Entertainment

Kenal Musik Sejak 12 Tahun, Ini Profil Fariz RM Pengisi Senggigi Sunset Jazz 2022

Jumat, 02 September 2022 - 12:08 | 85.19k
Sosok Fariz RM. (Foto: ANTARA)
Sosok Fariz RM. (Foto: ANTARA)

TIMESINDONESIA, LOMBOK BARAT – Persiapkan diri Anda untuk menikmati Senggigi Sunset Jazz yang akan diselenggarakan pada 5-6 November 2022 di Pantai Krandangan, Lombok Barat. Konser jazz terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ini bakal menampilkan puluhan musisi ternama, salah satunya Fariz RM.

Fariz RM mempunyai nama lengkap Fariz Rustam Munaf, ia merupakan seorang pemusik kelahiran Jakarta, 5 Januari 1959. 

Ia mulai terjun di dunia musik sejak  berumur 12 tahun. Tak heran jika Fariz RM menjadi seorang pemusik profesional, karena darah seni mengalir dari orang tuanya.

Ayahnya, Rustam Munaf, merupakan seorang penyanyi di RRI Jakarta. Dan ibunya, Anna Reijnenberg juga merupakan seorang pelatih piano.

Orang tuanya mengenalkan musik kepada Fariz RM mulai dengan melatihnya belajar bermain sebuah alat musik bernama piano.

Fariz RM berkancah di dunia musik profesional mulai tahun 1977. Dan kemudian ia mengikuti sebuah Lomba Cipta Lagu Remaja yang digelar oleh radio Prambos Jakarta.

Meskipun dengan hasil meraih juara III, namun berbagai tawaran dari berbagai grup band mulai berdatangan kepadanya.

Pada tahun 1980, album perdana Fariz RM berjudul “Sakura” dirilis. Setahun kemudian menyusul album yang bertajuk “Panggung Perak”. Di tahun berikutnya, album “Peristiwa 77-81” diluncurkan. Semasa kariernya sebagai musisi, Fariz RM telah merilis lebih dari 20 album solo.

Senggigi-Sunset-Jazz.jpg

Di sisi kehidupan yang lain, suami mantan peragawati asal Semarang itu, mengaku pernah mengalami kecanduan alkohol dan mengonsumsi narkoba. Konon kebiasaannya tersebut menyebabkan Fariz RM menderita kanker liver pada 1996. 

Fariz RM beberapa kali berurusan dengan polisi karena narkoba. Pada 28 Oktober 2007, ia ditahan polisi dalam sebuah razia di Jakarta. Ditemukan 1,5 linting ganja seberat 5 gram yang disimpan dalam sebungkus rokok miliknya. Dalam tes urine, yang dilakukan polisi, Fariz RM dinyatakan positif menggunakan ganja.

Selang delapan tahun, tepatnya 6 Januari 2015, Fariz RM harus berurusan dengan kepolisian karena kedapatan menyimpan narkotika jenis-jenis heroin, ganja, dan sabu di kediamannya. Atas kasus tersebut, ia divonis penjara delapan bulan. Kemudian dibebaskan pada 17 Agustus 2015 setelah mendapat potongan masa tahanan selama dua bulan. Pada 24 Agustus 2018, Fariz RM kembali berurusan dengan pihak berwajib. Juga karena narkoba. 

Faris RM telah berkarir musik sejak akhir '70-an. Puluhan karya telah dihasilkannya. Mulai album solo, album duet, album grup, hingga almbum kompilasi. Di album kompilasi, 2014 lalu, Fariz RM berkolaborasi dengan Dian Pramanana Putra.  

Demikianlah profil singkat dari Fariz RM, yang merupakan seorang musikus yang akan tampil di panggung konser Senggigi Sunset Jazz 2022.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES