan disuguhkan pemandangan indah perkotaan setempat dari daerah tersebut. Setiap tempat di daerah ini akanmemberikan anda sudut kamera yang bagus. Jadi pastikan batrai kamera atau hp anda penuh sebelum berangkat ke salah satu kampung tematik di dunia ini.

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES