Peristiwa Daerah

Momen Filosofis Trilogi Kebangsaan, Barongsai Hormat Bendera Merah Putih

Rabu, 17 Agustus 2022 - 22:04 | 57.86k
Filipus Herman, Ketua Umum PPNKRI (kanan) bersama Indra Winata, Ketua Panitia Trilogi Kebangsaan, Rabu (17/8/2022).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Filipus Herman, Ketua Umum PPNKRI (kanan) bersama Indra Winata, Ketua Panitia Trilogi Kebangsaan, Rabu (17/8/2022).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Dua rangkaian barongsai memberikan penghormatan kepada bendera merah putih. Momen ini nampak saat pembukaan acara Trilogi Kebangsaan persembahan Pencinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (PPNKRI) di Food Society Pakuwon Mall Surabaya, Rabu (17/8/2022).

Tarian tradisional Cina ini seolah mewakili seluruh rasa dan bentuk penghormatan anggota komunitas Tionghoa tersebut kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Filipus Herman, Ketua Umum PPNKRI menyebutkan, inti dari event ini adalah bentuk kebahagiaan atas kemerdekaan RI sekaligus menumbuhkan jiwa nasionalisme bagi generasi muda Tionghoa. 

"Kami berharap masyarakat lebih guyub, Indonesia lebih maju lagi, kita juga lebih solid tidak terpecah-pecah oleh oknum-oknum tertentu yang ingin memecah bangsa. Kita bisa jadi satu, para anak muda juga lebih melek tentang cinta tanah airnya," terangnya. 

Filippus menambahkan, PPNKRI merupakan komunitas Tionghoa yang bergerak di bidang kebudayaan dan kesenian. 

"Jadi, kita concern ke sana," ucap Herman.

Barongsai.jpg

"Karena prinsip kami adalah, kalau sebuah bangsa kehilangan kebudayaan, maka mereka sudah kehilangan jati dirinya," imbuh Herman. 

PPNKRI menunjukkan bahwa komunitas Tionghoa merupakan bagian dari NKRI dan memiliki kewajiban yang sama mencintai tanah air. Sehingga tujuan PPNKRI mengadakan acara ini adalah supaya bisa menanamkan rasa nasionalisme kepada generasi muda Tionghoa sedini mungkin.

"Tanpa dipaksa, kita benar-benar cinta Indonesia," tandasnya. 

Indra Winata, Ketua Panitia Trilogi Kebangsaan, mengatakan, acara tersebut berada di dua venue berbeda. Pertama di Food Junction (15-21 Agustus 2022) dengan sasaran peserta ekonomi UMKM.

Sedangkan event kedua, Trilogi Kebangsaan di Food Society berlangsung mulai 17-21 Agustus 2022. Dalam acara ini, PPNKRI menampilkan beragam pertunjukan menarik serta berbagai talkshow kebangsaan. 

"Di Food Society kita lebih membawakan talkshow bernuansa kebangsaan," terang Indra.

Filosofis-Trilogi-Kebangsaan.jpg

Talkshow tersebut seperti berani speak up, digitalisasi menangkal hoaks, dan sebagainya. Hadir sebagai narasumber seperti Michelle Wanda, Owner Marimas Hariyanto Halim, hingga Gus Aan Ashori dan Agnes Haloho dari Polda Jatim. Selain itu, juga ada hiburan musik dari Surabaya Mandarin All Stars serta balet. 

Melalui kegiatan ini, jelasnya, PPNKRI ingin membawa generasi muda lebih mencintai tanah air dengan merayakan HUT ke-77 RI. 

"Selain itu kita juga ingin menggerakkan roda ekonomi dengan memberikan support UMKM kita," ucapnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES