Kesehatan

Pentingnya Kesiapan Orang Tua untuk Cegah Stunting pada Anak

Kamis, 18 Agustus 2022 - 13:04 | 70.31k
Ilustrasi seorang anak yang masih dalam tahap tumbuh kembang. (FOTO: Freepik.com)
Ilustrasi seorang anak yang masih dalam tahap tumbuh kembang. (FOTO: Freepik.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Orang tua berperan penting dalam menjaga kesehatan anak. Orang tua wajib bertanggung jawab untuk memberikan makanan yang bernutrisi dan bergizi untuk anaknya. Salah satu peran orang tua yang sangat penting bagi anak adalah pencegahan stunting.

Stunting dapat menjangkit siapa saja pada setiap fase kehidupan. Mulai janin, bayi, balita, remaja, menikah, hamil, dan seterusnya. Dalam hal ini, orang tua wajib memiliki kesadaran lebih mengenai nutrisi yang akan diberikan kepada anaknya.

Infografis.jpgInfografis tanda seseorang sudah siap menjadi orang tua. (FOTO: pemkotmalang/Instagram)

Dikutip dari akun Instagram resmi Pemerintah Kota Malang, terdapat beberapa tanda jika seseorang sudah siap menjadi orang tua:

1. Sudah siap secara usia

Standar minimal usia yang matang untuk pernikahan adalah 25 tahun untuk laki-laki dan 21 tahun untuk wanita.

2. Siap secara fisik dan mental

Seseorang dikatakan dapat benar-benar siap menjadi orang tua ketika ia sudah mampu mengkondisikan emosinya. Misalnya dengan siap untuk tidak marah ketika mendengar bayi menangis seharian dan bersiap untuk begadang bagi anaknya.

3. Siap secara finansial

Kesiapan secara finansial sangat penting mengingat kebutuhan di dalam rumah tangga sangat banyak. Apalagi ketika sudah mempunyai anak. Orang tua harus siap untuk memenuhi kebutuhan anak setiap bulan dan menyiapkan dana pendidikan anak hingga jenjang perguruan tinggi.

4. Siap bertanggung jawab

Orang tua harus siap ‘pasang badan’ untuk merawat, melindungi, dan membagi waktu untuk pekerjaan dan keluarga.

Setiap orang tua wajib memiliki seluruh kesadaran tersebut. Pola pengasuhan yang baik juga diperlukan sebagai rangsangan psikososial, yang sangat diperlukan bagi anak-anak dan bayi.

Karena pada hakikatnya, anak ada dan hadir di dunia ini karena buah cinta kedua orang tuanya. Sudah sepatutnya, orang tua untuk memberikan yang terbaik bagi anaknya, terutama dalam mencegah kasus stunting. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES