Peristiwa Daerah

HUT ke-77 RI, Puncak Gunung Lawu Jadi Jujugan Pendaki 

Rabu, 17 Agustus 2022 - 20:00 | 56.46k
Upacara Bendera HUT RI ke-77 di Puncak Gunung Lawu Magetan. (Foto: Handoyo for TIMES Indonesia)
Upacara Bendera HUT RI ke-77 di Puncak Gunung Lawu Magetan. (Foto: Handoyo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Ratusan pendaki merayakan HUT ke-77 RI (Republik Indonesia) di Gunung Lawu pada Rabu (17/8/2022). Jumlah itu berdasar informasi yang berangkat dari jalur Cemoro Sewu, Kabupaten Magetan.

Seorang pendaki asal Magetan, Handoyo menyebut kondisi di puncak gunung terpantau cerah. Meski tidak seramai sebelum pandemi Covid-19, namun tradisi upacara bendera dalam rangka HUT ke-77 RI di puncak Gunung Lawu tetap dilakukan.

"Saya bersama dua orang teman melakukan pendakian melalui jalur Cemoro Sewu Magetan. Kami tempuh selama 4 Jam 26 Menit sampai di Hargo Dalem atau warung Mbok Yem. Normalnya pendakian melalui jalur Cemoro Sewu bisa 4-6 jam. Tapi waktu relatif, bisa lebih lama tergantung pendakinya," ujarnya Kepada TIMES Indonesia.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan, Eka Wahyudi menginformasikan kepada TIMES Indonesia bahwa kondisi jalur pendakian terpantau cukup ramai dengan jumlah pendaki kurang lebih sekitar 350 orang.

"Tim dari BPBD hanya berjaga di seputaran pintu masuk untuk membantu proses evakuasi pendaki apabila dibutuhkan. Sampai saat ini masih aman terkendali dan tercatat hanya ada beberapa pendaki yang membutuhkan evakuasi dikarenakan sakit, seperti asam lambung dan cidera kaki," jelas Eka terkait jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu Magetan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES