Wisata

Baru Dibuka, Yuk Intip Keindahan Wisata Air Terjun Rotjorot Banyuwangi

Minggu, 28 Agustus 2022 - 22:12 | 192.10k
Keindahan air terjun Rotjorot (RJR) desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. (Foto: Ahmad Sahroni/TIMES Indonesia)
Keindahan air terjun Rotjorot (RJR) desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. (Foto: Ahmad Sahroni/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur terkenal dengan wisatanya yang luar biasa. Salah satu yang masih fresh yaitu wisata air terjun Rotjorot (RJR) yang berada di Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi.

Wisata air terjun RJR menawarkan keindahan air yang mengalir dari ketinggian kurang lebih 25 meter. Kejernihan air dan suasana yang masih alami serta asri menambah nilai lebih untuk dijadikan referensi sebagai wisata tujuan berlibur. Akses jalan yang mudah dilalui, dengan melewati hamparan kebun cengkeh semakin menambah keindahan wisata air RJR.

"Nama Rotjorot sendiri kalau diartikan dalam bahasa jawa adalah Plorotan. Jadi air yang berseluncur dari ketinggian," kata Kepala Desa Bayu, Sugito, Minggu (28/8/2022).

air-terjun-Rotjorot-a.jpgKeindahan air terjun Rotjorot (RJR) desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. (Foto: Ahmad Sahroni/TIMES Indonesia)

Wisata air terjun RJR, lanjut Sugito, menjadi salah satu destinasi wisata baru. Namun meskipun baru, pihaknya telah menyiapkan beberapa rencana agar wisata RJR menjadi wisata favorit masyarakat. Dengan mengembangkan pariwisata yang berkonsep alam dan modern. 

"Kami melihat ada potensi yang bagus, kemudian kita berkoordinasi dengan semua pihak yang membidangi," ungkap Sugito, saat pembukaan wisata air terjun Rotjorot.

Potensi RJR, tambah Sugito, terus digali hingga bisa menjadi ikon desa. Dengan harapan, semakin banyak pengunjung yang hadir, perekonomian masyarakat bisa terdongkrak dengan berjualan di wilayah wisata air terjun RJR.

"Kita terus berupaya dengan berinovatif mengelola wisata air RJR," terangnya.

air-terjun-Rotjorot-b.jpgKeindahan air terjun Rotjorot (RJR) desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. (Foto: Ahmad Sahroni/TIMES Indonesia)

Camat Songgon, melalui Sekretaris Kecamatan (Sekcam), Tanto Sulistryono mengatakan wisata air terjun RJR menambah kamus wisata yang wajib dikunjungi.

Hal tersebut bukan karena sebab, karena memang harus diakui wisata air terjun menjadi salah satu usaha untuk mengembangkan perekonomian warga melalui beberapa kegiatan yang rencananya dilakukan di wisata air terjun Rotjorot. "Melihat potensi yang ada, bukan tidak mungkin Songgon, menjadi Kecamatan yang memiliki banyak wisata," terangnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES