Wisata

Lampaui Ekspetasi, Jumlah Wisatawan Kunjungi Kota Malang Tembus 6 Juta Orang

Kamis, 18 Agustus 2022 - 12:15 | 32.14k
Sejumlah wisatawan asing saat berfoto di depan Balai Kota Malang. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Sejumlah wisatawan asing saat berfoto di depan Balai Kota Malang. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kunjungan wisatawan lokal maupun asing yang datang ke Kota Malang ternyata di luar ekspetasi.

Dari catatan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, setidaknya hingga saat ini sudah ada sekitar 6 juta wisatawan yang melancong ke Kota Malang.

"Di bulan Juli kemarin saya sampaikan sudah 5,9 juta dan sekarang sudah melebihi 6 juta wisawatan yang datang ke Kota Malang," ujar Plt Disporapar Kota Malang, Ida Ayu Kusumadewi, Kamis (18/8/2022).

Diketahui, pada awal tahun 2022 lalu Disporapar Kota Malang menargetkan hanya 1,9 juta wisawatan yang melancong ke Kota Malang.

Kini, target tersebut melampaui jauh dari yang diharapkan. Sebab, tentunya mulai banyak kelonggaran kegiatan masyarakat sejalan dengan melandainya Covid-19.

Sejumlah kegiatan pun juga telah dilakukan Pemkot Malang untuk menarik wisatawan ke Kota Malang. Mulai dari kegiatan seni budaya hingga ekonomi kreatif pun telah dilakukan, khususnya di beberapa kampung tematik dan tentunya Kayutangan Heritage.

"Ditambah dengan wisawatan asing pada triwulan pertama kemarin ada 105 orang dan sekarang sudah sekitar 300 an yang datang ke Kota Malang," ungkapnya.

Ida menyebutkan bahwa dibulan Juli dan Agustus ini memang sedang musim wisawatan melancong ke daerah-daerah termasuk Kota Malang, tak terkecuali wisawatan asing.

Ia juga memprediksi bahwa jumlah kunjungan wisatawan juga bakal naik dibulan Oktober 2022. Sebab, diketahuinya bahwa bulan Oktober khususnya di negara luar sedang mengalami musim libur.

"Sehingga mereka (wisatawan) menyempatkan hadir ke negara-negara yang sudah mereka rencanakan setahun sebelumnya," katanya.

Oleh karena itu, ia pun menaikkan standarisasi target kunjungan wisata pada 2023 mendatang dengan target 6,5 juta lebih wisawatan ke Kota Malang dalam kurun waktu setahun. "Jadi nanti kita harapkan di tahun depan kita punya target 6,5 juta dan bisa terlampaui," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES