Pendidikan

DPR RI Siap Tampung Mahasiswa Magang UIN Maliki Malang

Kamis, 01 September 2022 - 20:02 | 43.92k
Rombongan FITK UIN Maliki Malang diterima oleh Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar di Senayan, Jakarta. (Foto: Istimewa)
Rombongan FITK UIN Maliki Malang diterima oleh Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar di Senayan, Jakarta. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang atau UIN Maliki Malang kini mendapat opsi lebih banyak untuk tepat magang ataupun PKL. DPR RI siap menampung mahasiswa magang dari UIN Malang.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar saat menerima kunjungan dari Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. Nur Ali, M.Pd pada Kamis (1/9/2022).

Gus Muhaimin menjelaskan bahwa saat ini sudah ada 190 mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi yang akan melakukan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) di DPR RI.

"Namun memang belum ada dari UIN. Nah ke depan semoga mahasiswa dari UIN Malang bisa ikut bergabung dalam program MBKM ini. Kami juga sangat senang jika banyak mahasiswa yang ikut magang dan belajar di DPR RI," ungkapnya.

Hadir dalam pertemuan tersebut, M. Hasanuddin Wahid, M. Hum, Anggota DPR RI Komisi X yang juga alumni UIN Malang. Ia mengatakan, program magang mahasiswa di DPR RI ini menjadi kesempatan bagi mahasiswa belajar langsung tentang banyak hal.

FITK-UIN-Maliki-Malang-a.jpg

"Mereka dapat belajar banyak tidak hanya yang berkaitan dengan pendidikan saja, tetapi semua ilmu ada di sini. Karena mahasiswa sekarang itu dituntut harus kreatif, jadi jangan hanya belajar yang linear saja. Seperti saya ini dulu S1-nya PAI tapi sekarang bisa jadi sekjen DPP PKB," jelasnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. Nur Ali, M.Pd menambahkan bahwa agenda kunjungan ini yang pertama adalah penarikan mahasiswa magang Program studi MPI yang telah menyelesaikan program magang di sekretariat jenderal DPR RI selama tiga bulan.

Selain itu, pihaknya juga membincangkan kelanjutan kerja sama antara FITK UIN Malang dengan DPR RI terkait program “Merdeka Belajar Kampus Merdeka” (MBKM) yang salah satu bentuk kegiatannya adalah Magang.

“Program Magang ini adalah salah satu wujud dari literasi sosial, dimana mahasiswa tidak hanya meningkatkan kemampuan akademiknya saja tetapi bagaimana mereka bisa mengasah jiwa kepekaan terhadap situasi sosial. Dengan magang di DPR RI, harapannya mereka dapat melihat langsung bagaimana proses perumusan kebijakan-kebijakan, mulai dari need assessment, mind mapping, dan lain-lain," kata Dekan FITK UIN Maliki Malang saat diterima Wakil Ketua DPR RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES