Peristiwa Internasional

Liz Truss Menangkan Pemilihan Perdana Menteri Inggris

Senin, 05 September 2022 - 08:47 | 33.15k
Calon Perdana Menteri Inggris, Liz Truss yang harus terbang 1000 km ke Skotlandia untuk pelantikan dirinya oleh Ratu Elizabeth II, Senin (5/9/2022) hari ini.(FOTO A: EPA)
Calon Perdana Menteri Inggris, Liz Truss yang harus terbang 1000 km ke Skotlandia untuk pelantikan dirinya oleh Ratu Elizabeth II, Senin (5/9/2022) hari ini.(FOTO A: EPA)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hari ini, Inggris akan mengumumkan hasil resmi pemilihan Perdana Menteri dimana Liz Truss telah memenangkannya untuk menggantikan Boris Johnson yang telah mengundurkan diri.

Liz Truss bersaing dengan Rishi Sunak dalam pemilihan pemimpin baru dari Partai Konservatif Inggris ketika ia berhasil mencapai kursi Perdana Menteri.

Sementara itu Rishi Sunak mengisyaratkan akan mendukung pemerintahannya setelah ia kalah dalam persaingan itu.

Sunak juga mengatakan dia akan melanjutkan sebagai anggota parlemen jika dia tidak menjadi perdana menteri.

Namun, dia tidak menutup kemungkinan mencalonkan diri lagi menjadi pemimpin Partai Konservatif. Pemenang kontes untuk menggantikan Boris Johnson sebagai pemimpin akan diumumkan pada hari Senin (5/9/2022) hari ini.

Liz-Truss-b.jpgIstana Balmoral memiliki sejumlah adaptasi dalam beberapa tahun terakhir, termasuk Craigowan Lodge yang dilengkapi dengan lift ramah kursi roda tahun lalu. (FOTO: Reuters)

Pemungutan suara selama ini berlangsung di antara anggota partai. Dibawah sistem parlementer Inggris, partai atau koalisi terbesarlah yang membentuk pemerintahan, dan pemilihan umum tidak perlu diadakan ketika pemimpinnya diganti.

Pelantikan Perdana Menteri Inggris kali ini akan menjadi yang pertama dilakukan di luar Istana Buckingham yakni di idatana Balmoral tempat  Ratu Elizabeth II menghabiskan waktunya beberrapa bulan terakhir karena kondisi kesehatannya.

Jadi Liz Truss yang harus terbang ke Balmoral, Aberdeenshire, dataran tinggi Skotlandia yqnh terletak 1000 km dari London itu. Prosesi ini terjadi setelah 70 tahun Ratu Elizabeth II memimpin pemerintahan.

Balmoral adalah tempat tinggal favorit bagi Ratu Elizabeth II, yang dipakai menyambut keluarganya ke kastil selama bulan-bulan musim panas.

Dia telah tinggal di Craigowan Lodge itu sejak meninggalkan Kastil Windsor ke Skotlandia pada 21 Juli 2022. Itu terjadi setelah sebuah truk dengan furnitur difoto di luar Balmoral pada hari Sabtu setelah membawa furnitur dari Windsor.

Balmoral telah memiliki sejumlah adaptasi dalam beberapa tahun terakhir, termasuk Craigowan Lodge yang dilengkapi dengan lift ramah kursi roda tahun lalu. Gerbang keamanan baru, sistem interkom canggih, dan serangkaian kamera CCTV baru juga dipasang

Selama ini dalam tradisinya, Ratu Elizabeth II menunjuk Perdana Menteri tempatnya di istana Buckingham. Selama 70 tahun sudah 14 Perdana Menteri yang ditunjuk Ratu Elizabeth II dari ietana Buckingham.

Setelah ditunjuk Ratu Elisabeth IIsebagai Perdana Menteri Inggris, Selasa (6/9/2022) besok Liz Truss harus membentuk pemerintahan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES