Kesehatan

Tidak Hanya Bikin Masakan Wangi Semerbak, Ini Manfaat Lain Minyak Wijen

Senin, 29 Agustus 2022 - 10:27 | 75.40k
Ilustrasi minyak wijen. (foto: (shutterstock.com))
Ilustrasi minyak wijen. (foto: (shutterstock.com))

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penggemar masakan China, Korea dan Jepang tentunya sudah tak asing lagi dengan minyak wijen ya. Sebenarnya tak hanya tiga negara itu yang kerap menambahkan minyak wijen dalam masakan, tapi juag India Selatan hingga beberapa daerah di Timur Tengah. 

Menambahkan minyak wijen pada masakan akan menambah aroma sedap. Minyak wijen merupakan minyak yang dibuat dari biji wijen dengan proses pressing (penekanan) pada biji wijen. 

Minyak ini ada dua jenis, yaitu minyak wijen panggang dan biasa. Penggunaan kedua jenis minyak wijen ini juga berbeda. 

Minyak wijen biasa memiliki rasa yang netra; dan dapat menahan panas tinggi. Sehingga dapat digunakan seperti minyak goreng biasa untuk menggoreng maupun memanggang. Namun kebanyakan orang menggunakan minyak wijen ini untuk menumis. 

Sedangkan minyak wijen panggang paling baik digunakan dalam metode memasak dengan api kecil. Atau ditambahkan di akhir atau setelah memasak. 

Minyak wijen panggang biasanya ditambahkan dalam saus dan marinasi bumbu. 

Jenis minyak wijen ini nggak cocok untuk menggoreng atau dimasak terlalu lama dengan api besar, karena justru akan menghilangkan rasa serta aroma. 

Namun minyak wijen panggang ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Dalam pengobatan tradisional China minyak wijen panggang dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah, menghangatkan tubuh dan menutrisi rambut. 

Minyak wijen juga dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit jantung, mengontrol gula darah, meredakan nyeri, membantu meredakan gejala artritis, hingga mempercantik kulit dengan melindungi dampak sinar matahari. 

Itu karena minyak wijen mengandung ragam vitamin dan minera. Mulai dari vitamin B1, protein, lemak, niasin, kalsium, natriun, zat besi dan lainnya. Minyak wijen juga mengandung antioksidan, antomikroba dan antiradang. Dua jenis antioksidan yang paling kuat dalam minyak wijen adalah sesamol dam sesaminol. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES