Kuliner

Getuk, Salah Satu Jajanan Kaki Lima Terenak di Asia Menurut CNN

Jumat, 26 Agustus 2022 - 00:04 | 84.97k
Beberapa warna getuk lindri. (FOTO: Vivera Siregar/Flickr)
Beberapa warna getuk lindri. (FOTO: Vivera Siregar/Flickr)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – CNN merilis 50 deretan jajanan kaki lima terenak di Asia. Tentunya ada beberapa diantaranya yang berasal dari Indonesia. Salah satunya getuk. Jajanan penuh warna dan rasa yang gurih ini menjadi salah satu pilihan editor untuk di coba saat mengunjungi negara Khatulistiwa ini.

Getuk merupakan jajanan pasar yang mudah ditemukan di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Makanan ini umumnya terbuat dari singkong yang ditumbuk halus dan diberi parutan kelapa.

Rasa khas dari singkong kukus yang ditumbuk dengan aroma wangi daun pandan membuat makanan ini sangat cocok dijadikan teman ngopi saat cuaca dingin di pagi atau sore hari.

Makanan ini juga dibuat dalam berbagai warna yang menarik. Sebut saja hijau, kuning, biru, pink, coklat, atau putih dengan tetap mengedepankan rasa khas getuk. Ada beberapa jenis getuk yang bisa ditemukan di Indonesia, getuk lindri dan getuk singkong contohnya.

Proses pembuatannya keduanya hampir sama. Hanya pada proses akhir saja yang berbeda. Getuk singkong contohnya. Anda cukup mengukus potongan singkong selama beberapa menit hingga singkong matang. Kemudian saat masih panas tumbuk singkong tersebut hingga halus.

Beberapa orang akan menyukai rasa tawar dan langsung menghidangkannya dengan parutan kelapa. Beberapa lainnya ada yang memilih menambahnya dengan gula merah yang dilelehkan kemudian diaduk hingga rata sebelum disajikan.

Sedangkan untuk getuk lindri proses awalnya sama yakni mengukus dan menumbuk singkong. Namun setelah ditumbuk anda perlu menambahkan beberapa bahan seperti gula putih, susu kental manis, dan pewarna makanan.

Kemudian anda memerlukan cetakan untuk membuat getuk anda memanjang seperti gagang sate dan melipatnya hinga berbentuk gendut seperti yang biasa anda temui di kaki lima.

"Sangat mustahil untuk melewatkan makanan penutup yang menarik perhatian dengan warna cerahnya ini tanpa berhenti untuk mencicipinya," tulis CNN dalam artikelnya.

Selain getuk ada beberapa makanan indonesia lainnya yang dikategorikan oleh CNN sebagai jajanan kaki lima terenak. Gado-gado, kerak telor, dan rujak juga termasuk dalam 50 jajanan kaki lima terenak di Asia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES