Peristiwa Internasional

Irak Dikhawatirkan Menuju Perang Saudara

Kamis, 01 September 2022 - 12:58 | 56.40k
Anggota bersenjata Saraya al-Salam (Brigade Perdamaian), sayap militer yang berafiliasi dengan ulama Syiah Moqtada al-Sadr, membidik selama bentrokan dengan pasukan keamanan Irak di Zona Hijau Baghdad, Selasa, (30/8/2022). (Ahmad Al-Rubaye/AFP/Getty
Anggota bersenjata Saraya al-Salam (Brigade Perdamaian), sayap militer yang berafiliasi dengan ulama Syiah Moqtada al-Sadr, membidik selama bentrokan dengan pasukan keamanan Irak di Zona Hijau Baghdad, Selasa, (30/8/2022). (Ahmad Al-Rubaye/AFP/Getty

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sejumlah analis mengkhawatirkan, kekacauan di Irak bisa menuju ke perang saudara setelah sedikitnya 30 orang meninggal dunia usai terjadi bentrokan antara para pendukung pemimpin Syiah Irak, Muqtada al-Sadr dengan lawan-lawannya yang juga syiah dukungan Iran.

Mereka, sesama syiah saling menembak pada Senin dan Selasa pagi di Baghdad. Itulah yang menimbulkan kekhawatiran meningkat menjadi perang saudara sesama syiah.

Kekerasan terburuk yang terjadi di ibukota Irak, Baghdad  dalam beberapa tahun mengikuti pengumuman pemimpin Syiah yang berpengaruh bahwa ia akan 'menarik diri dari politik' setelah berbulan-bulan kebuntuan politik.

Para analis mengatakan langkah drastis Moqtada al-Sadr tampaknya sebagai tanggapan atas pengunduran diri pemimpin spiritual Syiah Ayatollah Kadhim al-Haeri pada hari Minggu. Banyak pendukung al-Sadr mengikuti al-Haeri.

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden pun, pada Rabu kemarin meminta para pemimpin Irak itu untuk melakukan dialog nasional, mencari solusi bersama yang konsisten dengan konstitusi dan undang-undang Irak.

Kantor Media Perdana Menteri menyatakan dalam sebuah pernyataan yang diterima Kantor Berita Irak (INA), bahwa Perdana Menteri Irak,  Mustafa Al-Kadhimi menerima telepon dari Presiden Biden untuk membahas perkembangan terakhir situasi di Irak setelah peristiwa baru-baru ini.

Dalam pernyataan itu, Biden menyatakan, dukungan AS untuk Irak yang berdaulat dan merdeka. Biden juga memuji kepemimpinan pribadi Perdana Menteri Kadhimi selama meningkatnya ketegangan dan kekerasan selama periode 24 jam awal pekan ini.

Pernyataan itu juga menyebutkan, Biden  memuji kinerja Pasukan Keamanan Irak dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga mereka yang meninggal dunia dalam bentrokan baru-baru ini.

Biden dan Al-Kadhimi menyambut baik kembalinya keamanan ke jalan-jalan, dan meminta semua pemimpin Irak untuk terlibat dalam dialog nasional untuk membentuk jalan bersama yang konsisten dengan konstitusi dan undang-undang Irak.

Biden menawarkan dukungan penuhnya untuk upaya Perdana Menteri Al-Kadhimi  mengurangi ketegangan di kawasan itu melalui dialog dan diplomasi.

Pengunduran diri al-Haeri yang mengejutkan dan seruannya kepada para pengikutnya untuk mendukung Ayatollah Ali Khamenei Iran merupakan pukulan bagi Moqtada al-Sadr, yang telah menentang pengaruh Iran dalam politik Irak.

Lebih dari 700 orang terluka dalam pertempuran mematikan antara pejuang yang bersekutu dengan al-Sadr dan kelompok keamanan Pasukan Mobilisasi Populer yang bersekutu dengan Iran.

Ketegangan kemudian mereda setelah al-Sadr menyerukan pada hari Selasa agar para pendukungnya mundur dari Zona Hijau yang dibentengi, yakni rumah bagi gedung-gedung pemerintah dan kedutaan asing 'dalam waktu satu jam'.

"Saya meminta maaf kepada rakyat Irak, satu-satunya yang terkena dampak peristiwa itu," kata al-Sadr dalam pidato yang disiarkan televisi.

Dalam beberapa menit, kelompok bersenjata yang mendukungnya, Saray al-Salam, telah meninggalkan Zona Hijau, membawa ketenangan dari tempat yang tadinya berubah menjadi medan perang itu. Namun, situasinya tetap tegang, dan ketakutan akan eskalasi tetap ada.

"Ini (kekerasan) merupakan awal atau percikan perang saudara Syiah-Syiah," kata Sajad Jiyad, seorang analis politik Irak di Century Foundation.

"Kekerasan mungkin telah mereda untuk saat ini, tetapi pembalasan akan bisa terjadi. Kekerasan ini merupakan indikasi perpecahan pahit dan kebuntuan dalam politik Irak. Mungkin saat ini tergeser, tetapi tanpa solusi yang tepat akan muncul lagi di masa depan," tambahnya.

Sebelum pidato televisi Moqtada al-Sadr, upaya untuk meredakan ketegangan tidak berhasil dan seruan agar Ayatollah Sayyid Sistani dan Grand Marji'a, pemimpin agama Syiah di Najaf, untuk campur tangan, tampaknya juga tidak didengarkan.

"Kami mengharapkan Grand Ayatollah Sistani untuk mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa menumpahkan darah Muslim dilarang dan properti negara harus dilindungi," kata seorang analis Irak dan peneliti di Middle East Initiative, Marsin Alshamary, sebelum pernyataan Moqtada al-Sadr.

"Ketika menyangkut perang Syiah-Syiah, jika keadaan menjadi sangat buruk, ada dua kekuatan yang akan mencoba melawannya – Iran dan Ayatollah Sistani," jelasnya.

Ia  menambahkan bahwa Iran ingin mempertahankan status quo dengan kekuatannya. partai politik yang berkuasa, sementara Sistani melakukan intervensi selama masa kekacauan politik.

Sebaliknya, pertempuran dipicu oleh pengunduran diri Moqtada al-Sadr dari politik, juga mereda tanpa sepatah kata pun darinya. "Moqtada al-Sadr telah menunjukkan bahwa dia bisa memobilisasi dan mendemobilisasi tanpa sepatah kata pun," kata analis Irak Fanar Haddad.

"Dia bisa menjentikkan jarinya dan mengancam seluruh bangunan. Kemudian, dia bisa mengklik jarinya dan menyimpan seluruh bangunan," tambah dia.

Analis yang berfokus pada Irak, Tamer Badawi setuju dan mengatakan, bahwa Moqtada al-Sadr menaikkan pengaruhnya karena pihak berwenang dan musuh-musuhnya membutuhkan dia untuk turun tangan lagi untuk menghentikan mobilisasi para pengikutnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES