Kopi TIMES

Syarah Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Kamis, 18 Agustus 2022 - 19:27 | 33.48k
Syarah Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
KH. Sayyid Muhammad Hilal Al-Aidid, Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama
Editor: Yatimul Ainun

TIMESINDONESIA, JAKARTAINDONESIA RAYA
Indonesia raya kaya akan berbagai keanekaragamannya. Dari awal terbentuknya bhinneka tunggal ika sudah diberkahi buminya oleh Tuhan Yang Maha Esa dengan nilai-nilai luhur peradaban yang tinggi, bermartabat, berwibawa dan bangsa yang terhormat.

INDONESIA TANAH AIRKU
Indonesia melambangkan rahim Ibu Pertiwi. Ibu Pertiwi yang melahirkan nilai-nilai luhur. Sosok Ibu yang mewariskan akhlak mulia, serta menuntun manusianya  untuk mengikuti jalan nilai-nilai kemanusiaan, dan melindunginya dari keterpurukan. Sosok Ibu yang mengajarkan manusianya untuk dapat memilah dan memilih kebaikan dan menghindari keburukan. Ibu Pertiwi yang rahimnya dipenuhi tidak hanya semata kekayaan alamnya saja, tetapi juga bersamaan dengan itu Indonesia melahirkan bangsa-bangsa yang adi luhung, orang-orang yang bersumber daya, berbudi pekerti, berilmu, dan memiliki kebijakan yang membumi, namun disaat yang sama dihormati dimata dunia.

TANAH TUMPAH DARAHKU
Keutuhan dari kokohnya sebuah keimanan dan keyakinan, yang bersumber dari bangsa-bangsanya yang berbeda-beda, tetapi bersatu bersama berkorban menumpahkan darah demi Tanah Air Indonesia. Dunia menyaksikan dan dipersaksikan bahwa Indonesia bangkit, semangat keIndonesiaan menjadi abadi dalam setiap perkembangan zaman. Pada serial jamannya, tokoh-tokoh terlahir dan kecintaannya tertuju kepada Tanah Air, Indonesia. Tanah Air yang dicinta dan dibela oleh sekian banyaknya rakyatnya, bahkan sekian juta ayah yang gugur, meninggalkan anak-anak yang menjadi yatim, yang kemudian harus tumbuh hanya di bawah asuhan ibu. Ibu yang menjadi janda. Yang mana sang ibu tidak pernah mengeluh apalagi kendor untuk mendidik akhlak anak-anaknya seorang diri, menanamkan nilai-nilai luhur negeri Ini, dan menjaga kobaran semangat nasionalis, seorang Ibu yang lembut tapi perkasa. seorang Ibu yang juga sekaligus pendidik pertama di rumah-rumah mereka. menancapkan semangat patrotisme dan semangat kecintaan serta pembelaan kehormatan jati diri bangsa pada anak-anaknya untuk menjadi pewaris pejuang ayahnya yang telah gugur. Seorang ibu janda lembut dan perkasa itu dengan tulus mampu menanamkan kecintaan terhadap merah putih pada jiwa-jiwa anaknya.

DI SANALAH AKU BERDIRI
Kami manusia Indonesia dilahirkan di bumi pertiwi dan diasuh serta dibesarkan dalam kasih sayang yang tertuang dalam nilai-nilai yang luhur, dan terikat dengan tali undang-undang dasar. Seperti Ayah-Ibu kami, di Tanah Air inilah kami berdiri. Berdiri membangun diri, membangun negeri. Banyak belahan dunia yang iri, sebab Indonesia dianggap serpihan surga di bumi. Indonesia sejahtera, semakin maju pendidikannya, semakin maju ekonominya, serta semakin maju pada bidang-bidang lainnya. Indonesia tak ketinggalan pula kecanggihan perangkat medisnya, dan lain sebagainya. Siapa sangka seperti belum lama, bahwa program pemerintah kita pada awal dulu adalah pengentasan buta huruf. Sekarang? Indonesia diminta pendapatnya bagi dunia luar, Indonesia diperhitungkan dunia. Indonesia dianggap patut menjadi teladan bagi dunia luar oleh mereka. Kini, sudah sepatutnya kita berdiri dan berkontribusi pada dunia.

JADI PANDU IBUKU
Ketika anak menjadi dewasa, berganti anak menjadi penerus keluarga. Demikian pula bangsa. Orang-orang Indonesia diminta muncul kontribusinya di tingkat dunia. Bangsa Indonesia dapat tampil memenuhi panggilan takdir menjadi pandu dunia dari tahap demi tahap. Indonesia negeri yang dapat menyerap berbagai unsur hukum, hukum adat, hukum agama dan hukum negara. Indonesia mampu diminta pertimbangan untuk memberikan review hukum dunia. Kelahiran hukum di Indonesia melalui banyak proses.

Ibu Pertiwi telah memilih Pancasila, diantara banyaknya macam pilihan-pilihan  pemahaman yang sudah ada di dunia Ini. Ibu Pertiwi melahirkan dasar negara yang otentik. Dari sinilah berbagai  macam pertimbangan hukum, musyawarah, keadilan, kebersamaan, dan lain-lain serta perangkat sistemnya yang khas hanya ada di Indonesia. Integritas, kedaulatan dan kehormatan Ibu Pertiwi.

INDONESIA KEBANGSAANKU, BANGSA DAN TANAH AIRKU
Indonesia sebuah kehormatan yang melekat terhadap rakyatnya. Setiap rakyat Indonesia wajib menjunjung tinggi dan menjaga kehormatan bangsanya. Marilah kita mengikat sumpah tidak mencemarkan nilai yang dituangkan oleh ibu pertiwi terhadap bangsa kita.

Marilah menyeimbangkan kewajiban dan hak-hak kita sebagai warga negara, saling memghormati sesama, mengedepankan nilai-nilai gotong royong dan menumbuhkan semangat kemandirian, menjaga semangat kebangsaan dan jiwa perjuangan global, kemandirian sebagai Bangsa membuat kita kuat.. kuat bertahan dari ancaman apapun, termasuk krisis global yang sedang mengancam belahan dunia.

MARILAH KITA BERSERU, INDONESIA BERSATU
Semangat persatuan ini perlu kita jaga bersama. Mari kita jaga semangat persatuan  dengan dasar cinta pada Tanah Air. Wahai saudaraku sebangsa dan setanah air mari kita menjaga keutuhan jati diri kita sebagai manusia Pancasila, yang mengedepankan nilai-nilai luhur dan kemanusiaan, dan keimanan. Manusia bermartabat. Janganlah kita mencederai hak-hak saudara kita atas nama agama ras maupun identitas, karena Indonesia sudah final dengan penerapan kebhinekaannya. Indonesia disatukan dengan berbagai macam perbedaan-perbedaan dalam keberkahan Tuhan Yang Maha Esa. Inilah kebenaran dari amanat pembukaan Undang-undang Dasar Negara kita dan Pancasila yang sarat makna, luas serta luwes mengikuti jaman.

HIDUPLAH TANAHKU, HIDUPLAH NEGRIKU
“Hiduplah rakyatku” bermakna bahwa orang Indonesia sudah mampu memisah dan memilah yang mana dapat menyebabkan perpecahan dan yang mana dapat menjaga keutuhan Bangsa. “Hiduplah Negriku” mengacu pada kejayaan bangsa, bangkit dari keterpurukan masa lalu, membangun dan memperkuat negeri ini masa sekarang, mewariskan keunggulan dan keluhuran negeri ini pada generasi penerus. Karena Indonesia harus survive setiap jaman pada masa yang akan datang.

BANGSAKU RAKYATKU SEMUANY
Indonesia adalah rumah bersama. Seluruh bangsa Indonesia punya hak dan kewajiban yang sama pada negeri ini. Sama-sama wajib menjunjung tinggi nilai-nilai dari bangsa yang satu dan lainnya Sabang sampai Merauke. Sama-sama berhak untuk dapat hidup yang layak, tidak membeda-bedakan suku, agama, golongan atau RAS. Sama-sama memakai bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia. Sama-sama berhak melestarikan budaya, adat istiadat dan bahasa masing-masing supaya Indonesia tetap kaya. Sama-sama memiliki nilai-nilai kemanusiaan dan nilai-nilai luhur yang tertuang dalam konstitusi dasar negara. Wahai rakyat Indonesia marilah kita bersyukur atas kehormatan ini menjadi Bangsa Indonesia. Semua  ketenangan, kenyamanan dan keamanan hidup di bumi pertiwi ini, patut kita jaga dengan bersatu dan damai dan bersyukur penuh pada Tuhan Yang maha esa.

BANGUNLAH JIWANYA
Kokohkanlah pondasi ke-Indonesiaanmu Sebayang manusia luhur karena sedang banyak terjadi degradasi nilai-nilai kemanusiaan di dunia ini. Jadikan keimanan dan moral luhur budaya kita sebagai kompas. Karena bangsa Indonesia, bangsa yang berbudi luhur.

BANGUNLAH BADANNYA, UNTUK INDONESIA RAYA
Kuat kan dan bangunlah kepercayaan dirimu, angkat kepalamu, luruskan pandanganmu, bulatkan tekadmu dan mantabkan niatmu sebagai rakyat sebagai bangsa yang perkasa. Sebagai bangsa yang memiliki kedaulatan penuh di atas wilayah kemerdekaannya. Bangsa Indonesja bangsa yang jaya karena memiliki semangat keutuhan. Indonesia bangsa yang jaya karena dibangun di atas  tumpah darah dan cita-cita peradaban bangsa Indonesia bangsa yang luhur, sarat dengan perjuangan dan secara demokrasi. Bangsa yang kaya ilmu, mewarisi pemahaman kebijaksanaan-kebijaksanaan serta toleransi. Indonesia berdiri diatas berbagai macam perbedaan dan mampu membuktikan pada dunia bahwa perbedaan bukanlah faktor yang dapat memecah belah bangsa. Indonesia bukan bangsa yang lemah, Indonesia memahami pentingnya persatuan dan kesatuan serta  pentingnya kedaulatan bangsa demi Indonesia maju bersama.

INDONESIA RAYA MERDEKA MERDEKA

Indonesia dengan kemegahan istiqlalnya, Indonesia dengan kemegahan semua tempat ibadah rakyatnya,

Indonesia dengan kemegahan alamnya bak serpihan surga di dunia,

Indonesia dengan kemegahan Merah Putihnya,

Indonesia dengan kemegahan kemerdekaannya,

Indonesia dengan kasih sayang Ibu Pertiwi yang tak pernah putus,

Indonesia dengan cita-cita bangsanya yang tak pernah pupus.

Indonesia raya dan kaya atas keragamannya,

Indonesia satu atas keutuhannya,

Indonesia utuh dalam persatuan agama ras budaya,

Indonesia raya dan raya selalu abadi, keragamanmu dan setiap hari engkau raya di hati rakyatmu,

kehormatanmu selalu berkibar sebagaimana berkibarnya sangsaka merah putih diatas langit di wilayah NKRI ini.

Hidupkanlah semangat di dalam sanubari kami,

Berkahi kami dalam mengisi kemerdekaanmu,

Ajari anak-anak kami memahami kemerdekaanmu,

Cinta kami selalu padamu.

TANAHKU NEGRIKU YANG KUCINTA
Tidak ada jalan lain selain mencintaimu. Mencintaimu mempertemukan kami dengan makrifat kebangsaan. Kami rakyat Indonesia bersumpah setia mencintaimu dan menghormatimu sepanjang hayat kami dan cinta ini dilanjutkan pula oleh anak turun kami selama kami masih memiliki anak turun manusia pancasila. Selama itulah cinta kami padamu tanpa mengharapkan balasan cinta darimu, karena kami memahami ibu pertiwi telah mewariskan kepada pendahulu kami dan kepada kami serta penerus kami dan penerus setelahnya selamanya sampai kiamat.\

INDONESIA RAYA MERDEKA MERDEKA
Kekayaanmu yang engkau berikan kepada bangsa dan manusianya tidak akan pernah habis oleh garapan manusia selama yang Maha Esa mengilhami kami sumber daya manusia yang mumpuni. Indonesia dibangun dan didirikan di atas semangat perjuangan maka wajib hukumnya bagi kami sebagai rakyat Indonesia dan warga negara melestarikan dan merawatmu dengan semangat Indonesia. Kami rakyat Indonesia bertekad dengan niat yang bulat memajukan namamu dan mengibarkan kehormatanmu di atas bumi ini. Dan kami tidak akan pernah mencabut sumpah setia kami sebelum bangsa bangsa lain ikut menjunjung tinggi ketinggian wibawamu sebagai bangsa penengah di atas konflik dan perseteruan kekuasaan bangsa bangsa lain yang mengindahkan nilai kemanusiaan. Inilah kami bangsa Indonesia rakyat Indonesia warga negara Indonesia.

HIDUPLAH INDONESIA RAYA
Terimalah kemerdekaan ini sebagaimana Tuhan yang Maha Esa ridho terhadap ketetapan kemerdekaan bangsa kita. Syukurilah nikmat kemerdekaan ini dengan rasa yang penuh syukur dengan semboyan gemah ripah lohjinawi. Syukurilah dan berterima kasihlah terhadap para pendiri bangsa yang telah mengorbankan pemikirannya harta bendanya meninggalkan egonya sebagai para pemimpin kita menyatu dalam semangat dan tantangan serta menantang penjajahan dalam bentuk apapun terhadap kebebasan kita hari ini. Inilah kemerdekaan yang hakiki. Tak lain dan tak bukan hanyalah ajakan untuk merenungkan rasa terima kasih apa yang kita warisi dari para pendiri bangsa kita.

HIDUPLAH INDONESIA RAYA
Wahai anak bangsa, hidupkanlah kehidupanmu dengan semangat yang kokoh dan kekeh terhadap cita cita luhur pergerakan perjalanan bangsa tercinta ini.

Hidupkanlah dan isilah kehidupanmu dengan gagasan yang brilian terhadap kemajuan bangsa Indonesia kedepannya.

Wahai para pemimpin, cintailah kami rakyatmu ini dengan cinta yang tulus sebagaimana mandat yang anda terima dari Ibu Pertiwi.

Wahai (para pemegang otoritas) kekuasaan jangan lari dari tanggung jawab kebangsaan secara bermartabat dan mulia.

Wahai para aparat dan perangakat pemerintah bermitralah dengan kami sebagai rakyat sipil. Bimbinglah kami memahami kewajiban kami dan memahami hak-hak kami, karena kami memahami diri kami berada dalam pusaran awam dalam pemahaman konstitusi.

Wahai para pemimpin, jangan gadaikan keutuhan kami dengan kepentingan politik liberal yang dapat rancu dengan tindakan radikal anda dalam mewujudkan harapkan anda dalam mencapai suatu kedudukan semata.

Ihdinas Shirootol mustaqiim

Ya Allah, ilhamilah hati kami dan para pemimpin bangsa kami dengan kelapangan pemikiran yang luas dan kebijaksanaan.

Wallohul muwaffiq ilaa aqwamit thorieq

 

*) Oleh : KH. Sayyid Muhammad Hilal Al-Aidid, Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

 

____________
**) Kopi TIMES atau rubik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia.co.id

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim.

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Sholihin Nur

EKORAN

TERBARU

  • Cendikiawan Muslim Yusuf Al-Qaradawi Wafat
    Cendikiawan Muslim Yusuf Al-Qaradawi Wafat
    26/09/2022 - 19:36
  • Partai NasDem Umumkan Capres dan Poros Koalisi Pemilu 2024 pada 10 November
    Partai NasDem Umumkan Capres dan Poros Koalisi Pemilu 2024 pada 10 November
    26/09/2022 - 19:22
  • Survei CSIS: Golkar Terpopuler di Pemilih Muda
    Survei CSIS: Golkar Terpopuler di Pemilih Muda
    26/09/2022 - 19:14
  • Cove River Park: Kost di Bintaro dengan Desain Homey
    Cove River Park: Kost di Bintaro dengan Desain Homey
    26/09/2022 - 19:07
  • Calon Jemaah Umrah Gagal Berangkat, AMPHURI Jatim: Keteledoran KKP Juanda
    Calon Jemaah Umrah Gagal Berangkat, AMPHURI Jatim: Keteledoran KKP Juanda
    26/09/2022 - 18:58

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Korupsi Pendidikan Indonesia
    Korupsi Pendidikan Indonesia
    26/09/2022 - 13:16
  • Penegakan Hukum; Problem Struktur Hukum dan Etika Profesi
    Penegakan Hukum; Problem Struktur Hukum dan Etika Profesi
    25/09/2022 - 11:17
  • Demam Sound Horeg dan Kebangkitan Ekonomi Kerakyatan
    Demam Sound Horeg dan Kebangkitan Ekonomi Kerakyatan
    25/09/2022 - 09:13
  • Nasib Petani Tanaman Pangan Kita
    Nasib Petani Tanaman Pangan Kita
    25/09/2022 - 01:29
  • Misi Kesejahteraan Guru dalam RUU SISDIKNAS
    Misi Kesejahteraan Guru dalam RUU SISDIKNAS
    24/09/2022 - 15:32
  • Pesantren, Hutan dan Sumber Mata Air Adalah Identitas Kabupaten Jombang
    Pesantren, Hutan dan Sumber Mata Air Adalah Identitas Kabupaten Jombang
    24/09/2022 - 13:37
  • Membongkar Tipu Muslihat Berbasis Wacana Feodalisme-Relasi Kuasa-Struktur Metafisis
    Membongkar Tipu Muslihat Berbasis Wacana Feodalisme-Relasi Kuasa-Struktur Metafisis
    24/09/2022 - 12:34
  • Membersihkan Penumpang Gelap Kemerdekaan Pers
    Membersihkan Penumpang Gelap Kemerdekaan Pers
    23/09/2022 - 21:06

KULINER

  • Ulen Juara, Jajanan Tradisional Rasa Kekinian
    Ulen Juara, Jajanan Tradisional Rasa Kekinian
    26/09/2022 - 16:32
  • BBQ Seafood Luminor Hotel Jember, Menu Hasil Laut yang Menggugah Selera
    BBQ Seafood Luminor Hotel Jember, Menu Hasil Laut yang Menggugah Selera
    26/09/2022 - 10:01
  • Menikmati Sorabi Legendaris Abah Rahman di Alun-Alun Kota Banjar
    Menikmati Sorabi Legendaris Abah Rahman di Alun-Alun Kota Banjar
    25/09/2022 - 15:42
  • Pecel Mbok Marem, Menu Sarapan Legendaris di Kabupaten Blitar 
    Pecel Mbok Marem, Menu Sarapan Legendaris di Kabupaten Blitar 
    25/09/2022 - 06:39
  • Resep Potato Cheese Bread Ala Korea yang Tengah Viral
    Resep Potato Cheese Bread Ala Korea yang Tengah Viral
    25/09/2022 - 05:01