Glutera News

Chair Workout, Olahraga Menyenangkan Pakai Kursi 

Minggu, 21 Agustus 2022 - 11:16 | 17.18k
Chair Workout, Olahraga Menyenangkan Pakai Kursi 
glutera news.
Editor: Dhina Chahyanti

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak di antara kita yang malas melakukan aktivitas olahraga jika dilakukan di luar ruangan. Selain malas gerak (mager), berolahraga outdoor juga membutuhkan waktu yang lebih banyak. Untuk itu, solusinya bagi kamu yang ingin tetap sehat, namun terlalu mager dan tidak punya banyak waktu adalah dengan melakukan olahraga di rumah sendiri.

Dengan olahraga indoor ini, kamu bisa lebih menghemat waktu dan praktis untuk dilakukan.

Hari gini siapa sih yang pede punya perut buncit? Nggak heran banyak orang rela melakukan berbagai hal demi dapat mengecilkan perut, salah satunya adalah pergi ke gym.

Namun terkadang rutinitas yang super padat membuat banyak orang tak sempat ke gym. Belum lagi biaya pergi ke gym nggak murah bagi sebagian orang. Lah trus solusinya gimana dong? Pakai kursi! Iya, kamu nggak salah denger. Nggak perlu ke gym, cuma pakai kursi kamu sudah bisa ngecilin perut. Yang penting niat dan konsisten. Berikut variasi gerakan olahraga sederhana dengan alat bantu kursi.

1. Double knee lift
Untuk melakukan gerakan ini, duduklah dengan tegak di atas kursi, sambil kedua tangan berpegangan pada kedua sisi kursi. Lalu angkat kedua lutut kaki hingga ke dada. Lakukan secara berulang. Menurut Dr Michael, gerakan ini sangat ampuh untuk membakar lemak di area perut.

2. Knee-to-chest lift.
Hampir sama seperti gerakan pertama, bedanya gerakan ini hanya satu kaki. Caranya, duduklah di kursi dengan posisi punggung lurus, tapi jangan bersandar ke kursi. Posisi kaki dibuka selebar pinggul.
Perlahan-lahan, angkat lutut sebelah kanan hingga menyentuh dada dan punggung tetap lurus. Tahan 5-8 detik lalu kembalilah ke posisi semula dan ulangi gerakan di atas secara bergantian dengan lutut kiri sebanyak 20-30 kali.

3. Bending
Gerakan ini mengharuskan kamu menyentuh jari kaki dengan jari tangan. Caranya, duduk di kursi dengan tegap dan buka kaki selebar bahu. Kemudian rentangkan kedua tangan sejajar dengan bahu.
Selanjutnya bawa tangan kirimu menyentuh jari-jari kaki kananmu. Kemudian kembali ke posisi semula dan ulangi gerakan yang sama bergantian dengan tangan kanan sebanyak 20-30 kali.

4. Push up
Gerakan selanjutnya adalah push up. Pada dasarnya gerakan ini sama dengan push up yang dilakukan di atas lantai. Jadi simpan kedua tangan pada pegangan kursi, lalu angkat tubuhmu ke atas dan kembali ke bawah. Lakukan gerakan push up secara berulang.

5. Triceps dips
Pastikan Anda tidak menggunakan kursi tanpa roda. Lalu miringkan tubuh sambil membelakangi kursi, dan kedua tangan memegang ujung kursi, sementara kaki menempel kuat di lantai. Tekuk siku dan turunkan tubuh Anda, luruskan lengan dan angkat tubuh ke posisi semula, lakukan secara berulang.

6. Body lift
Gerakan ini menuntut kamu untuk mengangkat tubuhmu dengan menggunakan tangan. Sebelum melakukan gerakan ini, pastikan kamu menggunakan kursi yang kuat dan aman.

Caranya, duduklah seperti biasa di kursi dengan badan tegap. Perlahan-lahan angkat badanmu hingga pinggang dan kakimu melayang di udara. Gunakan otot perutmu untuk mengangkat lutut ke dada.
Bertahanlah dalam posisi tersebut sekitar 15-20 detik kemudian secara perlahan kembalilah ke posisi semula. Ulangi gerakan tersebut sebanyak 4 kali.

7. Planking
Bersandarlah pada ujung sebuah kursi lalu tegakkan badan kita sehingga membentuk sebuah garis lurus. Kurang lebih ini adalah posisi planking dengan bertumpu pada kursi. Jaga agar punggung tetap lurus tegak, tahan tubuh dalam posisi planking selama 30 detik. Berusahalah untuk menambah durasi latihan sebanyak 10 detik setiap harinya. Jadi kalau hari ini 30 detik, usahakan lusa sudah 50 detik.

Ketika kita sedang melakukan gerakan olahraga menggunakan kursi, ada baiknya, sebelum memulai kita melakukan pemanasan, dan setelah berolahraga kita melakukan gerakan pendinginan. Hal ini dilakukan untuk menghindari cedera pada tubuh kita. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

EKORAN

TERBARU

  • Gas Air Mata di Tragedi Stadion Kanjuruhan Langgar Aturan FIFA
    Gas Air Mata di Tragedi Stadion Kanjuruhan Langgar Aturan FIFA
    02/10/2022 - 03:39
  • Berikut Kronologis Tragedi Kanjuruhan dari Pantauan di Lapangan
    Berikut Kronologis Tragedi Kanjuruhan dari Pantauan di Lapangan
    02/10/2022 - 03:18
  • QR Art Batik, Upaya Mr D One Finger Lestarikan Budaya Bangsa
    QR Art Batik, Upaya Mr D One Finger Lestarikan Budaya Bangsa
    02/10/2022 - 03:16
  • Tragedi Stadion Kanjuruhan, Puluhan Aremania Meninggal, LIB Hentikan Liga 1
    Tragedi Stadion Kanjuruhan, Puluhan Aremania Meninggal, LIB Hentikan Liga 1
    02/10/2022 - 03:02
  • Tragedi Stadion Kanjuruhan, PSSI Belum Bisa Pastikan Jumlah Korban Aremania
    Tragedi Stadion Kanjuruhan, PSSI Belum Bisa Pastikan Jumlah Korban Aremania
    02/10/2022 - 02:39

TIMES TV

Jelajah Kopi Nusantara: Kopi Taji Dulu Kini dan Nanti

Jelajah Kopi Nusantara: Kopi Taji Dulu Kini dan Nanti

11/08/2022 - 17:08

Aremania Jemput Juara Piala Presiden 2022

Aremania Jemput Juara Piala Presiden 2022
Mengenang Sejarah Nabi di Jabal Uhud

Mengenang Sejarah Nabi di Jabal Uhud
Friendly Match PSIS vs Arema FC, Suporter Nyanyi ke Stadion Lagi

Friendly Match PSIS vs Arema FC, Suporter Nyanyi ke Stadion Lagi
Petugas Haji Gelar Gladi Posko, Siap Sambut JCH Indonesia

Petugas Haji Gelar Gladi Posko, Siap Sambut JCH Indonesia

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Diseminasi Nilai Kearifan Lokal Sebagai Upaya Mitigasi Risiko Bencana
    Diseminasi Nilai Kearifan Lokal Sebagai Upaya Mitigasi Risiko Bencana
    01/10/2022 - 16:19
  • Perkuat SRA, Menekan Banyaknya Tingkat Kekerasan pada Anak
    Perkuat SRA, Menekan Banyaknya Tingkat Kekerasan pada Anak
    01/10/2022 - 15:14
  • Urgensi Strategi Komunikasi Pemasaran bagi Petani Milenial
    Urgensi Strategi Komunikasi Pemasaran bagi Petani Milenial
    01/10/2022 - 14:00
  • Pancasila Sakti
    Pancasila Sakti
    01/10/2022 - 06:01
  • Praktik Diktator Konstitusional dan Bayang-bayang Komunisme
    Praktik Diktator Konstitusional dan Bayang-bayang Komunisme
    30/09/2022 - 09:01
  • Dampak Limbah Peternakan
    Dampak Limbah Peternakan
    29/09/2022 - 20:43
  • Gerakan Moral Petruk Jadi Raja
    Gerakan Moral Petruk Jadi Raja
    29/09/2022 - 12:12
  • Konsep Manajemen Dalam Islam
    Konsep Manajemen Dalam Islam
    29/09/2022 - 11:10

KULINER

  • Hangatkan Tubuh dengan Peuyeum Bandung, Yuk Rasakan Nikmatnya
    Hangatkan Tubuh dengan Peuyeum Bandung, Yuk Rasakan Nikmatnya
    30/09/2022 - 06:04
  • Menyicip Kuliner Nasi Ayam Kungpao dan Nasi Ayam Rempah ala Depot 2 Legenda
    Menyicip Kuliner Nasi Ayam Kungpao dan Nasi Ayam Rempah ala Depot 2 Legenda
    29/09/2022 - 04:38
  • 6 Jajanan Berbahan Aci yang Enak di Bandung
    6 Jajanan Berbahan Aci yang Enak di Bandung
    29/09/2022 - 02:21
  • Ulen Juara, Jajanan Tradisional Rasa Kekinian
    Ulen Juara, Jajanan Tradisional Rasa Kekinian
    26/09/2022 - 16:32
  • BBQ Seafood Luminor Hotel Jember, Menu Hasil Laut yang Menggugah Selera
    BBQ Seafood Luminor Hotel Jember, Menu Hasil Laut yang Menggugah Selera
    26/09/2022 - 10:01