Peristiwa Internasional

Pejabat Olimpiade Tokyo 2020 Diduga Terima Suap

Kamis, 18 Agustus 2022 - 02:22 | 52.37k
Percikan kembang api saat closing ceremony Olimpiade Tokyo 2020 (FOTO CBC)
Percikan kembang api saat closing ceremony Olimpiade Tokyo 2020 (FOTO CBC)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Seorang mantan pejabat panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 telah ditangkap karena diduga melakukan korupsi dan terima suap.

Dengan tuduhan menerima pembayaran sebesar $380.000 atau setara denga Rp 5.615 miliar, Haruyuki Takahashi telah diamankan pihak berwajib Tokyo. 

Dilansir dari BBC, Ia diduga menerima uang haram tersebut dari Aoki Holdings yang merupakan mitra resmi Olimpiade Tokyo 2020. 

Kantor Kejaksaan Tokyo membenarkan adanya pelaporan bahwa pria berusia 78 tahun tersebut telah menerima sejumlah uang tersebut. Walaupun ia berdalih bahwa itu adalah ucapan "terima kasih" atas kerjasama yang ia telah berikan kepada Aoki Holdings.

Telah tercatat lebih dari 50 transaksi terjadi antara Oktober 2017 hingga Maret 2022 dengan pengiriman uang ke rekening bank perusahaan yang dijalankan oleh Takahashi.

Haruyuki-Takahashi.jpgHaruyuki Takahashi, Eksekutif Olimpiade Tokyo 2020 terduga korupsi (FOTO BBC)

Pejabat hukum setempat juga mengungkapkan bahwa mantan ketua bersama dua eksekutif Aoki Holdings telah ditangkap sehubungan dengan kasus ini.

Perusahaan Aoki Holdings belakangan ini telah merilis pernyataan resmi bahwa mereka sepenuhnya bekerja sama dengan Kejaksaan Tokyo dalam penanganan kasus memalukan ini.

Takahashi juga tercatat sebagai salah satu eksekutif di biro penyedia iklan terbesar di Jepang, Dentsu Inc. Yang mana pada Olimpiade Sochi 2014 ia juga menjadi anggota panitia penyelenggara.

Meskipun operasi tersebut sudah ditutup, komite tetap ingin mempertahankan kejelasan aliran keuangan Takahashi dalam lingkaran tersebut. Hingga akhirnya dapat menemukan kejelasan dari kasus korupsi yang ia lakukan pada Olimpiade Tokyo 2020, lalu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES