Peristiwa Internasional

Sempat Ditunda, NASA Akan Luncurkan Misi Artemis I pada 3 September 2022

Rabu, 31 Agustus 2022 - 23:06 | 50.04k
Roket NASA untuk misi Artemis I yang akan meluncur pada Sabtu, (3/9/2022). (Foto: Brynn Anderson/AP Photo).
Roket NASA untuk misi Artemis I yang akan meluncur pada Sabtu, (3/9/2022). (Foto: Brynn Anderson/AP Photo).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setelah sempat ditunda karena masalah bahan bakar, NASA akhirnya akan meluncurkan kembali misi Artemis 1 pada Sabtu (3/9/2022). Sebelumnya, NASA telah menjadwalkan bahwa Artemis 1 akan diluncurkan pada Senin (29/8/2022), namun karena kebocoran bahan bakar dan kesulitan untuk mendinginkan mesin, NASA pun lebih memilih untuk menundanya.

Dikutip dari The Verge, misi ini akan menjadi upaya kedua NASA dalam minggu ini untuk meluncurkan roket lanjutan yang digadang-gadang paling kuat di kelasnya. Peluncuran percobaan pertama ditunda karena salah satu dari keempat mesin RS-25 gagal mencapai suhu yang tepat untuk memungkingkan lepas landas. Proyek ini terdiri dari roket Space Launch System (SLS) setinggi 322 kaki dengan kapsul awak Orion yang bertengger di atasnya.

Roket-Nasa-a.jpgRoket NASA untuk misi Artemis I yang batal diluncurkan pada hari Senin, (29/8/2022). (Foto: Joel Kowsky/AP Photo)

Jika peluncuran tersebut berhasil, maka dalam kurun waktu 39 hari akan dapat melihat SLS membawa Orion tanpa awak ke ketinggian di bawah 4.000 km sebelum dua pesawat terpisah dan pada tahapan intinya roket tersebut akan jatuh ke bumi. Selain itu, kapsul Orion akan terus meluncur sampai ke bulan. Wahana tersebut akan mengedari bulan selama enam hari sebelum jatuh ke bumi dalam jarak 62 mil dari permukaan bulan. Kapsul Orion akan dijadwalkan jatuh ke laut pada 11 Oktober mendatang.

Apabila semuanya berjalan sesuai rencana, misi Artemis I ini diyakini bakal menandakan dimulainya program Artemis NASA untuk balik ke bulan dan dapat membawa manusia pertama untuk mencapai Mars. Misi ini telah mengalami penundaan selama bertahun tahun, kecelakaan dalam pengembangan, dan masalah pembengkakan anggaran miliaran dollar.

Tambahan informasi, misi ini merupakan lanjutan dari proyek “Apollo” yang sudah terlebih dahulu mendarat di bulan 60 tahun yang lalu. NASA mengatakan pihaknya akan meluncurkan penerbangan Artemis I tanpa awak pada pukul 14.17 ET sore. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES