News Commerce

Ingin Beralih Ke Aplikasi Absensi Kehadiran untuk Perusahaan? Ini Dia Fitur yang Wajib Ada

Senin, 29 Agustus 2022 - 19:30 | 16.03k
Ingin Beralih Ke Aplikasi Absensi Kehadiran untuk Perusahaan? Ini Dia Fitur yang Wajib Ada
Absensi Online. (Foto: talenta)
Editor: Deasy Mayasari

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui kedisiplinan karyawan pada perusahaan. Salah satu caranya adalah dengan melihat kehadiran atau absensi selama ia bekerja. Dengan melihat absensi kehadiran karyawan, perusahaan dapat melihat apakah karyawan bersemangat dan disiplin dalam bekerja atau tidak. Saat ini, sangat banyak metode absensi yang bisa digunakan oleh perusahaan. Mulai dari absensi dengan cara manual, absensi yang menggunakan mesin ceklok, hingga absensi yang menggunakan sidik jari atau fingerprint.

Masing-masing metode absensi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Contohnya saja penggunaan absensi manual yang memiliki kelemahan yaitu sangat mudah untuk dimanipulasi dan mengakibatkan data absensi karyawan menjadi tidak akurat. Tak hanya itu, data absensi juga tidak bisa didapatkan secara langsung atau real-time.

Maka dari itu, penggunaan sistem absensi online jauh lebih membantu perusahaan dalam hal yang berkaitan dengan absensi kehadiran karyawan jika dibandingkan dengan absensi kehadiran manual. Terutama dalam segi biaya yang dibutuhkan tergolong sedikit, bahkan tidak memerlukan biaya perawatan. Lalu fitur apa saja yang wajib ada pada sistem aplikasi absensi kehadiran pegawai yang baik? Berikut penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Fitur yang Wajib Ada Pada Aplikasi absensi kehadiran mobile

Penggunaan aplikasi absensi kehadiran mobile memungkinkan setiap karyawannya mencatat jadwal kerjanya melalui aplikasi sehingga memudahkan perusahaan untuk melakukan pemantauan. Karyawan yang memiliki mobilitas yang tinggi juga dapat dipantau lewat laporan yang real-time. 

Aplikasi absensi kehadiran mobile ini memberikan banyak kemudahan untuk kantor dalam hal penilaian karyawan, dimana cukup menggunakan teknologi, semua karyawan bisa dipantau bagaiamana ketertiban absensi kehadirannya. Sebenarnya apasih fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi absensi kehadiran mobile? Apa yang membuat aplikasi ini banyak digunakan untuk membantu kantor mengelola SDM nya? Mari kita bahas bersama di ulasan kali ini.

1. Fitur Absensi Dengan Time Tracker

Fitur absensi kehadiran online di lengkapi dengan time tracker sehingga waktu absensi kehadiran karyawan akan tercatat dengan baik di aplikasi ini untuk kemudian hasil dari absensi kehadiran ini akan terinput dengan baik di bagian managemen aplikasi absensi kehadiran mobile. Memangnya apa manfaat dari time tracker ini? Tentu saja dengan adanya time tracker ini akan terlacak bagaimana ketertiban dan ketepatan waktu absensi kehadiran mu dalam kurun waktu tertentu. Jika kamu datang di waktu awal, maupun di waktu yang mepet dengan jam masuk ataupun terlambat, akan terbaca dengan jelas di aplikasi absensi kehadiran mobile ini.

Jangan lupa bahwa ketepatan waktu dan ketertiban karyawan adalah salah satu kriteria penilaian karyawan, jadi jika kamu selalu tepat waktu dalam absensi kehadiran masuk pastinya HRD bisa menilainya dengan baik, pun unuk karyawan yang memiliki time managementyang buruk seperti sering terlambat juga akan terlihat dengan baik sehingga tidak akan bisa untuk melakukan kecurangan. Tentu saja ini juga akan memberikan keadilan untuk karyawan, karena umumnya dalam managemen tempat kerja ada reward dan punishment untuk karyawannya, sehingga reward dan punishment bisa diberikan kepada karyawan yang tepat.

2. Aplikasi Absensi Untuk Keseharian, Lembur Dan Perjalanan Dinas

Menggunakan aplikasi absensi kehadiran mobile bisa digunakan untuk kebutuhan absensi kehadiran apa saja karena sangat fleksibel. Aplikasi absensi kehadiran mobile ini bisa diatur untuk absensi kehadiran harian, absensi kehadiran lembur maupun anbensi perjalanan dinas. Hanya menggunakan satu perangkat seperti smartphone karyawan bisa berabsen dengan mudah dan cepat dan untuk banyak keperluan.

3. Aplikasi Membantu Memudahkan Anda Untuk Memanagement waktu

Selain karyawan yang dimudahkan karena bisa berabsen dengan mudah, cepat dan untuk banyak keperluan. HRD pun juga terbantu karena melalui aplikasi ini, kinerja karyawan tercatat dengan baik.

Misalnya karyawan yang sedang lembur maka jam mulai lembur sampai sleesai lembur akan terinput dengan akurat karena ada time tracker sehingga untuk masalah pembayaran lembur bisa tepat. Atau untuk karyawan yang sedang melakukan perjalanan dinas, tidak perlu absensi kehadiran dulu ke kantor, namun menggunakan aplikasi absensi kehadiran mobile, ia bisa berabsen dengan baik. Jadi HRD dmudahkan karena bisa memantau karyawan dengan baik pun karyawan bisa mudah dalam berabsen.

4. Pengajuan Izin Dan Cuti

Menggunakan absensi kehadiran konvensional, mengajukan cuti dan izin masih menggunakan cara kuno. Menggunakan aplikasi absensi kehadiran mobile, ada fitur pengajuan izin dan cuti yang bisa dilakukan dengan mudah. Dari aplikasi ini, HRD akan tau bahwa kamu mengajukan cuti untuk kemudian di setujui atau ditolak. Pengajuan cuti tidak perlu dengan bertaap muka ataupun menuliskan cuti di kertas. Apalagi di saat WFH, kamu bisa dengan mudah mengajukan cuti hanya dari rumah menggunakan aplikasi absensi kehadiran mobile ini. Cukup mudah, bukan?

Fitur yang cukup memudahkan karyawan lainya adalah fitur izin online yang membantu karyawan jika sedang ada halangan. Tidak perlu izin menggunakan aplikasi perpesanan pribadi, aplikasi absensi kehadiran mobile dilengkapi dengan fitur izin yang membantu karyawan izin dengan mudah secara online. Jadi izin bisa dilakukan dari rumah saja menggunakan aplikasi ini.

5. Slip Gaji

Menggunakan aplikasi absensi kehadiran mobile, karyawan bisa mengakses slip gaji digital loh. Slip gaji yang diberikan menggunakan aplikasi absensi kehadiran ini memudahkan HRD untuk menyampaikan rincian gaji untuk karyawan ketika WFH maupun WFO. Tidak lagi perlu kertas untuk mencetak, juga tidak perlu lagi mendistribusikan slip gaji satu persatu karena menggunakan aplikasi absensi kehadiran mobile ini slip gaji bisa diberikan dengan mudah. HRD juga tidak perlu menggunakan aplikasi perpesanan lain untuk memberikan slip gaji satu per satu kepada karyawan, selain harus menuliskan alamat atau kontak juga akan menghabiskan waktu karena. Menggunakan Aplikasi absensi kehadiran mobile ini slip gaji bisa di distribusikan dengan mudah.

Pemberian slip gaji dalam bentuk digital kepada karyawan ini juga memberikan keuntungan karena mereka bisa melihat rincian gajinya tanpa khawatir hilang, bahkan slip gaji bisa disimpan dan diakses kapanpun. Slip gaji adalah salah satu syarat jika ingin mengajukan pinjaman bank maupun kredit, dengan slip gaji digital ini karyawan bisa mengakses slip gaji 3 sampai 6 bulan lalu dengan mudah, pun juga tidak perlu mencari-cari lagi jika slip gaji hilang.

6. Tracking Lokasi

Tracking lokasi adalah salah satu hal yang dibutuhkan untuk memantau karyawan yang sedang melakukan perjalanan dinas. Dengan aplikasi absensi kehadiran mobile, karyawan bisa memberikan update lokasi yang jelas dan akurat kepada kantor sehingga mereka bisa melihat perjalanan dinas karyawan. Melakukan tracking lokasi untuk karyawan yang sedang melakukan perjalanan dinas menggunakan aplikasi absensi kehadiran mobile memberikan kemudahan kepada HRD dalam memantau karyawan tersebut secara otomatis. Menggunakan media absensi kehadiran konvensional, HRD tidak bisa memantau perjalanan dan lokasi karyawan dengan baik. Jadi aplikasi absensi kehadiran mobile cukup efektif untuk mengecek lokasi karyawan ketika sedang di perjalanan dinas.

7. Teknologi Gps

Aplikasi absensi kehadiran mobile juga dilengkapi dengan GPS, dimana GPS ini digunakan untuk menetapkan lokasi absensi kehadiran dan juga tracking lokasi untuk karyawan yang melakukan perjalanan dinas. Lokasi absensi kehadiran adalah wilayah yang hanya bisa digunakan untuk berabsen secara online, misalnya penetapan lokasi di kantor jadi karyawan hanya bisa berabsen di kantor. Hal ini digunakan untuk mengurangi kecurangan absen. Tanpa adanya GPS untuk penetapan absensi kehadiran ini, karyawan bisa melakukan kecurangan dengan berabsen dimana saja, jadi dengan fitur GPS ini di lokasi yang sudah ditetapkan dan waktu real time karyawan datang di kantor.

Fitur-fitur yang ada di aplikasi absensi kehadiran mobile ini dapat memudahkan urusan administrasi absen danpemantauan karyawan, dengan adanya perkembangan teknologi absensi kehadiran ini, absensi kehadiran bisa dilakukan lebih efisien dan mudah, tidak banyak membuang energi dan yang paling penting bisa menghubungkan jarak yang jauh. Yang paling penting, Aplikasi absensi kehadiran mobile ini memberikan kemudahan untuk kantor maupun untuk karyawan.

Salah satu aplikasi absensi kehadiran yang membantu memenuhi kebutuhan absensi kehadiran karyawan adalah Talenta by Mekari engan fitur yang mendukung untuk absensi kehadiran yang efisien dan mudah. Yuk mulai berlangganan Talenta by Mekari untuk pengalaman absensi kehadiran online yang menyenangkan dan efisien.Talenta adalah salah satu merk HRIS (human resources information system), yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia. Software HRIS biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi kehadiran, dan performance appraisal.

Sehingga hadirnya Talenta by Mekari memberikan solusi dengan menghadirkan aplikasi HRD yang dapat diakses secara online dan dapat membantu mengotomatisasi proses speerti pembayaran gaji dan absensi kehadiran dalam suatu dashboard yang mudah digunakan.

Talenta menggunakan business model managed subscription, jadi anda berlangganan secara tahunan ke Talenta untuk menggunakan software ini. Tidak bisa bayar sekali didepan lalu pakai selamanya.

Selain itu, semua data yang ada di dalam aplikasi Talenta by Mekari akan terjamin keamanannya, karena kami memiliki kualitas keamanan standar ISO 27001 yang setara dengan bank.

Talenta juga menggunakan teknologi enkripsi sehingga data-data yang tersimpan tidak akan dapat dilihat oleh pihak yang tidak berwenang.

Fitur Talenta by Mekari:

Berikut beberapa fitur utama yang dapat membantu HR dalam mengelola sumber daya manusia suatu perusahaan.

- Software attendance management: untuk mengelola cuti, absen, jadwal shift kerja, perhitungan lembur dan timesheet karyawan.

- Aplikasi absensi kehadiran mobile: untuk mengelola kehadiran karyawan tanpa perlu menggunakan mesin fingerprint.

- Aplikasi HRIS: untuk mengelola database karyawan, proses rekrutmen hingga manajemen aset.

- Software payroll: untuk melakukan penggajian lebih efisien dengan perhitungan yang akurat dan cepat.

- Aplikasi slip gaji: untuk mengelola slip gaji karyawan dengan lebih aman dan mudah diakses kapan saja dan dimana saja.

Dengan fitur - fitur ini, HR dapat mengelola rekrutmen karyawan dengan lebih mudah, mulai dari job listing, penjadwalan interview, hingga onboarding hanya dalam satu aplikasi yang terintegrasi dan berbasis online.

Tertarik mencoba Talenta secara gratis? Kunjungi Talenta.co sekarang juga!

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Rochmat Shobirin

EKORAN

TERBARU

  • Kiat Agar Selalu Semangat di Pagi Hari
    Kiat Agar Selalu Semangat di Pagi Hari
    03/10/2022 - 04:27
  • Jangan Ragu Makan Buah Leci, Manfaatnya Menakjubkan Lho
    Jangan Ragu Makan Buah Leci, Manfaatnya Menakjubkan Lho
    03/10/2022 - 03:22
  • Tidak Membersihkan Make Up saat Tidur? Waspadai Risikonya
    Tidak Membersihkan Make Up saat Tidur? Waspadai Risikonya
    03/10/2022 - 01:21
  • Tidur Nyenyak dan Nyaman dengan Langkah Sederhana Ini
    Tidur Nyenyak dan Nyaman dengan Langkah Sederhana Ini
    03/10/2022 - 00:32
  • Komentar Tidak Sopan Terhadap Tragedi Stadion Kanjuruhan, Polres Bantul Pastikan Akun Twitter Polsek Srandakan Diretas
    Komentar Tidak Sopan Terhadap Tragedi Stadion Kanjuruhan, Polres Bantul Pastikan Akun Twitter Polsek Srandakan Diretas
    02/10/2022 - 23:48

TIMES TV

Jelajah Kopi Nusantara: Kopi Taji Dulu Kini dan Nanti

Jelajah Kopi Nusantara: Kopi Taji Dulu Kini dan Nanti

11/08/2022 - 17:08

Aremania Jemput Juara Piala Presiden 2022

Aremania Jemput Juara Piala Presiden 2022
Mengenang Sejarah Nabi di Jabal Uhud

Mengenang Sejarah Nabi di Jabal Uhud
Friendly Match PSIS vs Arema FC, Suporter Nyanyi ke Stadion Lagi

Friendly Match PSIS vs Arema FC, Suporter Nyanyi ke Stadion Lagi
Petugas Haji Gelar Gladi Posko, Siap Sambut JCH Indonesia

Petugas Haji Gelar Gladi Posko, Siap Sambut JCH Indonesia

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Diseminasi Nilai Kearifan Lokal Sebagai Upaya Mitigasi Risiko Bencana
    Diseminasi Nilai Kearifan Lokal Sebagai Upaya Mitigasi Risiko Bencana
    01/10/2022 - 16:19
  • Perkuat SRA, Menekan Banyaknya Tingkat Kekerasan pada Anak
    Perkuat SRA, Menekan Banyaknya Tingkat Kekerasan pada Anak
    01/10/2022 - 15:14
  • Urgensi Strategi Komunikasi Pemasaran bagi Petani Milenial
    Urgensi Strategi Komunikasi Pemasaran bagi Petani Milenial
    01/10/2022 - 14:00
  • Pancasila Sakti
    Pancasila Sakti
    01/10/2022 - 06:01
  • Praktik Diktator Konstitusional dan Bayang-bayang Komunisme
    Praktik Diktator Konstitusional dan Bayang-bayang Komunisme
    30/09/2022 - 09:01
  • Dampak Limbah Peternakan
    Dampak Limbah Peternakan
    29/09/2022 - 20:43
  • Gerakan Moral Petruk Jadi Raja
    Gerakan Moral Petruk Jadi Raja
    29/09/2022 - 12:12
  • Konsep Manajemen Dalam Islam
    Konsep Manajemen Dalam Islam
    29/09/2022 - 11:10

KULINER

  • Hangatkan Tubuh dengan Peuyeum Bandung, Yuk Rasakan Nikmatnya
    Hangatkan Tubuh dengan Peuyeum Bandung, Yuk Rasakan Nikmatnya
    30/09/2022 - 06:04
  • Menyicip Kuliner Nasi Ayam Kungpao dan Nasi Ayam Rempah ala Depot 2 Legenda
    Menyicip Kuliner Nasi Ayam Kungpao dan Nasi Ayam Rempah ala Depot 2 Legenda
    29/09/2022 - 04:38
  • 6 Jajanan Berbahan Aci yang Enak di Bandung
    6 Jajanan Berbahan Aci yang Enak di Bandung
    29/09/2022 - 02:21
  • Ulen Juara, Jajanan Tradisional Rasa Kekinian
    Ulen Juara, Jajanan Tradisional Rasa Kekinian
    26/09/2022 - 16:32
  • BBQ Seafood Luminor Hotel Jember, Menu Hasil Laut yang Menggugah Selera
    BBQ Seafood Luminor Hotel Jember, Menu Hasil Laut yang Menggugah Selera
    26/09/2022 - 10:01