Kesehatan

7 Makanan Sehat untuk Jaga Paru-Paru, Buah Vitamin C Tinggi Wajib

Selasa, 30 Agustus 2022 - 01:14 | 41.58k
Ilustrasi - Buah Dengan Kandungan Vitamin C (FOTO: buavita.co.id)
Ilustrasi - Buah Dengan Kandungan Vitamin C (FOTO: buavita.co.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kesehatan paru-paru jarang diperhatikan oleh kebanyakan orang. Padahal paru-paru kita bekerja dengan keras setiap hari untuk bernapas. 

Paru-paru merupakan tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida. Padahal setiap hari kita menghirup udara kotor, mulai dari asap kendaraan hingga paparan asap rokok. 

Untuk menjaga kesehatan paru-paru, kita memang disarankan untuk menggunakan masker saat berkendara. Dan sebaiknya kita menjauhi orang yang sedang merokok. 

Selain itu kita juga bisa menjaga kesehatan paru-paru dari dalam dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini. 

1. Apel

Apel mengandung asam fenolik dan flavonoid. Kedua mineral itu dapat mencegah penyakit yang terjadi di saluran pernapasan. Apel juga baik untuk penderita asma. 

2. Kacang

Vitamin E yang terdapat pada kacang tak hanya untuk menjaga kulit tetap lembut, namun juga dapat mengatasi peradangan di paru-paru. 

Selain itu kacang juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menghirup oksigen lebih banyak. 

3. Bawang putih

Bawang putih mengandung antiinflamasi yang dapat meredakan kerusakan yangdisebabkan radikal bebas. Sedengakan antioksidannya mampu menekan racun yang terhirup. 

4. Salmon

Ikan salmon sudah menjadi favoritbanyak orang karena manfaatnya untuk kesehatan. termasuk untuk paru-paru, ikan salmon juga mampu mengurangi risikoasma yang diakibatkan oleh kabut asap. Itu karena salmon mengandung asam lemak omega-3. 

5. Jahe

Rimpang yang paling populer sebagai bahan jejamuan ini juga ampuh untuk menjaga kesehatan paru-paru. 

Jahe mengandung antiseptik dan antibakteri yang dapat melancarkan saluran bronchial di paru-paru. 

6. Bayam

Wow, sayuran favorit semua orang ini ternyata juga baik untuk paru-paru ya. Bayam mengandung fitokimia yang dapat mengurangi peradangan dan melawan kanker paru. 

7. Berbagai buah yang mengandung vitamin C

Semua buah yang mengandung vitamin C juga baik untuk menjaga kesehatan paru-paru. Vitamin C dapat menghambat kinerja enzin tubuh yang mengaktifkan sel kanker pada paru. 

Selain itu antioksidan yang terkandung dalam buah bervitamin C dapat melawan paparan gas berbahaya yang masuk ke dalam paru-paru. (*)


 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES