News Commerce

Akuntan Wajib Tahu, Ini Fungsi Laporan Arus Kas Serta Tips Membuatnya dengan Mudah

Selasa, 23 Agustus 2022 - 09:52 | 21.17k
Akuntan Wajib Tahu, Ini Fungsi Laporan Arus Kas Serta Tips Membuatnya dengan Mudah
Ilustrasi Aplikasi Buku Kas. (Foto: aqi.co.id)
Editor: Deasy Mayasari

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebagai akuntan, ada banyak hal yang mesti Anda pelajari mengenai laporan  arus kas. Pasalnya, fungsi dan peran akuntan dalam kesehatan kondisi keuangan sebuah bisnis sangat vital. Kondisi keuangan sebuah perusahaan bergantung pada bagaimana kemampuan dan tanggung jawab seorang akuntan dalam memanage dan melakukan audit arus keluar masuk keuangan. Salah satu skill yang harus dimiliki seorang akuntan adalah ketelitian. Skill tersebut membantu dan  mempermudah pekerjaan seorang akuntan. Selain ketelitian, seorang akuntan juga harus tahu apa itu laporan arus kas.

Laporan arus kas adalah laporan keuangan yang merangkum transaksi uang masuk dan uang keluar dalam sebuah usaha. Laporan arus kas dibuat per periode akuntansi, baik itu bulanan, triwulan, maupun tahunan.

Singkatnya laporan arus kas atau cash flow merupakan laporan yang memperlihatkan secara rinci arus kas yang masuk (penerimaan) dan kas yang keluar (pengeluaran) dari suatu perusahaan. Selain itu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arus kas berarti pemasukan dan pengeluaran uang tunai perusahaan berdasarkan harian, mingguan, dan dalam rentang waktu tertentu.

Di dalam laporan keuangan arus kas biasanya meliputi jumlah kas yang masuk atau diterima berupa uang tunai dan investasi tunai dari pemilik perusahaan, lalu jumlah kas yang dikeluarkan oleh perusahaan, seperti utang dan beban-beban yang perlu dibayarkan.

Laporan arus kas umumnya disusun berdasarkan data-data dari laporan laba rugi selama periode berjalan dan dari data neraca pada periode sebelumnya. Sementara arus kas sendiri dibagi menjadi tiga macam aktivitas, yakni operasional, investasi, dan pendanaan. Laporan cash flow ini bisa digunakan untuk semua kegiatan, mulai dari skala kecil yaitu rumah tangga hingga perusahaan skala besar.

Oleh karena itu, laporan kas seringkali dimanfaatkan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan di masa lalu, serta membuat perencanaan untuk investasi dan kegiatan pembiayaan di masa yang akan datang.

Laporan Arus Kas ini sangat berguna untuk mengetahui kas yang ada di dalam perusahaan untuk keperluan operasional maupun dadakan. Salah satu yang membutuhkan cashflow reguler adalah pelaporan dan pembayaran pajak.

Banyak orang sudah tahu kalau laporan arus kas itu berguna banget untuk tahu bagaimana kondisi usaha sekarang ini. Tidak sampai di situ, laporan ini adalah cerminan dari usaha Anda.

Berikut ini fungsi dan cara mudah menyusun laporan arus kas yang bisa Anda jadikan panduan. 

Fungsi Laporan Arus Kas

Baik bagi Anda sebagai pemilik usaha maupun pihak luar yang berkepentingan (seperti investor) bisa melihat seberapa sehat kondisi keuangan usaha melalui laporan masuk-keluar kas.

Memiliki laporan yang rapi dan selalu diperbaharui juga bisa membantu Anda menilai hal-hal berikut ini:

1.    Mampukah usaha terus mendatangkan keuntungan?

Laporan arus kas akan membantu Anda untuk melihat potensi usaha Anda di periode akuntansi selanjutnya.

Misalnya, Anda melihat bahwa arus kas masuk di bulan Juni lebih besar daripada arus kas keluar di bulan April dan Mei. Ini tandanya usaha Anda mengalami peningkatan yang bisa dilihat angkanya dari total penambahan kas. 

2.    Langkah selanjutnya apa yang bisa diambil untuk usaha Anda?

Mungkin Anda berniat untuk membeli peralatan baru atau membuka toko cabang. Sebelum buru-buru mengambil keputusan, Anda bisa melihat laporan keuangan yang terbaru.

Jika Anda melihat arus kas keluar masih lebih besar dari arus kas masuk, atau selisih arus kas masuk dan arus kas keluar yang terbilang kecil, sebaiknya Anda tunda dulu transaksi pembelian maupun investasi yang besar. 

3.    Bagaimana kondisi utang usaha?

Sewa toko, utang, cicilan pinjaman, sampai dividen untuk investor, semua hal ini merupakan kewajiban usaha yang wajib Anda penuhi. Laporan arus kas mencatat semua transaksi tersebut.

Melihat laporan bulan ini dan bulan-bulan sebelumnya, Anda bisa mengetahui kemampuan usaha Anda dalam memenuhi kewajibannya. 

Komponen Penting dalam Arus Kas

Dalam menyusun laporan kas, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Hal yang utama dan paling utama adalah mengkategorikan berbagai macam transaksi keuangan.

Jadi, laporan arus kas adalah laporan yang terstruktur, terbagi-bagi dalam 3 komponen penting yang tidak bisa dilewatkan. 

1.    Arus kas dari aktivitas operasi

Sesuai dengan namanya, transaksi yang masuk dalam arus kas dari aktivitas operasi meliputi uang masuk hasil penjualan dan pelunasan piutang. Selain itu, Anda juga perlu memasukkan pengeluaran dari kas yang tujuannya untuk menjamin operasional usaha Anda.

Contohnya seperti biaya sewa toko, gaji karyawan, tagihan listrik dan air, biaya iklan, bayar pajak, dan sejenisnya. Aktivitas operasi biasanya dimasukkan di urutan teratas ketika membuat laporan ini.

2.    Arus kas dari aktivitas investasi

Komponen ini meliputi transaksi pembelian yang tujuannya untuk kegiatan investasi, mulai dari penjualan dan pembelian tanah sampai pengadaan peralatan baru.

Misalnya untuk toko kue, maka aktivitas investasinya bisa terdiri dari pembelian oven baru dan ruko baru sebagai toko cabang. 

3.    Arus kas dari aktivitas pendanaan

Di komponen ini, masukkan transaksi yang meliputi penerimaan dana dari pinjaman maupun investor serta pengeluaran yang berkaitan dengan pendanaan usaha.

Contohnya, uang masuk pencairan dana pinjaman online dan uang keluar dari membayar dividen investor serta cicilan pinjaman bank. 

Kenapa Laporan Arus Kas Penting untuk Dibuat?

Ketika sesuatu hal itu dirasa tidak penting atau tidak dibutuhkan, maka kita sudah pasti tidak akan melakukannya. Akan tetapi, laporan arus kas ini penting ketika kamu mendirikan sebuah perusahaan. Karena laporan ini sangat membantu untuk mengetahui dan menentukkan tindakan apa yang akan diambil demi memaksimalkan keuntungan perusahaan.

Selain itu masih ada beberapa keuntungan lagi yang bisa kamu dapatkan dari membuat laporan arus kas ini. Berikut ini keuntungannya:

●    Memudahkan melihat posisi keuangan perusahaan

Dengan adanya laporan arus kas, kamu akan lebih mudah untuk melihat dan memantau posisi keuangan yang terus bergerak selama periode berjalan. Jika arus kas perusahaan cenderung menuju ke arah positif, maka perusahaan mendapatkan pemasukan lebih. Begitu juga sebaliknya, apabila nilainya mengarah negatif berarti perusahaan sedang defisit.

●    Poin penting untuk menilai suatu perusahaan

Dari laporan arus kas yang disajikan, kita bisa dengan mudah melihat bagaimana kondisi keuangan dari suatu perusahaan, termasuk juga investasi dari perusahaan yang nantinya bisa ditunjukkan kepada para investor. Kemudian, aliran kas ini juga jadi poin penting dalam memberikan penilaian bagi kinerja perusahaan.

●    Memperkitakan rencana masa depan perusahaan

Melalui laporan arus kas, para manajer bisa menjadikannya sebagai landasan untuk memperkirakan masa depan perusahaan. Hal itu dikarenakan perusahaan bisa mengetahui keadaan internalnya dari laporan tersebut.

Laporan aliran kas ini juga bisa dipakai untuk mengevaluasi kinerja perusahaan. Dengan begitu perusahaan bisa memperhitungkan secara matang strategi keuangannya di masa yang akan datang.

Tak hanya itu saja, dari laporan arus kas ini jadi salah satu cara buat perusahaan untuk semakin berkembang lebih baik lagi. Melalui laporan ini, perusahaan bisa menentukan seperti apa manajemen yang baik, perencanaan yang lebih matang dan terstruktur. Dengan begitu, evaluasi dan perbaikan bisa dilakukan secara maksimal.

Cara Penyusunan Laporan Arus Kas

Laporan arus kas adalah laporan yang bisa disusun menggunakan dua metode berbeda, yaitu metode langsung dan tidak langsung. Untuk metode langsung, Anda hanya membutuhkan buku kas bank serta buku petty cash. Berikut langkah-langkahnya:

●    Periksa apakah buku kas bank dan petty cash sudah sesuai apa belum. Bila ada yang transaksi ganda, hapus salah satu. 
●    Pisahkan setiap transaksi ke arus kas dari aktivitas operasi, aktivitas investasi, dan aktivitas pendanaan.
●    Jumlahkan nominal di setiap komponen arus kas (sub total). Hitung selisih arus kas masuk dan keluar untuk membuat kenaikan/penurunan kas. Masukkan juga info kas di awal periode dan kas di akhir periode. 

Cukup mudah, bukan? Meski begitu, laporan arus kas adalah pencatatan keuangan yang membutuhkan ketelitian tinggi. Pastikan Anda mencatat segala transaksi dalam usaha Anda untuk mempermudah penyusunan laporan keuangan.

Untuk membantu Anda, ada aplikasi buku kas Jurnal by Mekari, yang bisa Anda gunakan untuk mencatat transaksi penjualan toko online, toko offline, media sosial, dan kanal penjualan lainnya. Dengan Jurnal, Anda tak lagi perlu menghitung secara manual. Serahkan saja semuanya dengan layanan ini!

Jurnal.id merupakan aplikasi buku kas online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal.id adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Jurnal.id hadir sebagai aplikasi buku kas untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan Jurnal.id, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Jurnal.id bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan aplikasi buku kas ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.

Jadi, sistem akuntansi Jurnal.id menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time. Menariknya, Jurnal.id telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin.

Selain itu, Jurnal memiliki banyak fitur didalamnya seperti:

•    Fitur pembelian di mana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.
•    Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.
•    Cash link.
•    Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.
•    Manajemen Stok

Dengan menggunakan Jurnal, Anda juga dapat mengakses data secara realtime, kapan pun dan di mana pun. Bagi Anda pemilik online shop, manfaatkan juga aplikasi buku kas online shop untuk membantu pekerjaan Anda. Nikmati kesempatan free trial aplikasi buku kas Jurnal selama 14 hari.

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Rochmat Shobirin

EKORAN

TERBARU

  • Bicara Buku Pustaka Bersama Wakil Rakyat, Fadel Muhammad: Setiap Masalah Pasti Ada Jalan Keluarnya
    Bicara Buku Pustaka Bersama Wakil Rakyat, Fadel Muhammad: Setiap Masalah Pasti Ada Jalan Keluarnya
    28/09/2022 - 14:15
  • Bangunan Soliditas dalam Verifikasi Partai Politik
    Bangunan Soliditas dalam Verifikasi Partai Politik
    28/09/2022 - 14:03
  • Kebakaran di Paciran Lamongan Tewaskan Ibu dan Anak
    Kebakaran di Paciran Lamongan Tewaskan Ibu dan Anak
    28/09/2022 - 13:39
  • Kasus Kematian Demam Berdarah di Jatim Capai 110 Orang
    Kasus Kematian Demam Berdarah di Jatim Capai 110 Orang
    28/09/2022 - 13:27
  • Soundquriang 9 Padukan Hiburan, Promosi Budaya Indonesia dan Konser Amal
    Soundquriang 9 Padukan Hiburan, Promosi Budaya Indonesia dan Konser Amal
    28/09/2022 - 12:47

TIMES TV

Jelajah Kopi Nusantara: Kopi Taji Dulu Kini dan Nanti

Jelajah Kopi Nusantara: Kopi Taji Dulu Kini dan Nanti

11/08/2022 - 17:08

Aremania Jemput Juara Piala Presiden 2022

Aremania Jemput Juara Piala Presiden 2022
Mengenang Sejarah Nabi di Jabal Uhud

Mengenang Sejarah Nabi di Jabal Uhud
Friendly Match PSIS vs Arema FC, Suporter Nyanyi ke Stadion Lagi

Friendly Match PSIS vs Arema FC, Suporter Nyanyi ke Stadion Lagi
Petugas Haji Gelar Gladi Posko, Siap Sambut JCH Indonesia

Petugas Haji Gelar Gladi Posko, Siap Sambut JCH Indonesia

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Bangunan Soliditas dalam Verifikasi Partai Politik
    Bangunan Soliditas dalam Verifikasi Partai Politik
    28/09/2022 - 14:03
  • Politik Identitas Jujur vs Palsu 
    Politik Identitas Jujur vs Palsu 
    28/09/2022 - 08:44
  • Metamorfosa Asimetris
    Metamorfosa Asimetris
    27/09/2022 - 17:58
  • Gotong-Royong Menyempurnakan RUU Sisdiknas
    Gotong-Royong Menyempurnakan RUU Sisdiknas
    27/09/2022 - 07:03
  • Korupsi Pendidikan Indonesia
    Korupsi Pendidikan Indonesia
    26/09/2022 - 13:16
  • Penegakan Hukum; Problem Struktur Hukum dan Etika Profesi
    Penegakan Hukum; Problem Struktur Hukum dan Etika Profesi
    25/09/2022 - 11:17
  • Demam Sound Horeg dan Kebangkitan Ekonomi Kerakyatan
    Demam Sound Horeg dan Kebangkitan Ekonomi Kerakyatan
    25/09/2022 - 09:13
  • Nasib Petani Tanaman Pangan Kita
    Nasib Petani Tanaman Pangan Kita
    25/09/2022 - 01:29

KULINER

  • Ulen Juara, Jajanan Tradisional Rasa Kekinian
    Ulen Juara, Jajanan Tradisional Rasa Kekinian
    26/09/2022 - 16:32
  • BBQ Seafood Luminor Hotel Jember, Menu Hasil Laut yang Menggugah Selera
    BBQ Seafood Luminor Hotel Jember, Menu Hasil Laut yang Menggugah Selera
    26/09/2022 - 10:01
  • Menikmati Sorabi Legendaris Abah Rahman di Alun-Alun Kota Banjar
    Menikmati Sorabi Legendaris Abah Rahman di Alun-Alun Kota Banjar
    25/09/2022 - 15:42
  • Pecel Mbok Marem, Menu Sarapan Legendaris di Kabupaten Blitar 
    Pecel Mbok Marem, Menu Sarapan Legendaris di Kabupaten Blitar 
    25/09/2022 - 06:39
  • Resep Potato Cheese Bread Ala Korea yang Tengah Viral
    Resep Potato Cheese Bread Ala Korea yang Tengah Viral
    25/09/2022 - 05:01