Gaya Hidup

Yuk Intip Nama-nama Area di Bandara

Selasa, 30 Agustus 2022 - 01:41 | 346.04k
Seorang pria bersandar pada sebuah pesawat di hangar. (Foto: pressfoto/Freepik)
Seorang pria bersandar pada sebuah pesawat di hangar. (Foto: pressfoto/Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebagai orang awam mungkin anda tak begitu mengenal istilah-istialah area yang sering disebut di bandara, apalagi jika istilah tersebut berasal dari bahasa Inggris. Nah berikut akan kami berikan 5 deretan istilah area di bandara.

1. Drop Zone

Secara harfiah drop zone berati tempat menurunkan (penumpang beserta barang-barang anda). Drop zone berada di area depan saat anda sampai di bandara sebelum akhirnya anda memarkir kendaraan anda. 

2. Terminal

Yang pernah naik pesawat pasti pernah melihat tulisan 'terminal' di papan penunjuk di dalam bandara. Terminal merupakan tempat mengurus segala urusan penerbangan. Kata-kata ini akan anda lihat dan dengar mulai dari drop zone hingga ruang tunggu.

3. Hangar

Hangar bisa diartikan garasi pesawat. Selain itu tempat ini juga berfungsi sebagai tempat perawatan, perbaikan, perakitan dan penyimpanan pesawat.

4. Apron

Apron di sini bukan berarti celemek melainkan lahan parkir. Pesawat akan diparkir tepat pada posisinya di apron untuk menaikkan dan menurunkan penumpang serta bagasi mereka. Di  apron pesawat juga diperbolehkan mengisi bahan bakar dan melakukan pemeriksaan mesin.

5. Runway

Runway adalah jalur dimana pesawat lepas landas atau mendarat. Runway pada bandara besar biasarnya dilapisi aspal. Sedangkan pada bandara yang lebih kecil atau perintis runway bisa saja hanya dilapisi dengan pasir, atau di area terpencil bisa saja hanya berupa lahan luas beralas rumput.

Masih banyak istilah-istilah lainnya yang perlu anda ketahui di bandara. Namun yang paling umum diucapkan awak pesawat merupakan istilah di bererapa area diatas. Cukup jelas bukan?

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES