Pendidikan

Prodi Bahasa Mandarin UM Selenggarakan Workshop untuk Persiapan Ujian HSK

Jumat, 02 September 2022 - 12:15 | 61.60k
Pelatihan HSK 4 & HSKK yang sedang berlangsung di Pusat Bahasa Mandarin UM pada Senin, 29 Agustus lalu. (FOTO: Liliana Wida/TIMES Indonesia)
Pelatihan HSK 4 & HSKK yang sedang berlangsung di Pusat Bahasa Mandarin UM pada Senin, 29 Agustus lalu. (FOTO: Liliana Wida/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Mempersiapkan mahasiswa  untuk melaksanakan ujian HSK (Hanyu Shuiping Kaoshi) dan HSKK (Hanyu Shuiping Kouyu Kaoshi), Universitas Negeri Malang menggelar kelas persiapan. Kelas yang dibimbing langsung oleh narasumber native yang berasal dari Tangshan College (Confucius Institute Tiongkok), Song Jiaxing Laoshi. 

HSK merupakan ujian kemampuan bahasa Mandarin yang digunakan untuk standarisasi kemahiran berbahasa Mandarin bagi penutur asing, seperti mahasiswa internasional, pendatang dari luar Tiongkok, dan anggota kelompok etnis minoritas di Tiongkok.

Ujian HSK terbagi menjadi enam level, level satu dengan tingkat kesulitan paling rendah, dan level enam dengan tingkat kesulitan paling tinggi, sedangkan HSKK merupakan ujian kemampuan bahasa Mandarin khusus untuk kemampuan berbicara.

Ujian HSKK terbagi menjadi tiga tingkat, yaitu tingkat dasar (初级 [chūjí]), tingkat menengah (中级 [zhōngjí]), dan tingkat lanjutan (高级 [gāojí]). 

Ujian HSK akan diikuti oleh mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Mandarin adalah HSK 4 dan HSKK tingkat menengah. Ujian tersebut akan dilaksanakan secara online pada Sabtu, 3 September 2022, sedangkan kelas persiapan dilaksanakan pada hari Senin dan Selasa, 29 - 30 Agustus 2022 di Pusat Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang dengan durasi 2 jam setiap kelasnya, yaitu pukul 13:00 – 15:00. 

Pada hari pertama, mahasiswa menerima materi mengenai HSK 4, seperti kosakata, gramatika, dan cara mengerjakan soal HSK saat ujian. Song Laoshi dan mahasiswa juga bersama-sama membahas contoh soal ujian HSK 4 yang ditampilkan dosen di depan kelas menggunakan LCD Proyektor. Antusiasme mahasiswa dalam kelas persiapan hari pertama terlihat sangat tinggi.

Mandarin-UM-2.jpgSesi foto bersama peserta dan pengajar. (FOTO: Liliana Wida/ TIMES Indonesia)

Pada hari kedua, dilaksanakan kelas persiapan HSKK. Dalam pelaksanaan kelas persiapan hari kedua, mahasiswa juga menerima materi mengenai cara mengerjakan soal HSKK, yang terbagi menjadi tiga tahap, yaitu mendengar dan mengulang kalimat, mendeskripsikan gambar, dan menjawab pertanyaan.

Pada tahap mendengar dan mengulang kalimat, Song Laoshi memberikan kalimat yang diucapkan dalam contoh soal HSKK, lalu setiap mahasiswa diperintahkan untuk mengulanginya. Teknik tersebut digunakan dengan tujuan agar Song Laoshi mengetahui dengan jelas setiap kata dan nada yang diucapkan oleh setiap mahasiswa.

Kelas persiapan HSK dan HSKK di hari kedua diakhiri dengan sesi foto bersama antara mahasiswa dengan narasumber. Kelas persiapan yang telah dilaksanakan selama dua hari tersebut memberikan kesan yang menyenangkan, tidak hanya bagi mahasiswa, tetapi bagi Song Loashi, selaku narasumber native.

“Saya harap kelas persiapan ini bisa membantu mahasiswa dalam menghadapi ujian dan semoga ke depannya mahasiswa selalu semangat dalam belajar bahasa Mandarin,” ujar Song Laoshi, saat diwawancarai Selasa (30/8/2022). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES