Wisata

Intip Potensi Wisata yang Ditawarkan Tiga Provinsi Baru di Papua

Kamis, 01 September 2022 - 13:22 | 63.14k
Pesona Danau Habema, Papua Tengah yang menawan (FOTO: WWF Indonesia/Facebook)
Pesona Danau Habema, Papua Tengah yang menawan (FOTO: WWF Indonesia/Facebook)

TIMESINDONESIA, MALANG – Pemecahan 3 wilayah di Papua menjadi provinsi baru di Indonesia belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Padahal dari provinsi-provinsi baru tersebut menyimpan banyak potensi wisata yang wajib dikumjungi bagi pelancong dalam ataupun luar negeri.

Derah Otonom Baru (DOB) atau privinsi baru di Papua tersebut antara lain Papua Tengah, Papua Selatan, dan Papua Pegunungan Tengah.

Yuk intip beberapa potensi yang ditawarkan dan bisa masuk kedalam whistlist liburan anda.

1. Papua Tengah

Danau Habema yang berada di Kabupaten Jayawijaya adalah salah satu wisata yang wajib anda kunjungi saat bertolak ke Provinsi ini.

Dilansir dari Celebes, danau ini juga disebut Danau Yuginopa atau danau diatas awan. Itu karena letak dari Danau satu ini berada di ketinggian 3.225 di atas permukaan laut. Sembari bersantai di danau ini, anda akan disuguhkan dengan pemandangan padang rumput yang hijau dan juga beberapa jenis burung yang ada. Tak jarang juga ada pengunjung yang memancing dan membawa pulang ikan dan juga kepiting.

Suku Adat yang menempati wilayah ini adalah Suku Amungme, Moni, dan juga Mee yang masih ada hingga saat ini. Selain beberapa wisata alamnya yang luar biasa, provinsi Papua Tengah ini juga tempat dilakukannya penambangan Emas bernama Tambang Emas Grasberg. 

2. Papua Selatan

Rayap.jpgMusamus, istana yang dibangun oleh koloni Rayap di Taman Nasional Wasur (FOTO: Wikimedia Commons)

Merauke adalah ibu kota dari provinsi ini adalah tempat bagi tinggalnya suku terkenal asal Papua, Suku Asmat. Jika anda berkunjung ke provinsi ini, anda akan melihat keseharian warga Suku Asmat yang melakukan kegiatan mengukir kayu atau menggunakan transportasi perahu dayung sebagai mobilitasnya. Selain Suku Asmat, Suku Marind, Kombay, Koroway, dan Muyu juga bertempat tinggal di provinsi baru ini.

Jika berbicara tentang wisata alamnya, Provinsi Papua Selatan memiliki Taman Nasional Wasur sebagai tawaran keindahannya. Menurut GNFI, keanekaragaman hayati di taman nasional ini sangat tinggi. Anda dapat menjumpai spesies Cendrawasih, Walabi dan juga melihat indahnya Musamus yang dibangun oleh koloni Rayap yang ada. 

3. Papua Pegunungan Tengah

Paus.jpgKwatisore, salah satu wisata alam di Kabupaten Nabire Papua Pegunungan Tengah (FOTO: Junardi/Instagram)

Provinsi baru yang disebut juga Meepago ini memiliki Ibu Kota Nabire dengan sejuta wisata alam yang ditawarkannya. Salah satunya adalah Perairan Kwatisore yang jadi rumah bagi Hiu dan Paus. Wisata ini cocok untuk anda yang memiliki hobi menyelam. Karena jika beruntung, anda akan bertemu dengan Hiu Paus yang memiliki nama Latin Rhincodon typus. Berdasarkan akun resmi Nabire, masyarakat Papua sering menyebut dengan panggilan ikan Gurano Bintang.

Wisata populer lainnya adalah Lembah Baliem. Dilansir sari GNFI, lembah yang berada di Pegunungan Jayawijaya ini memiliki pemandangan yang indah. Hal tersebut karena tempatnya yang dikelilingi oleh pemandangan pengunungan setinggi 1.600 meter di atas permukaan laut tersebut. Jika anda mengunjungi daerah ini maka wajib hukumnya untuk menjaga sikap dan perbuatan karena wilayah ini masih ditinggali oleh Suku Adat Dani, Lani, dan juga Yali.

Selain wisata yang disebutkan diatas tersebut, masih banyak wisata yang dapat anda kunjungi di 3 provinsi baru yang ada di Papua tersebut. Selain untuk pemerataan pembangunan yang ada di Indonesia, dipecahnya 3 provinsi tersebut agar lebih terjamahnya potensi wisata yang ada.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES