Kesehatan

Setelah Pulang dari Luar Negeri, Pasien Pertama Asal DKI Jakarta Mengalami Gejala Cacar Monyet

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 19:54 | 39.40k
Gedung Kemenkes. (FOTO: Akbar/TIMES Indonesia)
Gedung Kemenkes. (FOTO: Akbar/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Indonesia terkonfirmasi cacar monyet, pasien pertama yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) terkonfirmasi cacar monyet diketahui usai melakukan perjalanan dari luar negeri.

Hal tersebut disampaikan jubir Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH dalam konferensi persnya secara daring pada Sabtu (20/8/2022).

Syahril mengatakan, pasien terkonfirmasi positif cacar monyet yang berjenis kelamin laki-laki dan berumur 27 tahun dari Provinsi DKI Jakarta ini baru tiba dari luar negeri pada 8 Agustus 2022 lalu.

Kemenkes.jpgJubir Kemenkes dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH. (FOTO: tangkapan layar) 

"8 Agustus sampai di Jakarta, kemudian baru mulai gejalanya muncul tanggal 14 (Agustus) dengan muncul gejala demam juga tanggal 16 itu baru muncul ruam-ruam dan kemudian tanggal 18 dilakukan pemeriksaan dengan cepat oleh rumah sakit dan diperiksa dalam waktu satu hari itu hasilnya keluar PCR positif," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Kemenkes mengungkapkan dari 23 kasus yang ditangani oleh Kemenkes, sebanyak 22 kasus disingkirkan karena berdasarkan hasil PCRnya dinyatakan negatif. Sementara 1 orang terkonfirmasi positif berdasarkan hasil PCR pada Jumat (19/8/2022) malam.

Syahril mengungkapkan, pasien yang terkonfirmasi cacar monyet ini diketahui melakukan perjalanan keluar negeri dengan gejala demam.

"Dengan gejala di tanggal 14 itu ada demam kemudian juga ada gejala pembesaran kelenjar limfe. Tapi keadaannya baik, tidak sakit berat," tandas Jubir Kemenkes Syahril. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES