Kuliner

Serabi Selong Kuah Kinca di Depan GOR Lamongan, Nikmatnya Bikin Nagih!

Rabu, 31 Agustus 2022 - 16:14 | 67.18k
Erna Winarti saat menyajikan serabi toping keju dan cokelat kepada pembeli, Rabu (31/8/2022). (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)
Erna Winarti saat menyajikan serabi toping keju dan cokelat kepada pembeli, Rabu (31/8/2022). (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Serabi menjadi salah satu makanan tradisional yang masih tetap eksis dan banyak diminati masyarakat. Jenisnya pun beragam, salah satunya adalah serabi kuah kinca. Di Lamongan, Serabi Selong Kuah Kinca bisa ditemui di depan Gedung Olahraga (GOR), Jalan Basuki Rahmat.

Meski tergolong baru, tapi Serabi Selong Kuah Kinca buatan Erna Winarti ini cukup berhasil mengambil hati masyarakat Lamongan dan memiliki banyak pelanggan dari beragam kalangan.

"Baru buka sekitar 4 bulan. Alhamdulillah banyak yang suka," kata Erna, saat ditemui di kios Serabi Selong Kuah Kinca miliknya, Rabu (31/8/2022).

Serabi Selong Kuah Kinca ini memiliki rasa yang cenderung manis. Ditambah dengan siraman kuah kinca yang legit beraroma nangka, semakin membuat penikmatnya ketagihan.

Erna-Winarti-b.jpgSerabi kuah kinca (dalam kotak mika) serta serabi toping cokelat dan keju. (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)

Erna menjelaskan, kuah kinca pada serabinya terbuat dari campuran gula merah, daun pandan dan buah nangka, yang dimasak hingga mengental. "Jadi kuah kinca itu bukan dari buah kinca atau kawista, tapi terbuat dari gula merah sama nangka, dimasaknya agak lama, sampai agak mengental," tuturnya.

Menurut Erna, Serabi Selong Kuah Kinca memiliki perbedaan dengan serabi tradisional yang banyak ditemui di Lamongan. Selain dari segi rasa dan penyajian, perbedaan juga ada pada tekstur serabi.

"Dia (Serabi Selong Kuah Kinca) lebih empuk, lebih lembut. Yang membedakan lagi sama serabi tradisional, kalau tradisional bentar aja udah mengeras atau alot. Kalau ini bisa tahan lebih lama, tetap empuk meskipun seharian," ujarnya.

Erna mengklaim bahwa di Lamongan baru dia yang menjual Serabi Selong Kuah Kinca ini. 

Selain versi original, Erni juga berinovasi membuat variasi Serabi Selong Kuah Kinca rasa lain yang disesuaikan dengan minat kalangan muda  Di antaranya serabi dengan toping susu, keju maupun toping cokelat.

Erna-Winarti-c.jpgPembeli sedang menunggu serabi di kios serabi milik Erna Winarti. (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)

"Harga yang Serabi Selong Kuah Kinca Rp15 ribu isi 5, yang serabi toping susu, keju, sama coklat Rp20 ribu isi 5 juga," ucap Erna.

Tak hanya menjual Serabi Selong Kuah Kinca, di kiosnya yang berada di depan GOR Lamongan, wanita berusia 36 tahun itu juga menjual jajanan lain, seperti mendoan goreng, cilok dan es cao nangka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES