Tekno

WonderVerse Indonesia Hadirkan Keindahan Indonesia Melalui Teknologi Metaverse

Kamis, 18 Agustus 2022 - 21:27 | 55.75k
Peluncuran WonderVerse Indonesia (FOTO: Dok. Magnus Digital Indonesia)
Peluncuran WonderVerse Indonesia (FOTO: Dok. Magnus Digital Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Magnus Digital Indonesia, konsultan ad-tech marketing bagian dari Volare Advertising Network dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), mengembangkan WonderVerse Indonesia, sebuah teknologi Metaverse untuk mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia secara interaktif dan digital.

Teknologi Metaverse telah menjadi tren pada hampir semua lini di dunia. Banyak produsen berlomba-lomba memasarkan produknya secara virtual melalui teknologi ini karena beradaptasi dengan dunia digital menjadi suatu keharusan demi bertransformasi ke era ekonomi yang baru. Momentum inilah yang dimanfaatkan oleh Kemenparekraf melalui kerjasamanya dengan Magnus Digital Indonesia, untuk mengembangkan WonderVerse Indonesia.

Sebagai kementerian yang bertugas memajukan potensi pariwisata serta ekonomi kreatif tanah air, Kemenparekraf memiliki visi untuk menjadi yang terdepan dalam perlombaan ini. Salah satunya dengan menerapkan strategi 3G: Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama), dan Gaspol (Garap Semua Potensi Lapangan Usaha), yang digagas oleh Menteri Pariwisata dan Kreatif Ekonomi, Sandiaga Salahuddin Uno.

Magnus Digital Indonesia sendiri merupakan agensi iklan dan pemasaran berbasis teknologi yang telah bekerja sama dengan berbagai macam klien swasta maupun instansi pemerintahan. Perannya tidak lain adalah sebagai pengembang, pemasar, dan penanggung jawab platform baru ini.

Dengan adanya Metaverse, diharapkan Kemenparekraf dan Magnus Digital Indonesia, dapat menjadi yang pertama dalam mempromosikan keindahan dan keunikan Indonesia ke penjuru dunia.

Adapun tujuan dari proyek ini, selain mempromosikan pariwisata Indonesia ke tingkat nasional dan mancanegara, juga untuk mendorong industri ekonomi kreatif, khususnya pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif agar bisa mempromosikan produknya secara digital di WonderVerse Indonesia.

"Kita sedang dalam suatu transisi dimana digitalisasi mendorong transformasi dan platform-platform baru yang dapat mengangkat promosi pariwisata dan juga bagaimana ekonomi kreatif ini bisa kita tingkatkan dengan perkembangan teknologi. Dunia Metaverse yang terbaru ini, merupakan sebuah terobosan yang baru mulai dirasakan dan terakselerasi justru karena pandemi dimana kita bisa berkegiatan secara interaktif" ujar Sandiaga, Kamis (18/8/2022).

WonderVerse Indonesia memberikan kemudahan untuk diakses di mana saja melalui perangkat desktop, dengan pengembangan ke depannya menggunakan perangkat virtual reality (VR).

Hal ini semakin membuka peluang bagi industri pariwisata dan ekonomi kreatif untuk bisa menjangkau generasi muda kapan pun dan di mana pun mereka berada. Untuk bisa mendapatkan pengalaman terbaik dalam bermain, ada spesifikasi minimum yang harus dipenuhi untuk perangkat elektronik yang digunakan atau pun koneksi internet dengan kecepatan minimum 25 Mbps.

WonderVerse Indonesia terbagi menjadi 4 bagian atau disebut dengan land yang merupakan representasi Indonesia sebagai negara kepulauan. Dalam land ini terdapat berbagai keanekaragaman yang bisa dinikmati, antara lain:

The Lobby                                          

Di sini pengunjung bisa berinteraksi dengan hewan endemik, galeri karya digital dari seniman Indonesia, serta layar lebar yang disediakan untuk mengetahui keseruan apa saja yang akan datang.

WonderFun Land            

Segala entertainment khas Indonesia, mulai dari games dengan tema  permainan tradisional, hiburan tradisional seperti pertunjukan wayang, tari-tarian, hingga live streaming concert, music dan film karya anak bangsa.

WonderGoods Land      

Pengunjung bisa melihat dan berbelanja barang-barang khas Indonesia yang dipasarkan oleh para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

WonderReal Land          

Pengunjung bisa melakukan eksplorasi berbagai destinasi wisata di Indonesia di dalam dunia Metaverse dan dapat membeli tiket penerbangan, hotel, dan akomodasi selama liburan untuk mengunjungi Indonesia sesuai destinasi yang diinginkan.

Untuk kedepannya, tidak menutup kemungkinan untuk menambah "land" baru dengan tujuan agar kanal ini semakin menarik dan interaktif. "Seiring berkembangnya dunia digital dan teknologi Indonesia, kami mempunyai harapan dengan adanya WonderVerse Indonesia yang dikembangkan oleh Magnus Digital Indonesia, bagian dari Volare Advertising Network, dapat menjadi wadah bagi Kemenparekraf untuk memperkenalkan keindahan budaya Indonesia di mata dunia," ucap Hendra Liman, Chief Executive Officer Magnus Digital Indonesia.

Dengan hadirnya WonderVerse Indonesia, dunia pariwisata dan ekonomi kreatif berharap bisa bangkit kembali, setelah terdampak oleh pandemi selama dua tahun. Selain itu, proyek ini dapat membuka peluang dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi para khususnya pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk bisa mendapatkan ruang dalam mempromosikan produknya agar turut serta membangun perekonomian Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES