Entertainment

Profil Katon Bagaskara, Musisi yang Akan Tampil di Senggigi Sunset Jazz 2022

Selasa, 30 Agustus 2022 - 15:19 | 98.04k
Profil Katon Bagaskara yang akan tampil di Senggigi Sunset Jazz 2022. (FOTO: Instagram/@katonbagaskara)
Profil Katon Bagaskara yang akan tampil di Senggigi Sunset Jazz 2022. (FOTO: Instagram/@katonbagaskara)

TIMESINDONESIA, MATARAMKaton Bagaskara bersama puluhan musisi beken akan meramaikan gelaran Senggigi Sunset Jazz di Pantai Krandangan, Lombok Barat, Provinsi NTB, pada 5-6 November 2022 mendatang.

Katon Bagaskara merupakan penyanyi dan penulis lagu asal Indonesia. Sudah sejak 1988 ia terjun ke dunia hiburan Tanah Air.

Penasaran seperti apa sosoknya? Berikut profil Katon Bagaskara yang dirangkum dari berbagai sumber.

Katon Bagaskara mempunyai nama asli Ignatius Bagaskoro Katon. Ia lahir di Kota Magelang, Jawa Tengah, pada 14 Juni 1966.

Awal karier Katon Bagaskara dimulai dengan bekerja sebagai kru kabin pada perusahaan penerbangan Garuda. Di sana ia tidak terlalu lama lantaran jiwa bermusiknya tidak bisa dia bendung.

Senggigi-Sunset-Jazz.jpg

Akhirnya Katon Bagaskara memutuskan untuk keluar sebagai pramugara dan berkarier di dunia musik. Bersama Lilo, Adi, dan Ari, Katon membentuk grup musik KLa Project pada 1988.

Album pertama bertajuk Kla Project dirilis pada 1988. Sampai 1999, KLA Project telah mengeluarkan 8 album dan 2 buah album kompilasi lagu-lagu terbaik mereka. Ditambah 1 album berjudul New Chapter yang dirilis pada 2004 dengan bendera NuKLa. 

Eksistensi KLa Project selama hampir dua dekade sangat dipengaruhi oleh lirik dan untaian kata-kata puitis nan sarat makna. 

Akhir tahun 2008, KLa Project yang kembali menelurkan mini album bertajuk KLa Returns. Album ini semacam momentum kembalinya KLa Project ke belantika musik Indonesia seiring dengan kembalinya Lilo Radjadin, gitaris KLa yang diberitakan sempat keluar pada 2001. Dan di penghujung 2010, KLa Project kembali merilis album terbaru bertajuk Exellentia.

Selain di grup musik KLa Project, Katon Bagaskara juga mengeluarkan beberapa album solo, seperti Katon Bagaskara, Gemini, Harmoni Menyentuh serta Damai dan Cinta.

Katon Bagaskara menikah dengan seorang pramugari Monica Tri Mei Suciati pada 18 April 1991. Namun, sayangnya biduk rumah tangganya tidak berlangsung lama. Keduanya kemudian memutuskan untuk bercerai pada 1994.

Kemudian, pada 28 Oktober 1996 Katon Bagaskara menikah lagi dengan aktris, Ira Wibowo. Dari pernikahan itu keduanya dikarunia tiga orang anak yang diberi nama, Chika Putri Bagaskara, Andhika Radya Bagaskara, dan Arya Bagaskara. Namun pada tahun 2012 keduanya memutuskan untuk bercerai.

Selain menjadi penyanyi, Katon Bagaskara juga menjadi produser musik. Penyanyi yang diproduserinya adalah Nugie, sebanyak tiga buah album (Bumi, Air, dan Udara). Tidak hanya menjadi produser, Katon pun pernah menjadi penata vokal dan juga memberikan lagu-lagunya untuk dinyanyikan oleh penyanyi lain.

Demikian profil singkat penyanyi Katon Bagaskara. Ia merupakan salah satu musisi yang akan tampil di Senggigi Sunset Jazz 2022(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES