Peristiwa Internasional

India Luncurkan Kapal Induk Buatan Sendiri

Sabtu, 03 September 2022 - 06:59 | 76.25k
INS Vikrant adalah kapal induk pertama buatan India.(FOTO : CNN)
INS Vikrant adalah kapal induk pertama buatan India.(FOTO : CNN)

TIMESINDONESIA, JAKARTAIndia telah meluncurkan kapal induk pertamanya yang merupakan buatan sendiri, Jumat (2/9/2022) dengan nama INS Vikrant. Peluncuran digelar pada sebuah upacara di Galangan Kapal Cochin, negara bagian Kerala selatan India.

Vikrant berbobot mati 45.000 ton,  mendapat awalan INS (Kapal Angkatan Laut India) pada upacara peresmian resmi, yang dihadiri oleh Perdana Menteri Narendra Modi.

Kapal ini panjangnya 262m (860ft) dan tingginya hampir 60m (197ft). Ini merupakan kapal induk pertama yang dirancang dan dibangun sendiri oleh India dengan kapasitas bisa menampung 30 pesawat tempur dan helikopter.

Narendra Modi sampai-sampai menyebut kapal induk itu sebagai 'kota terapung' dan 'simbol potensi pribumi'. "Dengan INS Vikrant, India telah bergabung dengan daftar negara yang memproduksi kapal induk besar dengan teknologi asli. Ini telah mengisi negara dengan kepercayaan baru," katanya pada upacara commissioning.

Kapal induk India lainnya, INS Vikramaditya, mampu membawa lebih dari 30 pesawat.  Sebagai pembanding, kapal induk Inggris, HMS Queen Elizabeth Angkatan Laut Kerajaan Inggris bisa membawa sekitar 40 dan kapal induk kelas Nimitz Angkatan Laut AS bisa menampung lebih dari 60 pesawat.

Kini India bergabung dengan liga elit kekuatan angkatan laut dunia dengan menugaskan kapal induk pertama yang dibangun di dalam negeri, INS Vikrant ini.

Pembuatan Vikrant menelan biaya sekitar 200 miliar rupee ($ 2,5 miliar; £ 2,1 miliar), dan semula diharapkan akan dilantik menjadi angkatan laut pada tahun 2017. Namun tahap kedua pembangunannya itu dilanda penundaan.

India kini juga berada diantara sejumlah kecil negara yang memikiki lebih dari satu kapal induk atau kapal induk helikopter yang beroperasi dan menjadi negara ketiga, setelah Inggris dan China, yang telah menugaskan kapal induk buatan dalam negeri.

"Tujuannya mungkin sulit. Tantangannya mungkin besar. Tetapi ketika India mengambil keputusan, tidak ada tujuan yang mustahil," kata Modi lagi sebelum naik ke kapal induk dan membentangkan bendera angkatan laut baru negara itu.

"Hingga saat ini kapal induk jenis ini hanya dibuat oleh negara maju. Saat ini, India dengan memasuki liga ini telah mengambil satu langkah lagi untuk menjadi negara maju," kata Modi seraya menambahkan kawasan Indo-Pasifik tetap menjadi “prioritas keamanan utama bagi India.

INS Vikrant bergabung dengan kapal induk INS Vikramaditya, kapal induk era Soviet yang diperbaharui yang dibeli dari Rusia pada tahun 2004, dalam armada India.

INS Vikrant sedikit lebih kecil dari INS Vikramaditya dan kapal induk AS, Cina dan Inggris meskipun lebih besar dari Jepang. Tetapi para analis memuji potensi daya tembaknya.

Ketika sayap udaranya beroperasi penuh selama beberapa tahun ke depan, kapal induk INS Vikrant buatan India ini bisa membawa hingga 30 pesawat, termasuk jet tempur MiG-29K yang akan diluncurkan dari dek bergaya ski-ramp dan helikopter, serta sistem pertahanan termasuk rudal permukaan ke udara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES