Wisata

5 Wisata Religi di Kabupaten Malang Jadi Jujugan Wisatawan

Jumat, 02 September 2022 - 00:25 | 107.03k
Area Wisata Religi Gunung Kawi di Kabupaten Malang. (Foto: Jadesta Kemenparekraf)
Area Wisata Religi Gunung Kawi di Kabupaten Malang. (Foto: Jadesta Kemenparekraf)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kabupaten Malang tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya. Wisata Religi di Kabupaten Malang juga jadi jujugan wisatawan.

Belum lama ini, melalui Instagram resminya, Disparbud Kabupaten Malang menampilkan 5 destinasi wisata religi di Kabupaten Malang. Wisata Religi ini erat dengan wawasan keagamaan, sosial dan budaya.

Wisata Religi di Kabupaten Malang termasuk daya tarik wisata buatan dan tidak terpaku pada satu agama saja. Berikut daftar 5 Wisata Religi di Kabupaten Malang :

1. Masjid Tiban

Masjid-Tiban.jpgMasjid Tiban di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. (Foto : dok TIMES Indonesia)

Masjid luas dan megah ini terletak di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang tidak hanya digunakan sebagai ibadah. Melainkan juga digunakan untuk wisata Religi.

Selain itu, Masjid tersebut digunakan sebagai Pondok Pesantren. Karena bangunan Masjid Tiban terdapat 10 lantai. Masjid Tiban menjadi Jujugan wisatawan dari berbagai daerah.

2.  Punden Goa Bathok

Punden Goa Bathok terletak di daerah pesisir Malang Selatan. Tepatnya berada di Pantai Religi Nganteb. Di tempat tersebut terdapat doa dan makam leluhur.

Tempat makam leluhur berada di bukit dekat Pantai. Sedangkan goa bathok berada tepat di bawah bukit tersebut. Secara geografis, tempat ini berada di Desa Tumpakrejo, Gedangan.

Punden Goa Bathok biasanya juga digunakan untuk acara Nyepi maupun ritual adat dari masyarakat sekita pantai. Sehingga area ini khusus untuk wisata religi.

3. Pesarean Gunung Kawi

Bila mendengar nama Gunung Kawi, akrab dengan ritual pesugihan. Padahal, Pesarean Gunung Kawi di Wonosari, Kabupaten Malang ini bukan untuk ritual pesugihan.

Melainkan sebagai tempat wisata Religi. Karena di tempat tersebut ada masjid dan klenteng digunakan untuk beribadah. Selain itu juga terdapat Makam Kiai Zakaria.

Selain Makam Kiai Zakaria atau eyang Jugo, di tempat tersebut juga ada makam RM Imam Soedjono yang merupakan Buyut dari Sultan Hamengku Buwono I.

Pesarean Gunung Kawi biasanya ramai wisatawan tiap 1 Suro. Karena wisatawan ingin berziarah dan sekaligus menggelar ritual di tempat tersebut.

4. Gunung Mujur

Destinasi wisata religi di Kabupaten Malang selanjutnya adalah Gunung Mujur. Terletak di Kecamatan Karangploso. Sesuai namanya, Gunung Mujur dianggap membawa keberuntungan.

Gunung Mujur terletak di Kaki Gunung Arjuno terdapat makam yang posisinya terbilang unik. Karena posisinya berlawanan satu sama lain. Konon katanya makam itu sudah ada sejak zaman kerajaan Singasari.

5. Wisata Religi Desa Peniwen

Desa-Wisata-Religi-Peniwen.jpgDesa Wisata Religi Peniwen, Kecamatan Kromengan. (Foto : Kekunaan)

Destinasi wisata religi di Kabupaten Malang yang terakhir adalah Desa Peniwen, kecamatan Kromengan. Tempat tersebut mayoritas warganya adalah Nasrani.

Terdapat gereja yang selalu menjadi jujugan jemaat untuk beribadat. Saat pergantian tahun baru, di Gereja Peniwen membunyikan lonceng berjumlah sesuai tahun baru.

Selain itu, juga terdapat monumen Peniwen Affair yang menceritakan perjuangan Palang Merah Indonesia saat kemerdekaan. Keberadaan Desa Peniwen merupakan pelengkap destinasi Wisata Religi di Kabupaten Malang. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES