Peristiwa Internasional

Pekerja Migran Indonesia Mainkan Angklung Iringi Lagu Wo Ai Ni di Hong Kong

Minggu, 04 September 2022 - 11:23 | 40.50k
Kelompok Saung Angklung and Tari memainkan angklung di salah satu taman umum di Hong Kong. (Foto: Tangkapan Layar) 
Kelompok Saung Angklung and Tari memainkan angklung di salah satu taman umum di Hong Kong. (Foto: Tangkapan Layar) 

TIMESINDONESIA, HONG KONG – Sekelompok Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang tergabung dalam kelompok Saung Angklung dan Tari memainkan angklung yang mengiringi lagu Wo Ai Ni di sebuah taman di Hong Kong. Penampilan mereka menarik perhatian publik yang melintasi area tersebut.

Kelompok yang dibentuk pada 31 Agustus 2014 ini memang sering melatih kemampuan mereka di taman terseebut. Acapkali warga lokal Hong Kong yang melihat penampilan mereka tertarik dan berhenti untuk sekedar menikmati.

Beberapa warga bahkan akan dengan meminta anggota grup untuk mengajarkanmereka cara bermain angklung. Tentunya para anggota grup dengan senang hati mengajarkan cara memainkan alat musik yang sudah di klaim sebagai warisan budaya bangsa oleh UNESCO ini pada pengunjung.

Grup ini juga sempat mendapatkan tawaran dari warga lokal untuk tampil diacara mereka sambil membawakan tradisi dan budaya Indonesia. Sekali dalam setahun mereka juga mengadakan konser dengan menampilkan angklung dan tarian kontemporer Indonesia.

Dalam acara tersebut mereka juga menggunakan berbagai atribut yang menunjukkan rasa nasionlisme mereka. Mulai dari baju kebaya hingga baju adat Kalimantan, Sulawesi, Bali dan beberapa daerah lainnya akan dipakai untuk memeriahkan acara tersebut.

"Saya bergabung sejak tahun 2021. Yang membuat saya ingin bergabung adalah angklung itu sangat istimewa buat saya, dengan suara musiknya yang sangat nyaman," ungkap Suci Suryati, Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Hong Kong dilansir dari video unggahan South China Morning Post.

Hingga kini, setidaknya kelompok Saung Angklung dan Tari memiliki 30 anggota tetap. Kesemuanya merupakan Pekerja Migran Indonesia yang memanfaatkan waktu luang mereka untuk lebih mencintai dan melestarikan budaya bangsa.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES