Peristiwa Internasional

Mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad Positif Covid-19 Meski Sudah Divaksin

Rabu, 31 Agustus 2022 - 18:30 | 52.10k
Dr Mahathir Mohamad dirawat di National Heart Institute untuk observasi selama beberapa hari ke depan. (FOTO: The Strait Times/ BLOOMBERG)
Dr Mahathir Mohamad dirawat di National Heart Institute untuk observasi selama beberapa hari ke depan. (FOTO: The Strait Times/ BLOOMBERG)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mantan Perdana Menteri Malaysia, Dr Mahathir Mohamad, 97, dinyatakan positif Covid-19, Rabu (31/8/2022) pagi sehingga ia dibawa ke rumah sakit untuk dirawat.

Mahathir Mohamad, yang memiliki riwayat masalah jantung, menjalani prosedur medis elektif pada 8 Januari tahun ini dan dirawat kembali di rumah sakit pada akhir bulan itu untuk perawatan. Dia diperbolehkan pulang pada bulan Februari.

Bulan Maret ia mengungkapkan bahwa dia pikir dia tidak akan berhasil.

"Bagi saya itu adalah keajaiban. Saya tidak berharap untuk hidup, saya berharap saya akan mati karena saya sudah tua dan juga menderita penyakit serius yang mempengaruhi hati saya. Ketika jantung lemah, itu mempengaruhi paru-paru dan ketika paru-paru lemah, ini mempengaruhi ginjal dan sebagainya," kata Mahathir Mohamad seperti dilansir The Strait Times.

"Tetapi entah bagaimana, para dokter membalikkan saya dan akhirnya saya dipulangkan dan saya cukup sehat, tidak 100 persen, tetapi cukup bagi saya untuk melanjutkan pekerjaan kecil yang harus saya lakukan," kata Mahathir Mohamad saat upacara penghargaan untuk tim medis, ahli dan staf yang telah merawatnya.

Sebuah pernyataan dari kantor Mahathir Mohamad mengatakan, dia telah dikonfirmasi memiliki virus pada Rabu pagi dan telah dirawat di National Heart Institute untuk observasi selama beberapa hari ke depan seperti yang disarankan oleh tim medis, tetapi tidak ada rinciannya.

Mahathir Mohamad dua kali menjabat perdana menteri Malaysia. Pertama dari 1981 hingga 2003, dan kemudian pada Mei 2018 ketika koalisi oposisi yang dia ikuti di tengah skandal miliaran dolar di dana negara 1MDB tersapu ke dalam kekuasaan. Tapi dia mengundurkan diri dua tahun kemudian setelah perebutan kekuasaan internal menyebabkan runtuhnya koalisi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES