Peristiwa Internasional

Dalam Hitungan Jam NASA Akan Luncurkan Artemis I ke Bulan

Senin, 29 Agustus 2022 - 19:06 | 23.99k
Artemis I yang akan diluncurkan dalam hitungan jam oleh NASA ke bulan. (Foto: Tangkapan Layar) 
Artemis I yang akan diluncurkan dalam hitungan jam oleh NASA ke bulan. (Foto: Tangkapan Layar) 

TIMESINDONESIA, JAKARTANASA berencana akan meluncurkan pesawat Artemis I ke Bulan hari ini. Terlihat dari live video NASA, badan antariksa AS ini sudah megirimkan beberapa teknisi untuk menyiapkan kesiapan pesawat dan mengecek segala sesuatunya termasuk mesin.

Peluncuran ini akan dilaksanakan melalui landasan NASA di Kennedy Space Center, Senin (29/08/2022). Peluncuran ini sejatinya dijadwalkan pada tahun 2017 kemarin. Namun karena beberapa kendala NASA harus menunda peluncuran tersebut hingga saat ini.

Artemis I merupakan pesawat ruang angkasa tanpa awak yang memiliki tujuan jangka panjang. Ke depannya  pesawat ruang angkasa ini direncanakan akan memiliki seri yakni Artemis II dan Artemis III.

Beberapa rencana jangka panjang seperti mengirim wanita pertama serta awak pesawat berkulit selain putih ke bulan juga menjadi rencana jangka panjang mereka.

Selain itu, mereka juga kini tengah memikirkan cara untuk membuat base camp NASA di bulan yang nantinya akan memperbolehkan mereka merakit pesawat luar angkasa di bulan. Pesawat rakitan di bulan tersebut rencananya akan di luncurkan ke mars.

Peluncuran Artemis I ini akan menjadi titik tumpu bagi peluncuruan seri Artemis selanjutnya. Kendala apa atau kesuksesan apa yang telah dicapai dalam peluncuran tersebut akan di rekam dan kemudian dipelajari dan menjadi acuan pesawat  berikutnya.

Pesawat luar angkasa yang di cat warna jingga ke merah-merahan ini dilengkapi dengan roket SLS dan pesawat ruang angkasa kecil di ujung atas pesawat yang disebut sebagai pesawat Orion. SLS akan difungsikan untuk mendorong Orion hingga ke orbit bulan.

Dilansir dari laman NASA, tujuan mereka mendaratkan Artemis I ke bulan yakni untuk menemukan penemuan ilmiah lainnya. Keuntungan ekonomi dan memberikan inspirasi bagi generasi mendatang serta menjaga AS menjadi negara pioner pesawat runag angkasa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES